Pengaruh interaktif strategi pembelajaran blended (blended learning) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Mahasiswa TEP FIP UM / Sihkabuden

Main Author: Sihkabuden
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/63576/
Daftar Isi:
  • Disertasi.ProgramStudiTeknologiPembelajaranProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.PembimbingIProf.Dr.H.MohammadDimyatiPembimbingIIProf.Dr.INyomanSudanaDegengM.PdPembimbingIIIProf.Dr.H.PunajiSetyosariM.PdM.EdKatakunciPembelajaranBlended(BlendedLearning)MotivasiBerprestasidanHasilBelajar.PembelajaranBlended(BlendedLearning)menurutPannen(2005)merupakankombinasimodelpembelajaranyangmenggunakanpertemuantatapmukadanon-linesystem.PemanfaatansumberbelajarberbasisWebsecarakuantitatifsebesar70%.Haliniberartidalamprosespembelajaranmahasiswaakanlebihbanyakbelajarsecarakolaboratifdanmandiridenganmemanfaatkanweb.Secarakuantitatifsebesar30%sisanyaadalahtatapmukaberupapenjelasansistemdanrefleksiperkuliahan.MetodepembelajaranblendedberbasisWebpadamatakuliahMediaPembelajaranadalahmetodepembelajaranmemadukanpembelajarantatapmukadenganpengembanganpembelajaranberbasisweb.SebuahmetodeyangdianggapmampumengaktifkanataumemancingmahasiswasesuaidengankompetensiyangingindicapaikarakteristikmatakuliahkarakteristikmahasiswasertasaranadanprasaranabaikWebmaupuntatapmukaagardapatberinteraksisecaramaksimal.Rumusanmasalahdalampenelitianiniialah(1)apakahadaperbedaanreratahasilbelajarmahasiswaantarayangbelajarmelaluipembelajaranberbasisWebdenganyangbelajarsecaratatapmuka(2)apakahadapebedaanreratahasilbelajarmahasiswapadamahasiswadengantingkatmotivasiberprestasiyangberbeda(3)apakahadainteraksiantarastrategipembelajarandanmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajarmahasiswaTujuanpenelitianiniadalah(1)untukmengujiadatidaknyaperbedaanhasilbelajarmahasiswaantarapembelajaranberbasisWeb(BlendedLearning)denganperkuliahantatapmuka(2)untukmengujiadatidaknyaperbedaanreratahasilbelajarmahasiswapadamahasiswadengantingkatmotivasiberprestasiyangberbeda(3)untukmengujiadatidaknyainteraksiantarastrategipembelajarandantingkatmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajarmahasiswa.Adapunhipotesispenelitiandirumuskansebagaiberikut(1)terdapatperbedaanreratahasilbelajarmahasiswaantarayangbelajarmelaluipembelajaranberbasisWeb(BlendedLearning)denganyangbelajarmelaluiperkuliahantatapmuka(2)terdapatperbedaanreratahasilbelajarmahasiswapadamahasiswadengantingkatmotivasiberprestasitinggidanpadamahasiswadengantingkatmotivasiberprestasirendah(3)terdapatinteraksiantarastrategipembelajarandantingkatmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajarmahasiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimenkuasidengandesainfaktorial2x2dengansubyekpenelitianmahasiswaS1ProgramStudiTeknologiPendidikanFIPUMangkatan2010yangmengikutimatakuliahMediaPembelajaran.AdapunteknikanalisisdatauntukmengujihipotesisadalahdenganANOVAduaiiijalandenganbantuananalisisstatistikSPSSrelease14.00forWindows.Hasilnyapenelitianmemperlihatkanbahwa(1)tidakterdapatperbedaanyangsignifikanhasilbelajarantarakelaseksperimen(PembelajaranBerbasisWeb)dengankelaskontrolpembelajarantatapmuka/ceramahdenganbantuanpowerpoint(2)tidakterdapatperbedaansignifikanreratahasilbelajarmahasiswapadamahasiswadengantingkatmotivasiberprestasitinggidanpadamahasiswadengantingkatmotivasiberprestasirendah(3)tidakterjadipengaruhinteraktifantarastrategipembelajarandanmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajarmahasiswa.PenerapanpembelajarandenganPembelajaranBerbasisWeb(BlendedLearning)maupuntatapmukadenganCeramahberbantuanSlidePowerPoint(FFLFacetoFaceLearning)akanmemberikanhasilyanglebihbaikpadapebelajardenganmotivasiberprestasitinggi.Disarankanagardikembangkanstrategiinteraksidapatmemberikanberagamalternatifalurbelajarbagimahasiswasehinggasatubabakpembelajarandapatdipelajarimahasiswamelaluiberagamalur.Halinisesuaidenganprinsipfleksibilitasdalampembelajaranberbasisweb.Strategiinteraksibaikdenganmediamaupunsumberbelajardalampengembanganpembelajaranblendeddapatberupa(1)Tanyajawab(QA)(2)Forumdiskusi(3)Kegiatanmahasiswabersama(telecollaboration)dalambentukkuliahbersamamelaluitelekonferensimengerjakanproyekataupenelitianbersama(4)Project/problembasedlearning(5)Simulations(6)Penelusuraninternet(7)Diskusidengannarasumberahlimelaluiinternet(8)Studikasus(9)Contohdananalogi(10)Informasiaudiovisual(videoaudiodanlain-lain.)(11)Game(12)Latihanberjenjangyangmakinlamamakinsukar(13)Membuatrangkuman.