Pengaruh strategi pembelajaran (kooperatif model learning together dan langsung) terhadap pemahaman konseptual dan algoritmik kimia pada siswa SMA dengan kemampuan matematika berbeda / Muntari
Main Author: | Muntari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63550/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMuntari.2009.PengaruhStrategiPembelajaran(KooperatifModelLearningTogetherdanLangsung)terhadapPemahamanKonseptualdanAlgoritmikKimiapadaSiswaSMAdenganKemampuanMatematikaBerbeda.DisertasiProgramStudiSetingkatJurusanTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WayanArdhanaM.A(II)Prof.Dr.H.M.Dimyatidan(III)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd.Katakuncipembelajarankooperatifpembelajaranlangsungkemampuanmatematikateknikpathwaypemahamankonseptualpemahamanalgoritmik.StrategipembelajarankimiayangditerapkangurudiSMAsampaisaatinibelumbanyakmembantusiswadalammeningkatkanpemahamankimiasiswabaikyangbersifatkonseptualmaupunalgoritmik.Strategipembelajarankonvensionalyangselamainidijalankanlebihbanyakdikembangkandariparadigmabahwakeberhasilansiswalebihmerujukpadakompetisidanprosesbelajarmasihlebihbersifatindividualdaripadakolaborasi.Pembelajaranpemecahanmasalahkimiadisekolahmenengahyangdicermatimelaluipendapatparaahlidandidukungdenganhasil-hasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategipembelajaranpemecahanmasalahkimiamasihberkutatpadacarabelajardenganmenghafaldanlatihan-latihansoal.Prosespembelajarandisekolah-sekolahmenengahmasihberorientasipadatargetpencapaianmateriyangditetapkankurikulum.Kemampuanmatematikasiswadiindikasikansebagaisalahsatupenyebabkurangberhasilnyasiswadalammenyelesaikanmasalahkimia.SebagaimanadiungkapkanolehTobias(dalamNakhleh1993)banyaksiswagagaldalammemecahkanmasalahkimiayangterkaitdenganhitungan-kimiabukankarenalemahdalampemahamankonseptualakantetapididugalemahdalammelakukanoperasimatematika.Kegagalansiswadalampemecahanmasalahkimiadiindikasikandisebabkanpulaolehkurangmampunyasiswamenghubungkankonsep-konsepkimiasebelumnyadenganmasalahkimiayangdihadapi.PenerapanstrategipembelajarankooperatifmodelLearningTogether(LT)didugadapatmeningkatkankemampuansiswadalampemecahanmasalahkimiadengancaramenggalidanmenghubungkanpengetahuansiswauntukmemecahkanmasalahkimiayangdihadapisecarakolaboratif.Penelitianbertujuanuntukmenguji(1)pengaruhpenerapanstrategipembelajaranyangdilakukansecarakooperatifmodelLTdanmelaluipembelajaranlangsungterhadappemahamankonseptualdanalgoritmiksiswa(2)pengaruhkemampuanmatematikasiswaterhadappemahamankonseptualdanalgoritmiksiswadan(3)pengaruhinteraktifantarapenerapanstrategipembelajarandankemampuanmatematikasiswaterhadappemahamankonseptualdanalgoritmiksiswaSMA.Penelitianmenerapkaneksperimensemu(quasiexperiment)dimanarancanganpretest-posttestnonequivalentcontrolgroupdigunakandenganteknikpengukuranduafaktorversi2x2.Subjekpenelitianyangdilibatkansebanyak182siswakelasXISMANegeri1Mataram.Adaduakelompoksubjekyangmasing-masingterdiriatasduarombonganbelajardikenaiperlakuanpenelitianyaitu(1)strategipembelajarankooperatifmodelLTdan(2)strategipembelajaranlangsung.Pemecahanmasalahkimiadenganteknikpathwayditerapkanpadakeduakelompoksubjek.Darimasing-masingkelompokpembelajaransubjekdikelompokkanberdasarkankemampuanmatematikanyayaitukemampuantinggidanrendah.Instrumentesyangsamadigunakanuntukmengukurpemahamankimiasiswasebelumdansesudahperlakuanpenelitiandiberikan.HipotesispenelitiandiujidenganMultivariateAnalysisofVariance(MANOVA)menggunakanprogramSPSS10forWindowsXPpadatarafsignifikansi005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)tidakadaperbedaandalampemahamankonseptualantarakelompoksiswayangbelajardenganmenerapkanstrategipembelajarankooperatifdankelompoksiswayangbelajardenganmenerapkanstrategipembelajaranlangsung(F2177p0142005)(2)kemampuanmatematikayangberbedamemberikanpengaruhyangberbedadalampemahamankonseptualsiswa(F12855p0000005).Siswayangmemilikikemampuanmatematikatinggilebihbaikpemahamankonseptulnyabiladibandingkandengansiswayangmemilikikemampuanmatematikarendah(3)tidakadapengaruhinteraksidalampenerapanstrategipembelajarandankemampuanmatematikasiswaterhadappencapaianpemahamankonseptualkimia(F0150p0699005)(4)penerapanstrategipembelajarankooperatifdanstrategipembelajaranlangsungmemberikanpengaruhyangberbedadalampencapaianpemahamanalgoritmiksiswa(F59537p0000005).Strategipembelajarankooperatiflebihunggulbiladibandingkandenganstrategipembelajaranlangsungdalampencapaianpemahamanalgoritmikkimiasiswa(5)kemampuanmatematikayangberbedamemberikanpengaruhyangberbedadalampencapaianpemahamanalgoritmikkimia(F19485p0000005).Siswayangmemilikikemampuanmatematikatinggilebihbaikpemahamanalgoritmiknyabiladibandingkandengansiswayangmemilikikemampuanmatematikarendah(6)tidakadapengaruhinteraksidalampenerapanstrategipembelajarandankemampuanmatematikasiswaterhadappencapaianpemahamanalgoritmikkimia(F0531p0467005).Berdasarkanpadatemuanpenelitiandiatassejumlahsarandapatdiberikanuntukpemanfaatandaritemuanpenelitianiniyaitu(1)pembelajarankooperatifmodelLTtepatditerapkandalampembelajarankimiadenganmenekankanpemecahanmasalahkimiadenganteknikpathway(2)guruperlumenggalikemampuanmatematikasiswayangberhubungandenganhitungan-kimiadan(3)untukpencapaianmasterythresholdagardilakukanpengujianulangmodelpenelitianinidenganlebihmengoptimalkanprosespembelajaransesuaidenganrancanganpembelajarandalamrangkapencapaiankriteriabelajar.