Manajemen pengembangan kurikulum sekolah menengah kejuruan di lingkungan pesantren (studi multi kasus pada SMK Telkom Darul Ulum Rejoso Jombang dan SMK Al-Yasini Areng-areng Wonorejo Pasuruan) / Nur Ali

Main Author: Ali, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/63791/
Daftar Isi:
  • Penyelenggaraanpendidikandanpembelajarandilingkunganpesantrensenan-tiasamendasarkanpadaprinsip-prinsipdannilai-nilaipendidikanpesantrendiantaranyatheosentricbukanantroposentricmencariilmuadalahibadahtawassut.Prinsipdannilaitersebutberimplikasipadakurikulumyangdigunakan.Pendidikankejuruanadalahsekolahjenisvokasiyangberorientasipadapendidikanketerampilandanpenyiapankerjabagilulusannya.Haliniberimplikasipadakurikulumyangakandigunakannya.Didalamling-kungansatupesantrenterdapatberbagaijenjangdanjenislembagapendidikanyangsalingterkaitsatusamalainnyasehinggamemerlukankemampuanmanajerialdalamkegiatanpengembangankurikulumnya.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripskanmanajemenpengembangankurikulumSekolahMenengahKejuruan(SMK)dilingkunganpesantren.Adatigahalyangmenjadifokuspenelitianyaitu(1)latarbelakangdiadakannyapengembangankurikulum(2)kegiatanmanajemenpengembangankurikulumdan(3)implikasimana-jemenpengembangankurikulumterhadapcitraSMK.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultikasusdanconstantcomparativemethod.Datadikumpulkandenganmengunakanteknikwawancaraobservasipartisipandanstudidokumentasi.Informaankuncidalampenelitianiniadalahpengasuhpesantrendankepalasekolahpadakedualatarpenelitian.Prosesanalisisdatadilakukanbersama-samadenganprosespengumpalandatadananalisissetelahpengumpulandataselesai.Pemeriksaankeabsahandatadilakukanuntukmemenuhikriteria(a)kredibitas(b)dependabilitasdan(c)konfirmabilitas.Hasilpenelitianinimenunjukkan.Pertamahal-halyangmelatarbelakangidiada-kannyapengembangankurikulumSMKdilingkunganpesantrenyaitu(a)pemikiranPengasuhpesantren(b)latarbelakangpendirianSMK(c)lulusanSMKdiluarpesantren(d)sejarahawalpenyusunankurikulumSMK(e)kurikulumnasionalSMK(f)adanyakecenderungandiversifikasiprogrampendidikandalammenghadapipersainganglobaldan(g)seringterjaditumpangtindihmaterikurikulumdankurangrelevanantaramaterikurikulumyangdiajarkandiunit-unitpendidikandilingkunganpesantrensebagaikurikulummuatanlokaldenganyangdiajarkandiSMK.KeduamanajemenpengembangankurikulumSMKdilingkunganpesantrenmeliputi(1)perencanaanpengembangankurikulumyaitu(a)dilakukanolehtimdenganmengikutiproseduryangadadilingkunganpesantren(b)untukmatadiklatproduktifdidasarkanpadakurnasdenganmenyesuaikankebutuhanstakeholder(c)untukprakerindisesuaikandengankebutuhanstakeholderdenganmelibatkanpihakalumnidanstake-holdersertadikaitkandengankebutuhansiswa(d)untukmatadiklatnormatifdanadaptifdidasarkanpadakurikulumnasionaldanmengintegrasikanmaterikurikulumnyadengannilai-nilaikeagamaandannilai-nilaipesantren(e)kurikulummuatanlokaldiorientasikanpadapendidikanakhlakal-karimahdanpendalamanmaterial-Quranaqidahakhlakdanfighdenganmenggunakankitab-kitabkuning(f)kurikulumbahasainggrisdiorientasikanpadaenglisfforspecialpurposes(ESP)denganpendekatankomunikatifdan(g)kegiatanpengembangandirimelaluikegiatanekstrakurikulerdiorientasikanpadapenunjangmatadiklatproduktifdanpembentukanpembiasaanuntukmengamalkanajaranagamadalamkehidupansehari-hari.