Pengembangan bahan ajar mata kuliah belajar dan pembelajaran dengan aplikasi lesson study untuk mahasiswa / Firmina Angela Nai

Main Author: Nai, Firmina Angela
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/63697/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNaiFirminaAngela2016.PengembanganBahanAjarMataKuliahBelajardanPembelajarandenganAplikasiLessonStudyuntukMahasiswa.Pembimbing(1)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd(2)Prof.Dr.PunadjiSetyosariM.Pd.M.Ed.(3)Prof.Hj.UtamiWidiatiM.A.Ph.D.KataKuncibelajarpembelajarangurupembelajarimplementasilessonstudy.Tujuanpengembanganiniuntuk(1)menghasilkanprodukbahanajarmatakuliahbelajardanpembelajaranyangvalidmenarikpraktisdanefektif(2)mengaplikasipendekatansistemmodelDickdanCareydalamdesainbahanajarmatakuliahBelajardanPembelajaran(3)mengimplementasiteoribelajaryangdeskriptifdanteoripembelajaranyangpreskriptifdalambelajardanpembelajaranBahasaIndonesiadiSMPSMAdanSMKdan(4)mengaplikasilessonstudysebagaimodelpembelajaranmatakuliahBelajardanPembelajaran.Datadikumpulkandenganmenggunakanangketvalidasiprodukolehahliisiahlibahasadanahlidesainsertaangketresponmahasiswauntukmemperolehdataaspekkemenarikankepraktisandanefektivitasprodukyangdikembangkan.Datadianalisisdenganmenggunakanstatistikdeskriptifdanuji-tdenganbantuanprogramSSPSforwindowsversi220.Hasilpenelitianadalah(1)validasiahliisibahasadandesainmemperolehkriteriasangatvalid(91%)(2)desainbahanajaryangdisusundenganpendekatansistemmodelDickdanCareydiujipadalapanganluasdandianalisisdenganstatistikdeskriptifmemperolehkriteriasangatmenarik(93%)(3)implementasiteoribelajardanpembelajarankedalambidangstudiBahasaIndonesiadiSMPSMAdanSMKpadaujilapanganluasdandianalisisdenganstatistikdeskriptifmemperolehkriteriasangatpraktis(97%)setaaplikasilessonstudysebagaimodelpembelajarandandianalisisdenganstatistikdeskriptifmemperolehkriteriasangatefektif(83%).Hasiluji-tdenganbantuanprogramSSPSforwindowsversi220menunjukkanpeningkatanhasilbelajaryangsignifikanpadakelompokeksperimenyangmenggunakanprodukyakni0.000