Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD vs ekspositori dan gaya kognitif terhadap hasil belajar pemahaman dan aplikasi konsep fisika siswa kelas X SMA / Prayekti
Main Author: | Prayekti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63644/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmenguji1)perbedaanhasilbelajarpemahamankonsepfisikaantarakelompoksiswayangdibelajarkandenganpembelajarankooperatiftipeSTADdanpembelajaranekspositori2)perbedaanhasilbelajarpemahamankonsepfisikaantarasiswayangmemilikigayakognitifberbeda3)pengaruhinteraksiantarastrategipembelajarantipeSTADvsekspositoridangayakognitifterhadaphasilbelajarpemahamanfisika4)perbedaanhasilbelajaraplikasikonsepfisikaantarakelompoksiswayangdibelajarkandenganmenggunakanstrategipembelajarankooperatiftipeSTADvsekspositori.rancanganfaktorialnonequivalentcontrolgroupdesignyangdilaksanakanpada4kelasditentukanmelaluiundianyaitukelasXMIAAXMIABXMIACXMIADdiSMANegeri58JakartaTimurberjumlah144orang.Duakelassebagaikelaseksperimendanduakelaslainnyasebagaikelaskontrol.DatahasilbelajardikumpulkanmelaluikegiatanpratesdanpascatesdianalisisdenganmenggunakanujistatistikMANCOVAberbantuanprogramSPSS15.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)strategipembelajarantipeSTADmenunjukkanhasilbelajarpemahamandanaplikasikonsepfisikayanglebihbaikdaripadastrategipembelajaranekspositori2)siswayangmemilikigayakognitiffieldindependentmenunjukkanhasilbelajarpemahamankonsepfisikayanglebihbaikdaripadasiswayangmemilikigayakognitiffielddependent3)terdapatinteraksiantarastrategipembelajarandangayakognitifterhadaphasilbelajarpemahamankonsepfisika4)siswayangdibelajarkanmenggunakanstrategipembelajarankooperatiftipeSTADmendapatkanhasilbelajarlebihtinggipadaaplikasikonsepfisikadibandingkandenganstrategipembelajaranekspositori.