Pengaruh strategi scaffolding-kooperatif dan pengetahuan awal terhadap prestasi belajar dan sikap pada mata pelajaran fisika dasar / Supriyono Koes H.
Main Author: | Koes H., Supriyono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63584/ |
Daftar Isi:
- ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.IWayanArdhanaM.A.(II)Prof.Dr.PunajiSetyosariM.PdM.Ed.(III)Prof.Dr.M.Dimyati.KatakunciscaffoldingkooperatifprestasibelajarsikapfisikadasarDuapuluhtahunterakhirpopularitascaramemfasilitasibelajarmelaluimetodesosialtelahtumbuhluarbiasa.Metodesemacaminidikembangkanberdasarkanteoribelajarkonstruktivistsosial.Strategiscaffolding-kooperatifyangmerupakansalahsatustrategipendampingankognitifmenggunakanmodelmaganguntukmendukungbelajardalamranahkognitif.Strategiscaffolding-kooperatifmerupakanstrategipembelajaranyangberupayameningkatkanbelajarmelaluiinteraksisosialdenganmelibatkannegosiasiisipemahamandankebutuhanpebelajar.PenelitianinibermaksuduntukmengkajiseberapajauhkesesuaianstrategipembelajaraniniuntukperkuliahanFisikaDasardiperguruantinggi.Tujuanutamapenelitianiniadalahuntukmengkajipengaruhstrategiscaffolding-kooperatifdanpengetahuanawalterhadapprestasibelajardansikappadamatakuliahfisikadasar.Strategiscaffolding-kooperatifyangditerapkandalampenelitianiniterdiriatasempattahapdenganurutantahappresentasitahapstudikelompoktahappengetesandantahappenghargaan.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimenkuasidenganrancanganfaktorial.SubjekpenelitianadalahmahasiswafisikadasarJurusanFisikaUMyangterdiridarienamkelaspadatahunakademik2011/2012.Sampelpenelitianberjumlah117mahasiswayangberasaldaritigakelasyangdiambilsecaraacakdenganteknikclusterrandomsampling.InstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahTesPengetahuanAwalTesPrestasiBelajaryangberbentukpilihangandadanuraiansertaSkalaSikappadaMatakuliahFisikaDasar.Datayangdikumpulkandiolahsecarastatistikinferensialdenganmenggunakanteknikmanovaduajalur2x3.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)AdaperbedaanprestasibelajarfisikaantaramahasiswayangdiajardenganstrategiS-KS-LdanL2)Adaperbedaanprestasibelajarfisikaantaramahasiswadenganpengetahuanawaltinggidanrendah3)TidakadapengaruhinteraksiantarastrategiS-KS-LdanLdanpengetahuanawalfisikamahasiswaterhadapprestasibelajar4)AdaperbedaansikappadamatakuliahfisikadasarantaramahasiswayangdiajardenganstrategiS-KS-LdanL5)Adaperbedaansikappadamatakuliahfisikadasarantaramahasiswadenganpengetahuanawaltinggidanrendah6)TidakadapengaruhinteraksiantarastrategiS-KS-LdanLdanpengetahuanawalfisikamahasiswaterhadapsikappadamatakuliahfisikadasar.Strategiscaffolding-kooperatifmemfasilitasimahasiswadalamkelompokberinteraksidengansebayanyamelaluidialogsehinggamahasiswamembangunpengetahuanbersamamelaluiprosesbantuanscaffoldingolehtemansebaya.Carasemacaminidapatmembantumahasiswauntukmenghubungkanpengetahuanbarudenganpengetahuanawalnyasehinggamenjadikanmahasiswalebihmemahamimateriperkuliahan.Strategiscaffolding-kooperatifjugamembangunkerjasamaantaranggotakelompokdanperasaanterbantumelaluipembelajaran.Mahasiswamemperolehpengalamanpersonallangsungyangberulang-ulangmengesankan.Keadaansemacaminiberpengaruhterhadapsikapmahasiswapadamatakuliahfisikadasar.Selainitupengetahuanawalsecaralangsungmemfasilitasiprosesbelajarsecaratidaklangsungmengoptimalkankejelasanmateriajardanpenggunaanwaktubelajarsehinggadapatmengarahpadahasilbelajarlebihbaik.Beberapasarandikemukakanberkenaandenganhasilpenelitianini.PertamaparadosenmatakuliahFisikaDasardisarankanuntukmenggunakanstrategipembelajaranscaffolding-kooperatifataustrategiscaffolding-langsungkarenatebuktikeduastrategipembelajarantersebutmemberikanprestasibelajardansikappadamatakuliahfisikadasaryanglebihbaikdibandingkanstrategipembelajaranlangsung.KeduapembelajaranmatakuliahFisikaDasarhendaknyatidakdilakukandenganpolapembelajaranlangsungsajamelainkandenganpola-polapembelajaranyangmemungkinkanmahasiswamemperolehbantuandanbekerjasamauntukmencapaiprestasibelajaryanglebihtinggi.KetigaJurusanFisikahendaknyamelakukanpengukuranpengetahuanawalterhadapmahasiswabarusehinggadapatdiketahuikarakteristikmereka.Denganmengetahuitingkatpengetahuanawalmahasiswastrategipembelajaranyangtepatyaitustrategipembelajaranyangefektifuntukmeningkatkanprestasibelajarnyadapatdipilih.Keempatdisarankanuntukmelakukanpenelitianlanjutanterkaitdenganpenggunaanscaffoldtertulisdalammodelpembelajaranhibrid.