Hubungan kualifikasi kepala sekolah, intensitas pendidikan dan pelatihan, lingkungan kerja dan motivasi kerja dengan kompetensi kepala sekolah dasar negeri di kota Makassar / Ratmawati Tajuddin
Main Author: | Tajuddin, Ratmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63834/ |
Daftar Isi:
- Katakuncikualifikasikepalasekolahintensitaspendidikandanpelatihanlingku-ngankerjamotivasikerjadankompetensikepalasekolah.Majutidaknyasekolahakansangatditentukanolehkemampuankepalasekolahdalammengeloladanmengaturpotensisekolah.Untukmemainkanperanankepalasekolahsebagaipemimpindisekolahdanuntukmewujudkansuatuprestasiyanglebihbaikdalammengembangkandanmeningkatkankualitasmutupendidikandisekolahmakakepalasekolahseharusnyamemilikipotensi-potensidalamberbagaiaspekyangterkaitdengantugasdanfungsinyasebagaikepalasekolah.Kemajuandanperkembangansuatusekolahsangatditentukanolehatensidankompetensiyangdimilikiolehkepalasekolahsehinggakiprahkepalasekolahdidalammenjalankanvisimisidanstrategisekolahdapatterwujud.Adabeberapausahayangdapatdilakukandalammeningkatkankompetensikepalasekolahtermasukdiantaranyaadalahpendidikanpengalamanpelatihanlingkungankerjadanmotivasikerja.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankualifikasikepalasekolahintensitaspendidikandanpelatihanlingkungankerjamotivasikerjadankompetensikepalasekolahSDNdiKotaMakassar.Disampingitupenelitianinijugabertujuanuntukmengetahuihubunganmasing-masingvariabelbaikhubungansecaralangsungmaupunhubungantidaklangsung.Populasipenelitianiniadalah367orangkepalasekolahSDNdiKotaMakassar.DenganmenggunakantabelyangdikembangkanolehIsaacdanMicheluntuktarafkepercayaan1%diperolehjumlahsampelnya239orang.Penetapanbesaransampeltiapsub-populasimenggunakanteknikproportionalrandomsamplingdanpengambilanindividumenjadianggotasampeldigunakanteknikundian.Pengumpulandatadigunakankuesionermodelskalapoinlimapilihan.UntukmenganalisisdatadigunakanteknikanalisisstatistikdeskriptifdanstatistikmultivariatSEMdenganbantuanprogramsoftwareAmos(2005).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)kondisikualifikasikepalasekolahberadapadakategorisangattinggiintensitaspendidikandanpelatihanpadakategoritinggilingkungankerjapadakategorisangatbaikmotivasikerjapadakategorisangattinggidankompetensikepalasekolahberadapadakategoritinggi.(2)adahubunganyangsignifikanantarakualifikasikepalasekolahintensitaspendidikandanpelatihanlingkungankerjadanmotivasikerjadengankompetensikepalasekolah.(3)tidakadahubunganyangsignifikansecaralangsungantaraintensitaspendidikandanpelatihandenganmotivasikerja(4)adahubunganyangsignifikansecaralangsungantaralingkungankerjadenganmotivasikerja(5)adahubunganyangsignifikansecaralangsungantarakualifikasikepalasekolahdengankompetensikepalasekolah(6)adahubunganyangsignifikansecaralangsungantaraintensitaspendidikandanpelatihandengankompetensikepalasekolah(7)tidakadahubunganyangsignifikansecaralangsungantaralingkungankerjadengankompetensikepalasekolah(8)adahubunganyangsignifikansecaralangsungantaramotivasikerjadengankompetensikepalasekolah(9)adahubunganyangsignifikansecaratidaklangsungantaralingkungankerjadengankompetensikepalasekolahmelaluimotivasikerja.Saranpenelitiankepada(1)KementerianPendidikanNasionalagarhasiltemuanpenelitiandapatmenyusunstandarpenilaiankinerjakepalasekolahbeasiswapendidikanpendidikankaraktermerumuskankebijakantentangstandarlingkungankerjasekolahdanmemasukkandimensikompetensipedagogikpadaPermendiknasNo.13tahun2007.(2)PemerintahDaerahdanKPNKotaMakassaragartemuanpenelitianinidapatmelakukanevaluasikinerjakepalasekolahpadastandarkompetensikepalasekolahmembuatkomitmendalambentukevaluasikinerjakepalasekolahmelakukanpemilihankepalasekolahberprestasisecaraberkalamerumuskankebijakanuntukperbaikanmutulingkungankerjasekolahdanmengadakansosialisipelatihanpenjenjangan/diklatpimkhususnyabagikepalaSDNdiKotaMakassar.(3)lembagapendidikandanpengembanganprofesionalkepalasekolahagartemuanpenelitianinidapatdijadikansebagaidasarassesmentanalisiskebutuhanterhadapkompetensikepalasekolahmenyusunkurikulumpelatihankarakterkekepalasekolahanmelakukanfollowuppasca.(4)LembagaPendidikanTenagaKependidikanagartemuaninimemberikangambarankompetensikepalasekolahdiKotaMakassardanfaktor-faktoryangdapatmempengaruhikompetensikepalasekolahmenyusunkurikulumdenganmempertimbangkanukurankinerjakepalasekolahdankarakterkekepalasekolahandapatdijadikansebagaibahanajarkhususnyapadajurusanmanajemenpendidikan/admninistrasipendidikandanmembukajurusankhususuntukkepalasekolahbagicalonkepalasekolah.(5)kepadakepalasekolahdasarnegeridiKotaMakassaragarhasilpenelitianinidapatdijadikanmasukansebagaigambarankompetensiyangdimilikinyayangdipersepsikanolehguru-gurumerekadimensikomptensikepalasekolahdipajangdiruangkerjakepalasekolahdanmemperbaikilingkungankerjasekolah.(6)teoretisimanajemenpendidikanpadakhususnyaagartemuanpenelitianinidijadikanmasukandalampengembanganteori-teoriilmumanajemenpendidikan.Dan(7)parapenelitilainyangmenaruhminatkuatuntukmenelititentangkompetensikepalasekolahagartemuanhasilpenelitianinidapatdijadikansalahsaturujukandalammencaridanataumenelusurivariabel-variabellainnyadiluarvariabelyangditelitidalamdisertasiiniagardapatmenambahwawasanbagipeneliti-penelitiberikutnya.