Pengaruh penerapan strategi pembelajaran problem based learning vs ekspositori berbantuan multimedia interaktif, dan gaya belajar terhadap hasil belajar fiqih dan retensi mahasiswa / Rahmawati Baharudin

Main Author: Baharudin, Rahmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/63582/
Daftar Isi:
  • KataKuncistrategiproblembasedlearningstrategiekspositorimultimediainteraktifgayabelajarhasilbelajarretensibelajar.Pemilihanstrategipembelajaranyangdisesuaikandengankarakteristiksiswasertamateriyangakandiberikanmasihmenjadikajianyangterusberkembang.Halinidapatdipahamikarenapembelajaranmerupakansuatukegiatanyangdinamisyangsenantiasamengikutiperkembangandankemajuanteknologipadazamannya.Bilasebuahstrategidilaksanakandenganberbantuanmediamakaperludiperhatikanbeberaparambu-rambuyangmendukungterhadappencapaianhasilbelajar.Halinidisebabkanolehkualitasinteraksidalampembelajaranyangselainditentukanolehkecocokanantarakarakteristikisipesandengankarakteristikmediajugadipengaruhiolehkecocokanantarakarakteristikformatpesanmediadenganstrategiyangdipilih.Ketikapembelajaranbermultimediadipandangsebagaiupayamembelajarkansiswamakakognitifsiswaberperanaktifmengkodedanmemprosesinformasisecaraspesifiksesuaidengankeadaansiswayangbersangkutan.Karenaitustrategipembelajaranyangcocokdengankarakteristikspesifikpebelajaruntukmeningkatkanhasilbelajarsertaretensibelajarmerupakanisupentingdalampembelajaranmultimediakhususnyamultimediainteraktif.Tujuanpenelitianadalahuntukmenguji(1)perbedaanskorreratahasilbelajarfiqihdanretensibelajarmahasiswaantarapembelajaranyangmenggunakanstrategiproblem-basedlearningdanekspositoriberbantuanmultimediainteraktif(2)perbedaanhasilbelajardanretensibelajarantaramahasiswayangmemilikigayabelajarverbaldangayabelajarvisual(3)pengaruhinteraksiantarastrategipembelajaranyangmenggunakanstrategiproblem-basedlearningdanstrategiekspositoriberbantuanmultimediainteraktifdangayabelajar(verbaldanvisual)terhadaphasilbelajardanretensibelajarmahasiswa.Adapunjenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakandesaineksperimensemu(quasiexperimentaldesign).Secarakhususpenelitianinimenggunakanrancangankelompokkontrolyangtidakekuivalendalamversifaktorial2x2pretest-posttestnonequivalentcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahmahasiswafakultasSyariahjurusanAhwalSyakhshiyahUniversitasIslamNegeriMaulanaMalikIbrahimMalang.SamplepenelitiandiambildarimahasiswasemesterIItahunakademik2010/2011sejumlahempatkelas.Jumlahmahasiswayangaktifmengikutipenelitiansampaiakhiradalah65orangdanjumlahmahasiswi54orang.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)reratascorehasilbelajarfiqihmawarisantarayangbelajarmenggunakanstrategiproblem-basedlearningberbantuanmultimediainteraktifdenganyangbelajarmenggunakanstrategiekspositoriyangjugaberbantuanmultimediainteraktifmenunjukanhasilyangberbeda.(2)Hasilbelajarfiqihmahasiswaantarayangmemilikigayabelajarvisualdenganyangmemilkigayabelajarverbalmenunjukanadanyaperbedaan.(3)Penerapanstrategiproblem-basedlearningberbantuanmultimediamaupundenganstrategiekspositoridangayabelajarmenunjukanadanyapengaruhinteraksiterhadaphasilbelajar.(4)Retensibelajarfiqihmawarismahasiswaantarayangbelajarmemanfaatkanmultimediainteraktifdalamstrategiproblem-basedlearningdenganyangbelajarmemanfaatkanmultimediainteraktifdalamstrategiekspositorimenunjukanhasilyangtidakberbeda.(5)Retensibelajarfiqihmahasiswaantarayangmemilikigayabelajarvisualdenganyangmemilikigayabelajarverbalmenunjukantidakadanyaperbedaan.(6)Penerapanstrategiproblem-basedlearningberbantuanmultimediamaupundenganstrategiekspositoridangayabelajarmenunjukantidakadanyapengaruhinteraksiterhadapretensibelajar.Statistikdeskriptifmenunjukanbahwa(1)penerapanstrategiproblem-basedlearningberbantuanmultimediainteraktiflebihefektifmeningkatkanhasilbelajardaripadaretensibelajarmahasiswa(2)mahasiswadengangayabelajarvisualmenunjukkanhasilbelajardanretensibelajaryanglebihtinggidarimahasiswayangmemilkigayabelajarverbalmeskipunsama-samaberbantuanmultimediainteraktif.Berdasarkanhasiltemuanpenelitiandosendisarankanuntukmenerapkanstrategiproblem-basedlearningdalampembelajaranmawaristerutamaberbantuanmultimediakarenamelaluistrategiinidapatmeningkatkanpemahamandandayaberpikirkritismahasiswadalammenyelesaikanmasalah-masalahmawaris.Disampingitumahasiswamenjaditerlatihdanmemilikiketerampilandalammengemukakangagasanbaiksecaraverbalmaupunvisual.Perbedaangayabelajarmahasiswaperlumenjadipertimbangandosenkarenahaltersebutmemilikipengaruhyangsignifikandalamperolehanhasilbelajardanretensibelajarberbantuanmultimedia.