Kontribusi kompetensi emosional dan praktik kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap keberdayaan guru pada sekolah menengah kejuruan di Malang Raya / Syamsul Hadi
| Main Author: | Hadi, Syamsul |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed |
| Terbitan: |
, 2010
|
| Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63796/ |
Daftar Isi:
- Pemberdayaangurudiakuisebagaibagianintegraldalamreformasipendidik-an.DiIndonesiapemberdayaangurutelahdiyakinisebagaikomponenpentingdalamreformasipendidikan.LahirnyaUndang-UndangRInomor14tahun2005tentangGurudanDosenantaralaindidasarkanpadapentingnyapemberdayaanguru.Sebagaisebuahkonstrukpemberdayaanguruterbangunolehdimensi-dimensipengambilankeputusanpertumbuhanprofesionalstatusefikasidiriotonomidanpengaruh.Kepalasekolahdenganprilakukepemimpinantransformasionaldidugamampumemberdayakanpengikutnya.Kepemimpinantransformasionalmemilikiempatdimensiyangdisebut(pengaruhideal)FourIsidealizedinfluence(motivasiinspiratif)(stimulasiinspirationalmotivationintelectualstimulationintelektual)dan(pertimbanganindividual).Diperlukanindividualizedconsiderationadanyakemampuanyangdisebutkompetensiemosionalagarseseorangterampilmemanfaatkankecerdasanemosinyadalamprilakukepemimpinannya.Kompetensiemosionalmencakupkesadarandirimanajemendirikesadaransosialdanmanajemenkerjasama.Penelitianinibertujuanuntukmengujihubungantigakonstruktersebut.Masalahpokokyangdiajukanadalah(1)ApakahkompetensiemosionalkepalaSMKdiMalangRayaberpengaruhtidaklangsungterhadapkeberdayaanguruyangdipimpinnyamelaluipraktikkepemimpinantransformasionalkepalasekolahyangbersangkutandan(2)Apakahdimensi-dimensikompetensiemosionalkepalaSMKberpengaruhsecarasignifikanterhadapkeberdayaangurumelaluidimensi-dimensipraktikkepemimpinantransformasionalkepalasekolahyangbersangkutanPenelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancangankorela-sionalmajemukdalammanakompetensiemosionalpraktikkepemimpinantrans-formasionaldankeberdayaanguruberturut-turutsebagaivariabelbebasvariabelantaradanvariabelterikat.Populasipenelitianadalahguru-gurupada99SMKnegeridanswastadiwilayahKabupatenMalangKotaMalangdanKotaBatuatauwilayahMalangRaya.Sampelpenelitianberjumlah243gurudan74kepalasekolahyangditentukandengan.proportionalrandomsamplingDatadikumpulkandengankueseneryangdiisiolehguruberdasarkanapayangteramati()dandialami.Kuesenerpengukurankompetensiemosionalpercieveddiadaptasidari(ECI)instrumenuntukpraktikEmotionalCompetenciesInventorykepemimpinantransformasionaldiadaptasidariinstrumenTransformationaldaninstrumenkeberdayaangurudiadopsidariLeadershipScale(TLSSchool)(SPES).Hasilujicobainstrumenterhadap34ParticipantsEmpowermentScaleguruSMKmenunjukkanbahwaketiganyamemilikireliabilitasyangbaikdengankoefisien-Cronbachlebihdari0900(aKE09553aKT09783danaPG09450).Penelitianinimenggunakangurusebagaisatuananalisis.Skormasing-masingvariabeldandimensivariabeldihitungberdasarkannilairata-ratadariskoryangdiberikanolehrespondenpadabutir-butirpernyataanyangterkait.Pengujianhipotesispenelitiandengan(SEM)StructuralEquationModelingmenemukanbahwa(1)kompetensiemosionalberpengaruhsignifikanterhadappraktikkepemimpinantransformasional(2)praktikkepemimpinantransformasionalberpengaruhterhadapkeberdayaangurudan(3)kompetensiemosionalberpengaruhtidaklangsungterhadapkeberdayaangurumelaluipraktikkepemimpinantransformasional.Ditinjaudanhubunganantardimensipenelitianinimenemukanbahwamasing-masingdimensikompetensiemosionalberpengaruhpadadimensi-dimensitertentudaripraktikkepemimpinantransformasionaldanmasing-masingdimensipraktikkepemimpinantransformasionaljugaberpengaruhpadadimensi-dimensitertentudarikeberdayaanguru.Dimensi-dimensiyangsalingberhubunganituadalah(1)kesadarandiriber-pengaruhsignifikanterhadapmotivasiinspirasionaldanpertimbanganindividual(2)manajemendiriberpengaruhsignifikanterhadapmotivasiinspirasionalpenga-ruhidealstimulasiintelektualdanpertimbanganindividual(3)kesadaransosialberpengaruhsignifikanterhadappengaruhideal(4)manajemenkerjasamaberpengaruhsignifikanterhadappengaruhidealdanstimulasiintelektual(5)mana-jemenkerjasamaberpengaruhtidaklangsungterhadapketerlibatandalampengambilankeputusandanpertumbuhanprofesionalmelaluistimulasiintelektual(6)kesadarandiriberpengaruhtidaklangsungterhadapketerlibatandalampengambilankeputusanpertumbuhanprofesionalefikasidiriotonomistatusdanpengaruhmelaluidimensipertimbanganindividualdanmotivasiinspirasional(7)manajemendiriberpengaruhtidaklangsungterhadapdimensi-dimensiketerlibatandalampengambilankeputusanpertumbuhanprofesionalefikasidiriotonomistatusdanpengaruhmelaluidimensimotivasiinspirasionalstimulasiintelektualdanpertimbanganindividual(8)Dimensikesadarandirimemilikiefeklangsungefektidaklangsungpositifterhadapotonomi(9)motivasiinspirasionalmemilikiberpengaruhpositifterhadappertumbuhanprofesionalefikasidiristatusdanpengaruh(10)Dimensistimulasiintelektualmemilikipengaruhpositifterhadapketerlibatandalampengambilankeputusandanterhadappertumbuhanprofesional(11)Dimensipertimbanganindividualberpengaruhpositifterhadapketerlibatandalampengambilankeputusanefikasidiriotonomistatusdanpengaruh.Hubungan-hubunganantardimensiyangditemukantersebutmengindikasi-kanbahwadimensi-dimensikompetensiemosionalmaupunpraktikkepemimpinantransformasionalakanberkontribusiterhadapkeberdayaanguruhanyajikadimensi-dimensiituterintegrasikedalammasing-masingkonstrukyangdibangunnya.Temuanpenelitianinimemperkuattemuanpenelitiansebelumnya.Temuaniniberimplikasipadapentingnyapenguasaankompetensiemosionalolehkepalasekolahsebagaiprasyaratbagipeningkatanpraktikkepemimpinantransformasionaldalamrangkapemberdayaanguru.
