Optimalisasi kinerja guru dalam proses pembelajaran pada sekolah dasar di Kota Malang (Studi multi situs pada tiga sekolah dasar) / Suharningsih

Main Author: Suharningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/63804/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSuharningsih2009.OptimalisasiKinerjaGurudalamProsesPembelajaranpadaSekolahDasardiKotaMalang(StudiMultisitusPadaTigaSekolahDasar).DisertasiProgramStudiManajemenPendidikan.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd.(2)Prof.H.AhmadSonhadjiK.H.M.A.Ph.D.(3)Prof.Dr.HendyatSoetopoM.Pd.KatakuncioptimalisasikinerjagurukepalasekolahsupervisiPenelitianiniberawaldariperubahansekolahdasaryangtidakpernahdiperhitungkankarenamutunyarendahmenjadisekolahdasaryangmenjadijuaratingkatnasionalkarenamutunyatinggi.Perubahaninitidakmungkinterjaditanpamelakukanupayaperbaikan.Dalamrangkameningkatkanmutusekolahupayayangdilakukankepalasekolahdenganmeningkatkanperannyadalammanajemensumberdayasekolah.Salahsatusumberdayasekolahadalahmanajemensumberdayamanusiaterutamamanajemenkinerjagurudalammelaksanakanprosespembelajaransebagaitugasutama.Demikianlahsehinggamenjadisumberdayayangbermutuperludilihatdaribagaimanaupayakepalasekolahmengoptimalkancarakerjaguruuntukmemperbaikidanmeningkatkanprosespembelajaran.Penelitianinidifokuskanpadaoptimalisasikinerjagurusekolahdasardijabarkanmenjadi(1)kinerjagurumelaksanakanprosespembelajarandimulaidenganmenyusunrencanapembelajarandiakhiridenganmelaksanakanpembelajaranyangdipengaruhiolehbeberapafaktordisituspenelitian(2)upayakepalasekolahmengoptimalkankinerjagurumelaksanakanprosespembelajarandimulaidenganmenyusunrencanapembelajarandiakhiridenganmelaksanakanpembelajaranyangdipengaruhiolehbeberapafaktordisituspenelitian.PenelitianinidilakukanditigasekolahdasarkotaMalangdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Penelitianinidirancangdenganmenggunakanrancanganstudimultisitus.Dalampenelitianinipenelitisebagaiinstrumenkunci(keyinstrument).Penunjukkaninformanpenelitianmenggunakanteknikbolasalju(snowballsampling)denganterlebihdahulumenentukaninformankunci(keyinforman).Teknikpengumpulandatamenggunakan(1)wawancaramendalam(2)observasipartisipandan(3)studidokumentasi.Datayangterkumpulmelaluiberbagaitekniktersebutselanjutnyadiperiksa.Pengecekankredibilitasdatadilakukandenganmenggunakantekniktrianggulasipengecekananggota(membercheck)dandiskusitemansejawat.Sedangkanauditabilitasnyadilakukandenganmemintabeberapaorangauditorterutamapembimbinguntukmengauditnya.Selesaidiperiksadatayangterkumpuldianalisismelaluianalisisdalamsitusdananalisislintassitus.Melaluipenelitianinidiperolehtemuan-temuanPertamakinerjagurusekolahdasardalammelaksanakanprosespembelajarandiawalidenganpenyusunanrencanapembelajarandandiakhiridenganpelaksanaanpembelajaransebagaiimplementasirencanapembelajaran.Keduakesuksesangurudalammelaksanakanprosespembelajaranmerupakankeberhasilangurudalammenciptakansuasanapembelajaranyangmenyenangkansehinggasemuasiswatermotivasiuntukterlibatsecaraaktifdalampembelajaran.Ketigakesuksesangurudalammelaksanakanprosespembelajaranberkat(a)kemampuandansemangatguruyangtinggi(b)pembinaanyangdiberikankepalasekolahsecararutinbaikdisekolahdenganmemanfaatkanpertemuansekolahmaupundigugusdenganmemfungsikanpertemuanKKG(c)kemampuankepalasekolahdalammelaksanakansupervisisehinggabisamelakukanpengawasandanpengendalianpelaksanaanpembelajarandengankegiatankunjungankelasdandiskusikelompokdan(d)keberhasilankepalasekolahmenciptakaniklimsekolahyangkondusifdenganmenciptakankondisifisiksekolahdankondisisosioemosionalyangmenyenangkansehinggagurudalammelaksanakanprosespembelajaranbersemangat.Akhirnyaberdasarkantemuan-temuandiatasdisarankanagarPertamabagipengembanganilmudanteknologi.Temuanpenelitiantentangoptimalisasikinerjagurusekolahdasardalammelaksanakanprosespembelajaransesuaidenganstandarnasional.Olehkarenaitudisarankanagardapatdipakaisebagaidasarteoritikdalamkajiantentangoptimalisasikinerjagurusehinggadapatmemperkayakhasanahpengetahuanyangberkenaandenganpengembanganilmumanajemenpendidikan.Keduabagiguru.Olehkarenagurusekolahdasarselakutenagakependidikanyangberadadigaristerdepandalamperwujudaninteraksibelajarmengajarbertanggungjawablangsungataskeberhasilanpenyelenggaraanpendidikanyangbermutudisarankanagarselaluberusahasemaksimalmungkinmengikutiperkembangandenganterusbelajarmencariide-idedanprosedur-prosedurbaruberusahameningkatkankualitaskinerjamelaksanakanprosespembelajarandisekolah.Dalamkaitandengantemuanpenelitiantentangkinerjagurusekolahdasardalammelaksanakanprosespembelajarantelahmemenuhistandarprosesmakadisarankanagarparagurusekolahdasardalammelaksanakanprosespembelajaranmengikutitemuanpenelitianini.Ketigabagikepalasekolah.Temuanpenelitiantentangkesuksesanoptimalisasiatauupayakepalasekolahuntukmenjadikankinerjagurusebaik-baiknyadalammelaksanakanprosespembelajaranmerupakankeberhasilankepalasekolahdalammemilihkegiatanyangmenentukankesuksesankinerjagurudalammelaksanakanprosespembelajaranyaitumelakukanpembinaansupervisidanmenciptakaniklimsekolahyangkondusif.Olehkarenaitudisarankanbagikepalasekolahagartemuanpenelitianinidapatdijadikancontohuntukmemilihdanmenentukankegiatandalamupayamenjadikankinerjagurusebaik-baiknyadalammelaksanakanprosespembelajaran.KeempatbagiDinasPendidikan.Dengantemuanpenelitianyangpositifmenunjukkanbahwakeberhasilanoptimalisasikinerjagurusekolahdasarmakadisarankanagartemuanpenelitianinidapat(a)dikembangkandisekolahyanglainbaikdalamwilayahnya(b)mengenalguru-guruyangberpotensiuntukmenerimatanggungjawabyanglebihbesardanuntukmemastikanbahwapotensinyadapatberkembang(c)memberikanpembinaandanmotivasikepadakepalasekolahuntukmeningkatkankemampuandanketrampilannyamemilihdanmenentukankegiatandalammengoptimalkankinerjagurumelaksanakanprosespembelajaran(d)secaraperiodikselalumengidentifikasikebutuhanpengembanganpendidikandisekolah-sekolahdalamwilayahnya.Kelimabagipemerhatipendidikanyanginginmeningkatkanmutusekolahdisarankanagartemuanpenelitianinidapatdijadikancontoh.Terakhirdisarankanuntukdilakukanpenelitianlebihlanjut.