Pengaruh strategi pembelajaran fisika berbasis website terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki Self-Regulated Learning (SRL) yang berbeda / Mohammad Djamil M. Nur

Main Author: Nur, Mohammad Djamil M.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/63614/
Daftar Isi:
  • TujuanPenelitianiniadalah(1)Untukmengujiperbedaanhasilbelajarantarakelompoksiswayangdiajardenganpembelajaranfisikaberbasiswebsitedengankelompoksiswayangdiajarpembelajaranberbasisvideo.(2)Untukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarakelompoksiswayangmemilikiself-regulatedlearningyangberbeda.(3)Untukmenjelaskaninteraksiantarapembelajaranfisikaberbasiswebsitedanself-regulatedlearningterhadaphasilbelajar.Rancanganpenelitianadalahkuasieksperimendengandesainfaktorial2X2.Subjekpenelitianterdiriatasduakelompokyangdiajardenganpembelajaranfisikaberbasiswebsitedenganpembelajaranfisikaberbasisvideo.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurhasilbelajarsiswaadalahteshasilbelajarsedangkanuntukmenentukanselfregulatedlearning(SRL)menggunakanangketselfregulatedlearning(SRL).Hasilanalisismenunjukkan(1)AdaperbedaanhasilbelajarantarakelompoksiswayangdiajardenganpembelajaranfisikaberbasiswebsitedengankelompoksiswayangdiajarPembelajaranBerbasisVideo.Hasilujimenunjukkanbahwahasilbelajarantarakelompoksiswayangdiajardenganpembelajaranfisikaberbasiswebsitememilikinilailebihtinggi782%dibandingkandengankelompoksiswayangdiajarpembelajaranberbasisvideo.(2)Adaperbedaanhasilbelajarantarakelompoksiswayangmemilikiself-regulatedlearningyangberbeda.Hasilujimenunjukkanbahwahasilbelajarantarakelompoksiswayangselfregulatedlearningtinggimemilikinilaisebesar1953%lebihtinggidibandingkanselfregulatedlearningrendah.(3)Adainteraksiantarapembelajaranfisikaberbasiswebsitedanself-regulatedlearningterhadaphasilbelajar.