Pengaruh musik dan gaya belajar terhadap hasil belajar puisi mata pelejaran bahasa indonesia siswa kelas X SMA BAKTI Ponorogo
Main Author: | Pramono, Agung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63556/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPramonoAgung.2009.PengaruhMusikdanGayaBelajarterhadapHasilBelajarPuisiMatapelajaranBahasaIndonesiaSiswaKelasXSmaBaktiPonorogo.DisertasiProgramStudiTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing1.Prof.Dr.H.M.Dimyati2.Prof.Dr.IWayanArdhanaM.A.3.Prof.Dr.INyomanS.DegengM.Pd.KatakuncimusikgayabelajarhasilbelajarpuisiPembelajaranmerupakanprosespengembangansikapdankepribadiansiswamelaluiberbagaitahapdanpengalaman.Dalampencapaiansasaranmemerlukanmetodedanmediasebagaialatuntukmenjelaskanpokokbahasandalampengembangansikapdankepribadiansiswatersebut.Metodeyangdigunakanharuslahsesuaidenganpokokbahasanyangdiajarkan.Gurubisamelakukankombinasimetodedanmelengkapidenganmediatertentutermasukdidalamnyamusik.Musikmerupakanbahasayanguniversal.Musikmerupakanbahasayangmelintasibatas-batasusiajeniskelaminrasagamadankebangsaan.Musikmunculdisemuatingkatpendapatankelassosialprestasipendidkan.Denganmultimodalstimulusyangdimilikimusikmakamusikmudahditerimaolehinderapendengaransetiaporang.Dengandemikianmusikmampumemberikanmotivasibagisiswadalamprosespembelajaran.Setiapsiswamempunyaigayabelajaryangberbeda.Terdapattigamodalitasgayabelajaryaituauditorikinestetikdanvisual.Berdasarkanjenisgayabelajaryangdimilikiolehsiswapenelitiakanmembandingkanpengaruhdarikeduajenismusikpadaketigagayabelajardalampencapaianhasilbelajarpuisisiswa.Halinidilakukanuntukmengetahuisejauhmanamusikdangayabelajarmampumempengaruhihasilpembelajaranpuisi.PenelitianinimelibatkankelompoksiswakelasXSMABaktiPonorogoyangterpilihsecararandomdarienamkelasyangseimbang.DarienamkelasterpilihsecararandomduakelasperlakuanyaitukelasX1sabagaikelasperlakuanmusiklagudankelasX4sebagaikelasperlakuanmusikinstrumentalSebelumpelaksanaaneksperimenterlebihduludilakukantesuntukmenentukangayabelajarsetiapsiswabaikdikelasX1maupunkelasX4.ModeltesgayabelajaryangdipakaimengacupadainstrumenyangdibuatolehBobbidePorter.Sejalandenganhipotesispenelitianinimenggunakandesaineksperimenkuasidenganrancanganpretes-postesnonequivalentcontrolgroupdesain.Selainmengujiperbedaandalampenelitianpenelitianinijugaberusahamengungkapkanadanyahubungansebabakibatdarisatuperlakuanterhadaphasilbelajar.Analisisvarianyangdigunakandalampenelitianinidapatdijelaskandengandesainfaktorial2x3.Desainfaktorialinidiartikansebagaistrukturpenelitianyangdidalamnyaterdapatduavariabelbebasataulebihyangdiperhadapkanuntukmengujiakibat-akibatyangmandiriyanginteraktifterhadapvariabelbebas.Penelitianmenunjukkanadanyaperbedaanyangsignifikanantarasiswayangdiajardenganmediamusikinstrumentaldanlagu.Padaanalisisujibedagayabelajarterhadaphasilbelajarternyataterdapatperbedaanyangsignifikan.HipotesismengenaiadanyaperbedaanprestasibelajarsiswayangdiajardenganlagudanyangdiajardenganmusikinstrumentalmenunjukkannilaiFhitung82641Ftabel401dengantarafsignifikankurangdari005.MengenaiperbedaanhasilbelajarpuisisiswadengangayabelajaryangberbedaUjihiipotesismenunjukkannilaiFhitung13974Ftabel401dengantarafsignifikankurangdari005(pFtabel401dengantarafsignifikankurangdari005(p