Impelemntasi kebijakan pendidikan di era otonomi daerah (studi multisitus pada tiga Dinas Pendidikan Kabupaten di kawasan tapal kuda) / Musyaffa Rafiqie
Main Author: | Rafiqie, Musyaffa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63807/ |
Daftar Isi:
- UndangUndangNo.32Tahun2004TentangPemerintahanDaerahdapatdimaknai(1)Memberikankewenanganpadadaerahyangnyataluasdanbertanggungjawabdalammelaksanakanprinsipdemokrasiyaknidenganmelibatkanperansertamasyarakatpadatingkatbawahnamundenganmemperhatikankeanekaragamanpolitikekonomisosialdanbudayadaerah.(2)DigunakansebagaibahanpijakandalamperumusandanpelaksanaankebijakandilingkupPemerintahDaerahKabupaten.(3)PembangunanyangdilaksanakanolehPemerintahDaerahKabupatentidaklagimenganutsentralistiknamuntelahmenganutsistimdesentralisasi.(4)PemerintahDaerahdalammelaksanakanprogrampembangunanmemperhatikankebutuhankepentingandantuntutanmasyarakatdidaerah.Dan(5)PemerintahDaerahKabupatendalammengelolamengaturdanmenguruspemerintahandidaerahmemperhatikanideagagasandanaspirasimasyarakatyangdipimpimnya.PenelitianinidilaksanakanpadaDinasPendidikanTigaKabupatenKawasanTapalKudaakanmenjawabduafokuspenelitianyakni(1)ImplementasiKebijakanPendidikanpadaSosialisasiatauKomunikasiKepatuhandalamPelaksanaandanPenerapanProgramKegiatandan(2)ImplementasiKebijakanPendidikandalamMengelolaOrganisasidiDinasPendidikanKabupatenKotaPesantrenDinasPendidikanKabupatenTapedanDinasPendidikanKabupatenBromo.Pendekatanpenelitianmenggunakankualitatifdanpenelitiandirancangdenganmenggunakanmulti-situs.SumberdataPejabatStrukturalDinasPendidikanKabupaten.Dalamkegiatanpengumpulandataterbagiatastigatahapanyakni(1)tahappersiapan(2)tahappengumpulandatadan(3)tahappencatatandata.Datayangterkumpuldianalisadengankegiatan(1)pengkoleksiandata(2)penampilandata(3)reduksidatadan(4)kesimpulandanverifikasidata.Pengecekansertakeabsahandatadilakukandenganmengunakanderajatkepercayaanderajatketerlibatanderajatketergantungandanderajatkepastian.TemuanpenelitianyangdilaksanakanpadaDinasPendidikanTigaKabupatenKawasanTapalKudamenunjukkangambaranyangnyatabahwa1).Implementasikebijakanpendidikan(1)SebelumdiluncurkannyaprogramkegiatanhasilsebuahkebijakandilaksanakansosialisasiataukomunikasimelaluiprensentasipertemuanbrefingrapatDinasbrosurdandengarpendapatdenganmelibatkanunsurKepalaSekolahWakilKepalaSekolahGurudanPengurusyayasan.(2)SetiappelaksanaanprogramkegiatanmenggunakanStandarOperatingProcedure(SOP)berupaUndang-Undang(UU)PeraturanPemerintah.(PP)KeputusanMenteri(Kepmen)PeraturanDaerahPerda)danSuratKeputusanBupati(SK).SOPmerupakanpetunjukataupedomanpelaksanaanprogramkegiatandanmerupakancontrolataspelaksanaanprogramkegiatan.DalampenetapanmanajemenpelaksanakebijakanpenekanannyapadakoordinasiinternaldankoordinasieksternalyangdilaksanakanolehDinasPendidikan.KoordinasiinternaldilaksanakanolehPejabatStrukturalDinasPendidikandankoordinasieksternaldilaksanakanolehKepalaDinasbesertaPejabatPemerintahDaerahKabupaten.KegiatankoordinasiinternaldiawalidenganidentifikasidanpengecekanprogramkegiatanyangterteradalamRencanaAnggaranBiayaSatuanKerja(RASK)danDaftarAnggaranBiayaSatuanKerja(DASK).UnsureyangterlibatdalampengecekanRASKdanDASKadalahPejabatDinasPendidikandimasing-masingunitkerja.KegiatankoordinasieksternaldiawalidariPerintahBupatikeSekretarisDaerahuntukmelaksanakankoordinasiInstansiPemerintahlainnya.UnsurInstansiPemerintahyangterlibatadalahDepartemenAgamaDinasKependudukandanKeluargaBerencanaDinasKoperasidanPerdaganganKepalaBagianHukumdanKepalaBagianHubunganMasyarakat.(3)Situs1dansitus2PejabatpengambilkebijakandanPejabatpelaksanakebijakantingkatpendidikanbelumsesuainamunmempunyaikemampuanyangcukupmemadaisedangkandisitus3PejabatpengambilkebijakandanPejabatpelaksanakebijakantingkatpendidikannyasudahsesuai.2)Implementasikebijakanpendidikandalammengelolaorganisasitemuannyaadalah(1)Prosespenyusunandanpembuatanperencanaandiawalidenganrapatdisekolahlaludiunitkerjamasing-masingselanjutnyarapatdinasdankemudianMusyawarahPerencanaanPembangunanDaerah(Musrenbangda).UnsureyangdilibatkanadalahKepalaSekolahWakilKepalaSekolahGuruKomiteSekolahdanStafDinas.TenagaperencanayangdimilikiolehDinasPendidikanjumlahnyacukupdankemampuanatauketerampilannyacukupmemadai.(2)StrukturDinasPendidikanTigaKabupatenKawasantapalKudadibentukolehPeraturanDaerah(Perda)diPemerintahDaerahKabupatenmasing-masingdanstrukturnyatergantungkebutuhanPemerintahDaerahKabupatenmasing-masing.StrukturOrganisasinyaberbentukOrganisasiLiniyangditandaiadanyahubungantugaswewenangdantanggungjawabsatuarah.Hubungansatuarahdijadikanacuanuntukmenentukankedudukanjabatandanbagiandalamorganisasi.Adanyapembagiankerjayangjelasdanadaunsurepimpinansebagaipenanggungjawab.(3)PembinaanataubimbingandilaksanakanolehpejabatstructuralDinassesuaidengantugaswewenangdantanggungjawabnya.PembinaanataubimbingandilaksanakanmelaluirapatDinasseminarlokakaryarapatdiunitkerjadanpembinaanperseorangan.(4)Pengawasandilaksanakanolehpimpinanunitkerjasesuaidengantugaswewenangdantanggungjawabnyadenganmenggunakanprinsipsecaralangsungdantidaklangsungsertadenganmenggunakanlangkah-langkahpokokpengawasan.