Pengaruh tipe visualisasi pada strategi presentasi multimedia pembelajaran berbantuan komputer dan gaya belajar terhadap kemampuan mahasiswa dalam penerapan konsep dan prosedur pemodelan berorientasi objek / Muhammad Rusli
Main Author: | Rusli, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63598/ |
Daftar Isi:
- Rusli.M.2012.PengaruhTipeVisualisasipadaStrategiPresentasiMultimediaPembelajaranBerbantuanKomputerdanGayaBelajarterhadapKemampuanMahasiswadalamPenerapanKonsepdanProsedurPemodelanBerorientasi-objek.DisertasiProgramStudiTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.IWayanArdhanaM.A(2)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd.(3)Dr.WarasKamdiM.Pd.Kata-katakunciMultimediapembelajaranstrategipresentasivisualisasistatisvisualisasianimasigayabelajarpenerapankonseppenerapanprosedurpemodelanberorientasi-objek.Keefektifansebuahpembelajarantergantungpadaempatunsurutamayaitukontenhasilbelajaryangdiinginkanmetodepembelajarandanmediapenyampaian.Integrasikeempatunsurtersebutdapatdiwujudkandalamsebuahmodulpembelajaranyangdisebutmultimediapembelajaranataupembelajarandenganmultimedia.Dalamkontekspembelajarandenganmultimediaberbantuankomputerterdapatduahalutamayangperludiperhatikanagarpembelajaranberjalanefektifbagaimanakonten/informasidipresentasikandanapapreferensicarapebelajardalammenerimadanmemprosesinformasimenjadipengetahuanyangbermakna.Yangpertamaberhubungandengantipevisualisasikonten/informasi(statisatauanimasi)danbagaimanamanusiabelajar.Pilihantipevisualisasikonten/informasitersebutdapatmempengaruhiproseskognitifpebelajardanselanjutnyadapatmempengaruhihasilbelajarnya.Pengaruhtersebutbisaterjadikarenaterbatasnyakapasitasmemorisensori(berhubungandengansaluraninformasimasuksecaravisual/audiomelaluipenglihatan/pendengaran)danmemorikerjapebelajardalammemprosesinformasimenjadipengetahuanyangbermakna.Yangkeduaberhubungandengangayabelajarpebelajar.Keefektifanpembelajarandenganmultimediatergantungpadasejauhmanagayabelajarpebelajardiakomodasidalamstrategipembelajarannya.Penelitianinibertujuanmenyelidikipengaruhtipevisualisasipadastrategipresentasimultimediapembelajaranberbantuankomputerdangayabelajarterhadapkemampuanmahasiswadalampenerapankonsepdanprosedurpemodelanberorientasi-objek.Tipevisualisasipadastrategipresentasimultimedianyabertindaksebagaivariabelindependendenganduaperlakuanyaituvisualisasistatisdanvisualisasianimasi.Gayabelajarmahasiswa(visualvsverbal)bertindaksebagaivariabelmoderator.StrategipembelajarannyamengikutiMerril(ComponentDisplayTheory)danformatpresentasimultimedianyamengikutiMayerdanMoreno(SevenPrinciplesofMultimediaLearning).PembelajarandenganmultimediaberbantuankomputerdilakukandikelasdengansubjekpenelitiannyaadalahmahasiswaSTMIKSTIKOMBalisemesterempattahunakademik2011-2012.DesaineksperimennyamenggunakanrancanganfaktorialmultivariatManova2x2denganbesarsampel164mahasiswatersebarkedalam6kelas.Berdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkanbahwahasilbelajar(kemampuanpenerapankonsepdanprosedurpemodelanberorientasi-objek)mahasiswayangmenerimamultimediapembelajarandenganpresentasivisualisasianimasilebihungguldibandingdenganmahasiswayangmenerimamultimediapembelajarandenganpresentasivisualisasistatisapapungayabelajaryangdimilikimahasiswa(visual/verbal).Berkenaandenganhasilpenelitianterdapatbeberapasaranyangdapatdisampaikanyaitu(1)padapembelajarandenganmultimediainteraktif(kendalipebelajar)presentasikonten/informasiyangbertipeprosedur(termasukkonsep-konsepsubordinatnya)sebaiknyadivisualisasikansecaraanimasiagarpebelajardapatmengelolabebankognitifnyasaatmelakukanprosesbelajar.Adapunpresentasikonten/informasiyangbertipefakta/konsepgunaefisiensisebaiknyacukupdivisualisasikansecarastatisdan(2)dalampengembanganmultimediapembelajaraninteraktifuntukinformasiyangbersifatkonseptual/proseduralpresentasisimbol/gambar/tabel/diagram/animasi(tipeinformasiyangdisukaipebelajaryangmemilikigayabelajarvisual)sebaiknyadisertakansecaraekstensifselainteks/narasi/sound(tipeinformasiyangdisukaipebelajaryangmemilikigayabelajarverbal).