(2)pengorganisasiandanpengarahanpengembangankurikulumyaitu(a)diawalidenganrapatkoordinasidenganPengasuhpesantrenpimpinanSMKparakepalasekolahdanmadrasahyangadadilingkunganpesantren(b)proseduryangdiberlakukanberimplikasipadapenanggungjawabmasing-masingkegiatandisekolah(d)materikurikulummatadiklatproduktifdariinstansiDUDIdilaksanakanmelaluiwork-shopdankuliahtamu(e)kurikulumSMKyangterpadudengansistempendidikanpesantrensangatefektifdalampembinaanakademikdanpembentukankepribadianparasiswadan(f)kegiatanpengembangandirisebagaikegiatanekstrakurikulerSMKdilaku-kandenganmelibatkanparaguruSMKdanpembinadariunitpendidikanpesantren.(3)Pengendalianpengembangankurikulumyaitu(a)melibatkanunitpendidikanpesantrenpihakinstansiDUDIlembagasertifikasiprofesidanalumni(b)memanfaatkanrapatrutinbulanansebagaimediapengendalian(d)modelevaluasipendidikanakhlakal-karimaholehPengasuhpesantrensecaralangsungmemilikipengaruhcukupbesardanefektifdalammengendalikanakhlakdikalangansiswa.KetigamanajemenpengembangankurikulumSMKdilingkunganpesantrenyangmelibatkanpihakPengasuhpesantrendanunitpendidikanpondokpesantrenparagurudankalanganDUDIberimplikasipadacitraSMKdilingkunganpesantrenmenjadilebihbaik.Mendasarkanpadatemuaninidiajukansaran-saran.PertamaYayasanPondokPesantrendanPimpinanSMKdiharapkanuntuk(a)menyatukansistempenyelenggaraankegiatanekstrakurikulerkeagamaandanpraktikkeagamaansebagaimuatanlokalkepadasekolahagarterciptakeseimbanganantaraporsikegiatankeagamaandanpraktikkeagamaandenganporsikegiatanpraktikprogramkeahlianparasiswa(b)memperluasmitrakerjasamadenganStakeholderbaikdalamlingkupnasionalmaupunregionalsehingamemudahkanpelaksanaankegiatanmanajemenpengembagankurikulum(MPK)danimplementasinyadilapangan(c)untukdapatmemperluasMoUdenganDU-DImakaPengasuhPesantrenimpinanSMKperlumeningkatkankemampuannyadalammanajerialberpolitikdanketokohan(d)mendokumenkansecaratertulisproduk-produkygdihasilkandarikegiatanMPKdisekolahygdipimpinnya(e)mempublikasikanproduk-produkbukukurikulumyangdihasilkandarikegiatanMPKagarinovasikurikulumyangtelahdilakukandapatdiaksesolehpihakluardan(f)sebagaikonsekwensidaripenggunaaankurikulumterpadupimpinansekolahmemulaimenyusunprogramterpaduyangdapatmenampungkegiatan-kegiatanpendidikanyangdilakukanolehunit-unitpendidikandilingkunganpesantrenyangsaatinimasihbelumterkoordinasikandenganbaikdanterencana.KeduaDirektoratPendidikanDiniyahdanPondokPesantrendanDirektoratPendidikanAgamaIslampadaSekolahUmumDepartemenAgamadiharapkanuntuk(a)sebagaikonsekwensidariimplementasikurikulumtingkatsatuanpendidikan(KTSP)DirektoratPendidikanDiniyahdanPondokPesantrenDepartemenAgamadiharapkanlebihmendoronglagikepadaYayasanPondokPesantrenyangmenyelenggarakanpendidikankejuruandilingkunganpesantrennyauntukmelaksanakankegiatanmanajemenpengembangankurikulumterpaduSMKmelaluiProgramPendidikanPesantrenSatuAtapdan(b)sebagaikonsekwensidariimplementasikurikulumtingkatsatuanpendidikan(KTSP)PendidikanAgamaDirektoratPendidikanAgamaIslampadaSekolahUmumDepartemenAgamamulaimenetapkankriteriakompetensiminimal(KKM)kurikulumpendidikanagamapadasekolahumumdanpendidikankejuruandilingkunganpesantren.KetigaDitjenDikmenjurDepartemenPendidikanNasionaldiharapkanuntuk(a)mem-fasilitasipelaksanaankerjasamaantaraSMKKecildilingkunganpesantrendenganinstansi-instansiduniausahadanindustridanbalaidiklatdalambidangkegiatanmanajemenpengembangankurikulummatadiklatproduktifdanmembukakelasbersama(b)menfasilitasikegiatanmanajemenpengembagankurikulumterpaduSMKdilingkung-anpesantrendenganDirektoratPendidikanDiniyahdanPondokPesantrendanDirektoratPendidikanAgamaIslampadaSekolahUmumDepartemenAgamamelaluiProgramPendidikanPesantrenSatuAtap.Terakhirpenelitiberikutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitianlebihlanjutdenganmengembangkanfokuslain.Penelitijugadianjurkanuntukmencarikasuslainyangmemilikikarakteristikberbedadengankasuspenelitianini.