Peningkatan kualitas pendidikan melalui sistem penjaminan mutu (studi multi situs di SD Al Falah Tropodo 2 Sidoarjo, SDIT Bina Insani Kediri, SDIT Al Hikmah Blitar) / AB. Musyafa' Fathoni
Main Author: | Fathoni, AB. Musyafa' |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63815/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFathoniAB.MusyafaPeningkatanKualitasPendidikanMelaluiSistemPenjaminanMutu(StudiMultiSitusdiSDAlFalahTropodo2SidoarjoSDITBinaInsaniKediridanSDITAlHikmahBlitar).DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.WillemMantja(2)Prof.Dr.Salladien(3)Prof.Dr.IbrahimBafadalM.Pd.KatakuncimutustandarmutupenjaminanmutusekolahdasarIslamDalamkehidupanyangpenuhkompetisisepertiinituntutanmasyarakatterhadapkualitassemakintinggitermasuktuntutanterhadapkualitassekolah.Haltersebutdikarenakanmasyarakatmasihyakinsekolahmampumenjawabdanmengantisipasiberbagaitantanganmasadepan.Dalamkonteksinilahbeberapasekolahberupayamenerapkansistempenjaminanmutuuntukmemberikankualitaslayananpendidikanterbaiknyauntukmasyarakat.Penelitianinibertujuanuntukmendapatkangambaranyangkomprehensiptentangpemahamanpengelolasekolahtentangsistempenjaminanmutuyangmeliputipemahamanpengelolasekolahtentangmutusekolahyangbermutudanpentingnyasistempenjaminanmutu.Keduauntukmengungkapkanprosespenetapanstandarmutuyangmeliputistandarmutuyangditerapkandimasing-masingsekolahcarapengelolasekolahmenetapkanstandarmutudanfaktor-faktoryangmenjadidasarpenetapanstandarmutu.Ketigauntukmemberikangambaranstrategisekolahdalammencapaistandarmutuyangtelahditetapkanyangmencakuplangkah-langkahsekolahuntukmencapaistandarmutumasalah-masalahyangdihadapidalammencapaistandarmutudancaramenyelesaikannya.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultisitus.LokasipenelitianiniadalahSDAlFalahTropodo2SidoarjoSDITBinaInsaniKediridanSDITAlHikmahBlitar.Dipilihnyatigasekolahtersebutdenganpertimbanganbahwaketigasekolahtersebutmerupakansekolahyangbarusehinggadampakdaripenerapansistempenjaminanmutudapatdiamatisecaraalamiahtanpaadanyapengaruhfaktoryanglain.Pengumpulandatapenelitianinidilakukanmelaluiobservasiberperansertawawancaramendalamdandokumentasi.Analisisdatadilakukandalamduatahapyaituanalisisdalamsitusdananalisislintassitus.Analisislintassitusdimaksudkansebagaiprosesmembandingkantemuan-temuanyangdiperolehdarimasing-masingsitussekaligussebagaiprosesmemadukantemuanantarsitus.Berdasarkanprosespengumpulandananalisisdatapenelitianinimenghasilkantigatemuan.Pertamamutudalamperspektifpengelolasekolahadalahwujuddarikebaikansesuatuyangtercermindalamketercapaianstandaratauindikatormutumelaluiprosesyangbaiksehinggamemenuhiharapanpelanggandanmemberikannilaimanfaatbagipelanggannya.Berdasarkankonseptersebutsekolahyangbermutudalamperspektifpengelolaadalahsekolahdenganciri-cirimemilikistandarmutudanmampumencapainyamemilikiprogramyangbaikdanbermanfaatpendidikandijalankandenganprosesyangbaiksertamampumeluluskansiswayangberkualitassecaraintelektualemosionaldanspiritual.Selanjutnyauntukmewujudkansekolahyangbermutuperluadanyasistempenjaminanmutusebabdenganadanyasistempenjaminanmutumanajemensekolahdanprosespendidikantelahdilaksanakandenganbaiksekolahlebihfokusdantidakmudahberubahhaluankarenatargetdanstandarmututelahditetapkandandukunganorangtuaterhadapprogram-programsekolahsemakinkuat.KeduaSekolahDasarIslamyangbermutuminimalharusmemenuhi12butirstandarmutuyaitu1)sholatdengankesadaran2)berbaktidenganorangtua3)tartilbacaalQuran4)hafalJuzAmma5)nilailimabidangstudituntas6)disiplin7)percayadiri8)senangmembaca9)membacaefektif10)komunikasibaik11)prilakusosialyangbaik12)memilikibudayabersih.ProsespenetapanstandarmutubermuladarikonsepsistempenjaminanmutuyangdipelajaripengelolasekolahdenganmengikutitrainingKPIdanJSIT.Selanjutnyapengelolasekolahmenetapkanstandarmutudenganberpijakpadaidealismesekolah(cita-citapendirianvisisekolahdanprofillulusanyangdiharapkan).Adapunfaktor-faktoryangmenjadipertimbanganpenetapanstandarmutuadalahkebutuhandanketrampilanyangharusdikuasaianakusiasekolahdasarkebutuhanorangtuakeyakinankeagamaanfaktorekonomidanfaktorsosial.KetigaLangkah-langkahpencapaianstandarmututerdiridaria)langkahperencanaan(planning)yangmeliputisosialisasistandarmutuperumusanprogrampenetapanSOPb)langkahpelaksanaan(implementing)yangmeliputipenunjukanpenangungjawabpelaksanaanprogramdanc)proseskontrol(controlling)yangmeliputikontrolpelaksanaanprogramdankontrolketercapainstandarmutu.Beberapamasalahyangmenyebabkansistempenjaminanmutubelumberjalanoptimalantaralaindukungandariyayasanbelumoptimaladanyabeberapaguruyangbelumsesuaistandaradanyaorangtuayangbelumdapatbekerjasamadenganbaikdokumentasidankontrolmutuyangmasihlemah.UntukmengatasiitusemuasekolahberupayauntukselalumelakukanpeningkatankemampuangurumalaluitrainingsupervisidanMGMPmelakukansosialisasiintensifterhadapwalimuridsertamemperbaikiprogram-programpenjaminanmutu.Berdasarkantemuantersebutdisarankankepadapengelolasekolahuntukterusmemperkuatsistempenjaminanmutuinternalnyalebihkhususpadaaspekdokumentasidankontrolmutusehinggaketercapaianstandarmutudapatlebihoptimal.UntukDepartemenPendidikandapatmenindaklanjutidenganmerumuskankonsepsistempenjaminanmutusekolahdasarsehinggamutusekolahtidaksekedardipatokdarihasilakhirnamundijagadandilihatdarikeseluruhanprosespendidikan.ABSTRACTFathoniAB.MusyafaEducationQualityImprovementThroughQualityAssuranceSystem(Multi-sitesstudyinSDAlFalahTropodo2SidoarjoSDITBinaInsaniKediriandSDITAl-HikmahBlitar).DissertationEducationManagementProgramPostgraduateProgramStateUniversityofMalang.Advisors(1)Prof.Dr.WillemMantja(2)Prof.Dr.Salladien(3)Prof.Dr.IbrahimBafadalM.Pd.KeywordsqualityqualitystandardsqualityassuranceIslamicprimaryschool.Inthelifewhichisfullofcompetitionsocietydemandtoqualityisincreasingincludingdemandtoqualityofschool.Thisoccursbecauseofsocietyacceptastrueschoolcananswerandanticipatevariousfuturechallenges.Duetothisperspectivesomeschoolsmanagetoapplyqualityassurancesystemtogivetheirbesteducationservicequalitytothesociety.Thisresearchisaimedtogetacomprehensivedescriptionofschoolstakeholdersunderstandingaboutqualityassurancesystemincludingtheschoolstakeholdersunderstandingofqualityqualifiedschoolandtheimportanceofqualityassurancesystem.Secondlytoconveystipulatingprocessofqualitystandardconsistingofqualitystandardwhichisappliedateachschoolthewayofschoolstakeholdersdecidequalitystandardandfactorsbecomingbasisofdeterminingqualitystandard.Thirdlytoprovideschoolstrategydescriptionofachievingdeterminedqualitystandardconsistingofapproachesschoolapplytoachievequalitystandardproblemsfacedingettingqualitystandardanditssolutions.Thisresearchusesqualitativeapproachwithmultisitesstudydesign.ThisresearchtakesplaceinSDAlFalahTropodo2SidoarjoSDITBinaInsaniKediriandSDITAlHikmahBlitar.Theselectingofthethreeschoolsisbasedonthatthethreeschoolsrepresentnewschoolssothattheeffectofqualityassurancesystemapplicationcanbenaturallyperceivedwithoutexistenceofotherfactorinfluences.Thisresearchdatacollectionisconductedbyparticipantobservationindephtinterviewanddocumentation.Dataanalysisisconductedintwophasesintrasitesanalysisandintersitesanalysis.Intersitesanalysisisconsideredasprocesscomparingobtainedfindingsfromeachsiteatthesametimeasprocesscombiningthefindingsamongthesites.Basedonthedatacollectionprocessanddataanalysisthisresearchyieldthreefindings.Firstinschoolstakeholdersperspectivequalityisaformofkindlinessshownbyachievementofthestandardsortheindicatorsingoodprocessessothatthequalitycanaccomplishthecustomersexpectationsandassignbenefitstoitscustomer.Duetotheconceptthequalifiedschoolinschoolholdersperspectivehasthefollowingcriteriahavingqualitystandardandcanattainithavinggoodandusefulprogrameducationprocessrunproperlyandalsocanpassqualifiedstudentsintellectuallyemotionallyandspiritually.Torealizequalifiedschoolcriteriaschoolshavetoperformandapplyqualityassurancesystem.Byapplyingqualityassurancesystemschoolmanagementandeducationprocesswillrunproperlybecausetargetandthequalitystandardhavebeendeterminedbasedonschoolsneed.SecondlyqualifiedIslamicElementarySchoolshouldhaveminimally12qualitystandards1)Doingsholatcautiously2)Obeyingtheparents3)Readingal-Quranwell4)MemorizingJuzAmma5)Havingfivelessonmarksoverthepassinggrades6)Beingdiscipline7)Beingselfconfident8)Lovingtoread9)Readingeffectively10)Havinggoodcommunication11)Owninggoodsocialattitude12)Owningcleanlinesshabit.StipulatingprocessofqualitystandardbeginsfromconceptofqualityassurancesystemreceivedbyschoolholdersbyjoiningKPIandJSITtrainings.Thenschoolholdersdeterminethequalitystandardbasedonschoolidealism(foundinggoalsschoolvisionandexpectedalumniprofile).Thefactorsconsideredtodeterminethequalitystandardaretherequirementsandskillswhichmustbemasteredbyelementaryschoolagechildrenparentsrequirementreligiousbeliefsandeconomicandsocialfactors.Thirdlystagestoattainthequalitystandardconsistofa)planningqualitystandardsocializationprogramformulationstipulatingofSOPb)implementingselectingthedirectorimplementingtheprogramsandc)controllingcontrollingprogramimplementationandqualitystandardachievement.Someproblemscausingqualityassurancecannotoptimallyworkarelessfoundationsupportsomedisqualifiedteachersomeparentscannotcooperatebetterdocumentationanddelicatequalitycontrol.ToovercomethoseproblemsschoolsalwaystrytoimproveteacherscapabilitiestroughtrainingsupervisionandMGMP(teachersassociation)intensivesocializationpupilsparentsandalsoenhancethequalityassuranceprograms.Basedonthefindingsschoolstakeholdersaresuggestedtoreinforcetheirinternalqualityassurancesystemespeciallydocumentationaspectandqualitycontrolsothatthequalitystandardcanbeachievedmoreoptimally.ForEducationDepartmentitisexpectedthatthedepartmentcanfollowupbyformulatingtheconceptofelementaryschoolqualityassurancesystemsothatschoolqualityisnotsimplydeterminedbythefinalexamresultbutistakencareandunderstoodfromoveralleducationprocess.