Pemanfaatan media flip chart untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun TK PGRI 02 Kromengan / Dian Ayuningtyas

Main Author: Ayuningtyas, Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/6360/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAyuningtyasDian.2016.PemanfaatanMediaFlipChartuntukMeningkatkanKemampuanBerbicaraAnakUsia4-5TahunTKPGRI02Kromengan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.UsepKustiawanM.Sn(II)SuryadiS.Sn.M.PdKataKunciMediaFlipChartKemampuanBerbicaraanakPembelajaranyangmasihberpusatpadagurumembuatanak-anakcenderungpasifsehinggakemampuanberbicaraanakmasihsangatkurang.Selainitupembelajaranyangtidakmenggunakanmediamembuatpembelajarankurangmenarikdanterkesanmembosankan.Darihasilobservasikemampuanberbicaraanaksebanyak14dari26anakatau6363%anakmasihmampu.Olehsebabitudigunakannyamediapembelajaranflipchartsebagaisolusikarenadenganadanyamediayangbarumembuatanaklebihtertarikdandapatmembuatanaklebihaktif.Rumusanmasalahpenelitianiniada2meliputiBagaimanacaramemanfaatkanmediaflipchartdalammeningkatkemampuanberbicaraanakusia4-5tahunTKPGRI02Kromengandanapakahterdapatpeningkatankemampuanberbicaraanakusia4-5tahundenganmemanfaatkanmediaflipchartPenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganrancanganpenelitiantindakankelas(PTK).ModelPTKyangdigunakanyaitumodelPTKKemmisdanMCTaggart.Pengumpulandatamenggunakan2teknikyaitu(1)Observasidan(2)Dokumentasi.Subyekpenelitianiniyaknianakusia4-5tahunTKPGRI02Kromengandenganjumlah26anak.Analisisdatadalampenelitianinimenggunakan3tahapanyaknireduksidatapenyajiandatadanpenyimpulandata.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapersentasekeberhasilanpemanfaatanmediaflipchartpadasiklusImencapai4615%meningkatsebanyak3846%menjadi8461%padasiklusII.Nilairata-ratakemampuanberbicaraanakmeningkatsebanyak725dariyangsemula389menjadi4615.Nilairata-ratahasilbelajarsiswameningkatsebanyak2115%dariyangsemula5336padasiklusImenjadi7451padasiklusII.Pemanfaatanmediaflipchartdalampembelajaransudahberjalandenganbaik.Kemampuanberbicaraanakdalamkegiatanpembelajaranmeningkatsecarasignifikan.Selainitupembelajaranlebihmenarikanakdenganmenggunakanmediaflipchart.Kesimpulandaripenelitianiniyaitupemanfaatanmediaflipchartdapatmeningkatkankemampuanberbicaraanakusia4-5tahunTKPGRI02Kromengan.Sarandaripenulisagargurumenggunakanmediapembelajaranflipchartdalammeningkatkanketerampilanberbahasakhususnyakemampuanberbicara.Selainitumediaflipchartdapatmenarikperhatiananakdanpembelajaranlebihmenarik.