Strategi pembelajaran mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada SMA di Kota Makassar / Pattaufi

Main Author: Pattaufi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/63551/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPattaufi2009.StrategiPembelajaranMataPelajaranTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)padaSMAdikotaMakassar.DisertasiprogramstudiTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.M.Dimyati(II)Prof.Dr.H.PunadjiS.M.Ed.M.Pd.dan(III)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd.KataKunciStrategipembelajaranstrategipenyampaianstrategipengelolaanTeknologiInformasidanKomunikasi.Strategipembelajaranmerupakanbagianpentingdaritindakanpembelajaran.Penggunaanstrategipembelajaranyangtepatdanoptimalakandapatmendorongprakarsadanmemudahkanbelajarsiswa.Olehkarenaitukajiantentangstrategipembelajarandanimplementasinyamerupakankebutuhanyangamatmendesakuntukdilakukan.Titikawalupayainidiletakkanpadaperbaikanprosespembelajaranataupadavariabelmetodepengajaranyangdiklasifikasimenjadistrategipengorganisasian(organizationstrategy)strategipenyampaian(Deliverystrategy)danstrategipengelolaan(Managementstrategy).Strategipengorganisasianmengacupadasuatutindakansepertipemilihanisipenataanisidanpembuatandiagramformatdanlainnya.Strategipenyampaianadalahmetodeuntukmenyampaikanpengajarankepadasiswadanatauuntukmenerimamasukandarisiswa.Strategipengelolaanmerupakanmetodeuntukmenatainteraksiantarasiswadenganvariabelmetodelainnya.MasalahumumpenelitianiniadalahbagaimanakahstrategipembelajaranmatapelajaranTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)dilaksanakandiSMANegeri1SMANegeri2SMANegeri11danSMANegeri14kotaMakassar.Secarakhususmasalahpenelitianinidifokuskanpadaempathalyaitu(1)BagaimanastrategipenyampaianpembelajaranmatapelajaranTIKpadaSMAdikotaMakassar(2)BagaimanastrategipengelolaanpembelajaranmatapelajaranTIKpadaSMAdikotaMakassar.(3)Faktor-faktorapasajayangmempengaruhipelaksanaanstrategipenyampaiandanstrategipengelolaanpembelajaranpadamatapelajaranTIKpadaSMAdikotaMakassar(4)BagaimanagambaranpenerapanTIKolehsiswadalamkehidupansehari-hari.Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifdenganmengunakanpendekatanfenomenologisdenganrancanganstudimultisitus.Sesuaidenganpendekatanfenomenologispenelitianinimenggunakantigajenisreduksidatayaitureduksifenomenologisreduksieiditisdanreduksitransendental.PendekataninidigunakankarenapenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanstrukturuniversaldaristrategipembelajarangurumatapelajaranTIKbukanuntukmemberikangambaranumumtentangduniaobjektif.Dengandemikianpenelitianiniberusahamencaridanmenemukangejala-gejalaatauhal-halapasajayangnampaksertamencarimaknadariapayangnampakdalamstrategipembelajaranmatapelajaranTIKdisetiapsitus.Datapenelitianinidipilahmenjadiduakelompokyaitu(1)bentukperilakusosialdaninteraksisosialsebagaiakibatdariaktivitasgurudalampenerapanstrategipenyampaian(pemanfaatanmediapembelajaraninteraksisiswadenganmediapembelajaranbentuk/strukturpembelajaran)danstrategipengelolaanpembelajaran(penjadualanpenggunaanstrategipembelajaranpembuatancatatankemajuanbelajarsiswapengelolaanmotivasionaldankontrolbelajar)dalamprosespembelajaranmatapelajaranTIKdiSMANegeri1SMANegeri2SMANegeri11danSMANegeri14kotaMakassar.Data-datatentangfaktoryangmempengaruhidalamstrategipembelajaranmatapelajaranTIKdiSMAjugamasukdalamkelompokini.(2)Datatentangaksiperilakusosialmeliputi(a)tanggapanbaliksiswadenganpenerapanstrategipembelajaran(b)reaksisiswadengantugasyangdiberikanguru.Keduajenisdatatersebutdiperolehpenelitimelaluiobservasiyangdituangkandalamcatatanlapanganwawancaramendalamdandokumentasidan(c)datatentangpenerapanTIKolehsiswadalamkehidupansehari-haridiperolehmelaluiangket.Analisisdatayangdilakukanadaduamacamyaituanalisissitusdananalisisantarsitus.Analisisdatasitusdidalampenelitianinidimaksudkansebagaianalisadataterhadapsetiapsekolahyangdijadikansituspenelitian.Penganalisisandatanyadilakukansejakataubersamaandenganpengumpulandatanya.Penganalisisannyameliputikegiatan-kegiatan(1)penyusunanpaparandatatentangtipologisekolahpadamasing-masingsituspenelitian(2)menganalisisdatadarisetiapsituspenelitianyangdidasarkanpadahasilobservasiangketwawancaradandokumentasiuntukmasing-masingrumusanmasalah(3)menganalisisdanmembahassertamengelompokkandatadarimasing-masingsitus(4)membahastemuanyangadapadamasing-masingsitus.Sedangkananalisisdataantarsitusdilakukandengan7tahapan.Hasilpenelitianinimenunjukkan(1)PemanfaatanmediapembelajarandalamprosespenyampaianpembelajaranmatapelajaranTIK(gurupesanbahanalatteknikdanlatar)dikeempatsitustertelititampaksangatmembantuprosespencapaiantujuanpembelajaran.(2)PengelolaanmotivasionaldilakukandengancaramemberikanpenilaiansecaralangsungmemberikankebebasanuntukmengaksesinternetmemberikanbimbingansecaraindividualmemanfaatkansoftwarePowerPointdanmemberikanpenghargaanterhadapkegiatanpositifyangdilakukanolehsiswa.DalamprosespembelajaranTIKkontrolbelajaryangdilakukanguruadalahdengancaramengaktifkansemuasiswadalammengerjakantugas-tugaspraktekyangdiberikanmendampingisiswapadasaatprosespembelajaranberlangsungdanmemanfaatkansoftwareNetOpSchool/NetSupportSchool.(3)FaktorinternalyangmempengaruhistrategipembelajarandarisisiguruadalahketerbatasankemampuandanketerampilangurudalambidangTIKminatdanmotivasigurudalammengajarmatapelajaranTIK.DarisisisiswaadalahkemampuanmotivasidanminatsiswayangsangatbervariasidalammengikutiprosespembelajaranmatapelajaranTIK.SementarafaktoreksternalyangmempengaruhistrategipembelajaranadalahfasilitaslaboratoriumyangadapadasetiapsekolahsertakarakteristikmatapelajaranTIKyanglebihbanyakpraktek.(4)SebagianbesarsiswaSMAdikotaMakassartelahmenerapkanmatapelajaranTIKdalamkehidupansehari-hari.Penerapanitudilakukanuntukkepentinganhiburanmaupunkepentinganmatapelajaranlain.TemuanpenelitianinidiharapkandapatdijadikansalahsatureferensiuntukmengembangkanstrategipembelajaranmatapelajaranTIKdimasa-masayangakandatang.Denganstrategipembelajaranyangdirencanakanditerapkandandilaksanakansecarabaikmakapencapaiantujuanpembelajarandapattercapaisecaraoptimal.