Pengaruh pengorganisasian isi pembelajaran model elaborasi dan gaya kognitif terhadap hasil belajar mahasiswa sejarah di FKIP Universitas Tadulako / Hasan
Main Author: | Hasan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63611/ |
Daftar Isi:
- Hasan2014.PengaruhPengorganisasianIsiPembelajaranModelElaborasidanGayaKognitifTerhadapHasilBelajarMahasiswaSejarahDiFKIPUniversitasTadulako.Disertasi.ProgramStudiTeknologiPembelajaranPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd.(II)Prof.Dr.H.PunadjiSetyosariM.Pd.M.Ed.(III)Dr.YunidarM.Hum.KatakunciElaborasigayakognitifdanhasilbelajar.MasalahutamadalampenelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilbelajarmahasiswasejarahyangmemprogramkanmatakuliahSejarahAmerikahalinidisebabkanoleh1).tingkatpemahamandanaplikasikonsepsejarahmasihrendah2).BanyakmahasiswayangbelummemahamitentangkonsepfaktaprinsipdanproseduryangadadidalammatakuliahSejarahAmerika3).BanyakmahasiswayangmasihmengutamakanhafalandalamprosespembelajaranmatakuliahSejarahAmerikatanpamemahamiartiyangterkandungdalammateribukusejarah4).Banyakmahasiswasejarahyangbelummengatahuikonsep-konsepdasardalamsejarahbahkanmahasiswatidakmengetahuibagaimanapenerapandalammenyelesaikankonsepdanfaktadalammatakuliahSejarahAmerika.RendahnyahasilbelajarmahasiswasejarahdalammemprogramkanmatakuliahSejarahAmerikajugadilatarbelakangiolehpelaksanaanprosespembelajaranyangdilakukanolehdosen-dosenpadaProgramStudiSejarahterkesanstrukturdalampengorganisasianisipembelajaranterabaikansehinggaadakecenderunganpengorganisasianisipengajarannyamengikutiurutantopik/babyangadadalamsuatubukuteks.Padahalstrukturisibidangstudiitumempunyaihubunganketerlibatanyangsangatpentingterhadapurutankesatuanyangselaras(sintesis)denganbidang-bidangisibidangstudilainnyayangdirancanguntukmemberdayakanmahasiswadalambelajar.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengujiperbedaanhasilbelajarkelompokmahasiswayangmemperolehpengorganisasianisipembelajaranmodelelaborasidengankelompokmahasiswayangmemperolehpembelajaranbermateribukuteksuntukmengujiperbedaanhasilbelajarkelompokmahasiswayangmemilikigayakognitiffieldindependence(fi)dengangayakognitifmahasiswafielddependence(fd)untukmendapatkanpenjelasantentanginteraksiantarastrategipengorganisasianisipembelajaranmodelelaborasidengangayakognitifterhadaphasilbelajar.Penelitianinimenggunakanrancangannonequivalentcontrolgroupdesignfaktorial2x2.Nonequivalentcontrolgroupdesigndigunakanuntukmengujipengaruhutamadanpengaruhinteraksistrategipengorganisasisanisipembelajaranmodelelaborasidangayakognitiffieldindependence(fi)denganfielddependence(fd)terhadaphasilbelajarmahasiswasejarahdiFKIPUniversitasTadulako.SubjekpenelitianyangdilibatkandalampenelitianiniadalahmahasiswaS-1SejarahProgramStudiPendidikanSejarahFKIPUniversitasTadulakoTahunAkademik2011/2012padaSemesterVsebanyak2kelasyaitukelasAdenganjumlahmahasiswasebanyak31orangdanKelasBdenganjumlah30orang.Berdasarkanhasilanalisisdapatditarikkesimpulansebagaiberikut.1)terdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarmahasiswayangmemperolehpengorganisasianisipembelajaranmodelelaborasidenganmahasiswayangmemperolehpembelajaranmateribukutekspadamatakuliahSejarahAmerika.2)terdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarmahasiswayangmemilikigayakognitiffieldindependence(fi)dengangayafielddependence(fd)padamatakuliahSejarahAmerikadan3).terdapatinteraksiantarastrategipengorganisasianisipembelajaranmodelelaborasidanmahasiswayangmemperolehpembelajaranmateribukuteksdengangayakognitifterhadaphasilbelajarmatakuliahSejarahAmerika.Adanyainteraksimenujukkankeunggulandaripengorganisasianisipembelajaranmodelelaborasiternyatatidakberlakupadasemuakondisiatautergantungpadakondisigayakognitif.DengandemikianmakaadanyaperbedaanantarastrategipengorganisasianisipembelajaranmodelelaborasidanmahasiswayangmemperolehpembelajaranmateribukuteksterhadaphasilbelajarmatakuliahSejarahAmerikatergantungpadagayakognitif(fieldindependencemaupunfielddependence)dalamartikatabahwamahasiswayangberkarakterfieldindependenceyangmempunyaikemampuansendiridalammengorganisasikanobjek-objekinformasibarutidakperdulidenganmodelelaborasi.Sedangkanmahasiswayangbergayakognitiffielddependencepengorganisasianisipembelajaranmodelelaborasiinisangatmembutuhkankarenakarakteristikmahasiswagayakognitiffielddependencecenderungmenerimastrukturyangsudahadakarenakurangmemilikikemampuanrestrukturisasidalamrangkameningkatkanhasilbelajarnya.BerdasarkantemuanpenelitiandisarankankepadasemuadosenprogramStudiPendidikanSejarahmenggunakanstrategipembelajarandenganpolapengorganisasianisipembelajaranmodelelaborasidalampembuatanbahanajardenganmemperhatikankondisigayakognitifmahasiswasecaratepatdengantujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarnya