Pengaruh strategi pembelajaran fisika berbasis website terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki Self-Regulated Learning (SRL) yang berbeda / Mohammad Djamil M. Nur
Main Author: | Nur, Mohammad Djamil M. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63614/ |
Daftar Isi:
- TujuanPenelitianiniadalah(1)Untukmengujiperbedaanhasilbelajarantarakelompoksiswayangdiajardenganpembelajaranfisikaberbasiswebsitedengankelompoksiswayangdiajarpembelajaranberbasisvideo.(2)Untukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarakelompoksiswayangmemilikiself-regulatedlearningyangberbeda.(3)Untukmenjelaskaninteraksiantarapembelajaranfisikaberbasiswebsitedanself-regulatedlearningterhadaphasilbelajar.Rancanganpenelitianadalahkuasieksperimendengandesainfaktorial2X2.Subjekpenelitianterdiriatasduakelompokyangdiajardenganpembelajaranfisikaberbasiswebsitedenganpembelajaranfisikaberbasisvideo.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurhasilbelajarsiswaadalahteshasilbelajarsedangkanuntukmenentukanselfregulatedlearning(SRL)menggunakanangketselfregulatedlearning(SRL).Hasilanalisismenunjukkan(1)AdaperbedaanhasilbelajarantarakelompoksiswayangdiajardenganpembelajaranfisikaberbasiswebsitedengankelompoksiswayangdiajarPembelajaranBerbasisVideo.Hasilujimenunjukkanbahwahasilbelajarantarakelompoksiswayangdiajardenganpembelajaranfisikaberbasiswebsitememilikinilailebihtinggi782%dibandingkandengankelompoksiswayangdiajarpembelajaranberbasisvideo.(2)Adaperbedaanhasilbelajarantarakelompoksiswayangmemilikiself-regulatedlearningyangberbeda.Hasilujimenunjukkanbahwahasilbelajarantarakelompoksiswayangselfregulatedlearningtinggimemilikinilaisebesar1953%lebihtinggidibandingkanselfregulatedlearningrendah.(3)Adainteraksiantarapembelajaranfisikaberbasiswebsitedanself-regulatedlearningterhadaphasilbelajar.