Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD vs ekspositori dan gaya kognitif terhadap hasil belajar pemahaman dan aplikasi konsep fisika siswa kelas X SMA / Prayekti

Main Author: Prayekti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/63644/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmenguji1)perbedaanhasilbelajarpemahamankonsepfisikaantarakelompoksiswayangdibelajarkandenganpembelajarankooperatiftipeSTADdanpembelajaranekspositori2)perbedaanhasilbelajarpemahamankonsepfisikaantarasiswayangmemilikigayakognitifberbeda3)pengaruhinteraksiantarastrategipembelajarantipeSTADvsekspositoridangayakognitifterhadaphasilbelajarpemahamanfisika4)perbedaanhasilbelajaraplikasikonsepfisikaantarakelompoksiswayangdibelajarkandenganmenggunakanstrategipembelajarankooperatiftipeSTADvsekspositori.rancanganfaktorialnonequivalentcontrolgroupdesignyangdilaksanakanpada4kelasditentukanmelaluiundianyaitukelasXMIAAXMIABXMIACXMIADdiSMANegeri58JakartaTimurberjumlah144orang.Duakelassebagaikelaseksperimendanduakelaslainnyasebagaikelaskontrol.DatahasilbelajardikumpulkanmelaluikegiatanpratesdanpascatesdianalisisdenganmenggunakanujistatistikMANCOVAberbantuanprogramSPSS15.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)strategipembelajarantipeSTADmenunjukkanhasilbelajarpemahamandanaplikasikonsepfisikayanglebihbaikdaripadastrategipembelajaranekspositori2)siswayangmemilikigayakognitiffieldindependentmenunjukkanhasilbelajarpemahamankonsepfisikayanglebihbaikdaripadasiswayangmemilikigayakognitiffielddependent3)terdapatinteraksiantarastrategipembelajarandangayakognitifterhadaphasilbelajarpemahamankonsepfisika4)siswayangdibelajarkanmenggunakanstrategipembelajarankooperatiftipeSTADmendapatkanhasilbelajarlebihtinggipadaaplikasikonsepfisikadibandingkandenganstrategipembelajaranekspositori.