Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori terhadap hasil belajar sosiologi pada siswa SMA yang memiliki tingkat motivasi berprestasi dan kreativitas berbeda / Sujarwo
Main Author: | Sujarwo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63571/ |
Daftar Isi:
- JurusanTeknologipembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Prof.Dr.I.WayanArdhanaM.A(II)BapakProf.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd.dan(III)Prof.Dr.H.PunadjiSetyosariM.PdM.EdKataKunciStrategiPembelajaranInkuiriTerbimbingEkspositoriMotivasiBerprestasiKreativitasHasilBelajarPembelajaransosiologidisekolahmenengahatasmasihmenekankanpadakemampuankognitifkhususnyakemampuanmengingat/menghafalsedangkandimensikognitifyanglebihtinggitingkatnnya(pemahamanaplikasianalisisdanevaluasi)belumdikembangkansecaraoptimal.Pencapaianhasilbelajarnyajugamasihtergolongrendah.StrategipembelajaranyangditerapkanolehgurumasihmenggunakanekspositoriPembelajaranlebihmenekankanpadaupayapemindahaninformasidarigurukepadasiswa.Siswahanyasebagaiobyekpenerimamaterisehinggakesempatanuntukterlibatsecaraaktifdalampembelajaransangatterbatas.Untukmencapaitujuanpembelajaranyangidealharusadaupayauntukmemecahkanpermasalahan-permasalahandiatas.Salahsatuupayauntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenerapkanstrategipembelajaraninkuiriterbimbing.Strategipembelajaraninkuiriterbimbingmenfasilitasiketerlibatanaktifsiswamencarimengumpulkaninformasidanmenemukanjawabanterhadappermasalahanyangdipelajaridenganmengikutipetunjukkegiatanyangdirancangolehguruberupapertanyaan-pertanyaanyangjawabannyamengarahpadatujuanpembelajaran.Selainfaktorstrategipembelajaranmasihbanyakfaktorlainyangjugamempengaruhipencapaianhasilbelajar.Salahsatufaktortersebutadalahkarakteristiksiswa.Diantarabeberapakarakteristiksiswatersebutyangdipilihdandidugamempengaruhihubunganstrategipembelajaranterhadaphasilbelajaradalahmotivasiberprestasidankreativitassiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengujipengaruhstrategipembelajaran(inkuiriterbimbingdanekspositori)tingkatmotivasiberprestasidantingkatkreativitasterhadaphasilbelajarmatapelajaransosiologi.Dengandemikiantujuanpenelitianiniadalahmenentukanpengaruhutama(maineffect)danpengaruhinteraksi(interactioneffect)variabelperlakuandanmoderatorterhadaphasilbelajarsosiologi.Untukmencapaitujuanpenelitiantersebutdilakukanpenelitiankuasieksperimen.Penelitiankuasieksperimeninimenggunakandesainfaktorialversinon-equivalentcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXI.IPSdiSMAN6danSMAN7kotaSurakartapadatahunpembelajaran2010/2011yangberjumlah318siswa(9kelas).Sampelyangterpilihberjumlah141siswa.yangterdiridarisiswakelasXI.IPS1danXI.IPS3SMAN6kotaSurakartadansiswakelasXI.IPS1danXI.IPS2SMAN7kotaSurakarta.Pemilihansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsampling.Datadikumpulkandenganteshasilbelajardalambentukuraianangketmotivasiberprestasidanteskreativitasverbal.Datayangterkumpuldiolahsecarastatistikdenganmenggunakanteknikanalisisvarians(anava)tigajalurdenganmenggunakantarafsignifikansi005.Hasilpenelitianinimenunjukanbahwa(1)adaperbedaanhasilbelajarsosiologiantarakelompoksiswayangdiajardenganstrategipembelajaraninkuiriterbimbingdanekspositori(2)adaperbedaanhasilbelajarsosiologiantarakelompoksiswayangmemilikimotivasiberprestasitinggidanmotivasiberprestasirendah(3)adaperbedaanhasilbelajarsosiologiantarakelompoksiswayangmemilikikreativitastinggidanrendah(4)tidakadapengaruhinteraksiantarastrategipembelajaran(inkuiriterbimbingdanekspositori)dantingkatmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajarsosiologi(5)adapengaruhinteraksiantarastrategipembelajaran(inkuiriterbimbingdanekspositori)dantingkatkreativitasterhadaphasilbelajarsosiologi(6)tidakadapengaruhinteraksiantaratingkatmotivasiberprestasidantingkatkreativitassiswaterhadaphasilbelajarsosiologi(7)tidakadapengaruhinteraksiantarastrategipembelajaran(inkuiriterbimbingdanekspositori)tingkatmotivasiberprestasidantingkatkreativitassiswaterhadaphasilbelajarsosiologi.Hasilstatistikdeskriptifmenunjukanbahwahasilpenerapanstartegipembelajaraninkuiriterbimbing(rerata7336)memberikanpengaruhlebihtinggidibandingkandenganhasilstrategipembelajaranekspositori(rerata6772).Berdasarkantemuanpenelitiandisarankansebagaiberikut1)penerapanstrategipembalajaraninkuiriterbimbingperludilengkapiperangkatpembelajaransecaraterprogramdenganmemperhatikankarakteristiksiswa(motivasiberprestasidankreativitas)sehinggapembelajarandenganpencariandanpenemuaninformasidalampemecahanmasalahdapatdilakukansiswadenganlancar2)memilihpermasalahanyangsesuaidengantujuanpembelajarandanmudahdipahamisiswadan3)guruperlumemahamiperbedaankepribadiankarakteristikdanidentitassiswakemampuansiswaagardalamprosespembelajaransesuaidengankebutuhandanpotensisiswa.