Pengembangan program pembelajaran berdasarkan model accelerated learning (MAL) sains kelas V Sekolah Dasar / Atrup
Main Author: | Atrup |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63546/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAtrup2008.PengembanganProgramPembelajaranBerdasarkanModelAcceleratedLearning(MAL)SainsKelasVSekolahDasar.DisertasiProgramStudiTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.IWayanArdhanaMA.(II)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengMPd.(III)Prof.Dr.HM.Dimyati.KatakunciPengembanganProgramPembelajaranmodelAcceleratedLearningdanPembelajaranSains.Usahaperbaikankualitaspembelajaranyangdilakukangurudisekolahbertujuanuntukmencapaiprestasibelajartinggisebagaiinstructionaleffectsdanberbagaibentukkebiasaanketerandalansikapdannilaidiantaranyamotivasisertakemandiriansebagainurturanteffects.Selamatigatahunbelakanganiniusahaperbaikandalambidangpembelajaranyangpalingmenyolokadalahdiadakanpergantiankurikulumsekolahdanpeningkatanprofesionalitasjabatanguru.Penerapankurikulumtingkatsatuanpendidikan(KTSP)menghendakiperubahanpolapikirguruyangtidaklagimenerimabarangjadiyangditeruskanbegitusajakedalamkegiatanpembelajaran.Akantetapigurudiharapkanmemilikikemampuandankreativitasdalammengembangkanpembelajaranagardapattercapainyadampakakumulatifpembelajarandiatas.Pendekatanpembelajaranyanghanyasemata-matamenekankanpadapenanamankonseptanpamemberikanmaknayangberartibagiperkembanganbelajarsiswasudahseharusnyaditinggalkan.PenerapanmodelAcceleratedLearning(MAL)tidakhanyamampumenyesuaikandenganperubahandankemajuanilmupengetahuandanteknologiyangcepat.Akantetapijugadapatmencapaidampakakumulatifyaitupencapaianprestasibelajartinggiyangdicapaidalamwaktuyangcepatpeningkatanmotivasibelajardankemandirian(self-regulation)belajarsiswa.PengembanganinibertujuanuntukmengimplementasikanModelAcceleratedLearning(MAL)dalampembelajaransainskelas5sekolahdasaryangdapatmencapaiprestasibelajartinggidenganwaktupencapaianyangcepatsebagaiinstructionaleffectspeningkatankeingintahuan(motivasi)belajarsiswadankemandirian(self-regulation)belajarsiswasebagainurturanteffects.ProsedurpembelajarannyamengikutipendapatRosedanNicholl(1997)yangdimodifikasidikenaldenganakronimMASTER(MMotivatingyourmindAAquiringthefacts/informationSSearchingoutthemeaningTTriggeringthememoryEExhibitingwhatyouknowdanRReflectingonhowyouvelearned).PendekatanpengembangansemacaminidikategorikanResearchandDevelopment(RD)alaBorgdanGall(1983)yangdisesuaikanyaitu(1)menetapkanjenismodelpembelajaranyangdiimplementasikankedalampembelajaransainskelas5sekolah(dalamhaliniMAL)(2)mengimplementasikanprogrampembelajaransainsyangdikembangkanberdasarkanMALdan(3)menghasilkanprogrampembelajaranyangtelahdiimplementasikanmelaluiprosesujicobalapangan.iDuajenisdatayangdianalisisdalampengembanganiniyaitudatautamadandatapendukung.Datautamadiperolehdariperbandinganantarajumlahjampelajaranriilyangdigunakanuntukmencapaimateripokok(MP)denganwaktunormalyangtersediadandampaknyaterhadapmotivasibelajarsiswadankemandirian(self-regulation)belajarsiswa.SedangkandatapendukungdimaksudkanuntukmemperolehgambaranpentingnyapenerapanpembelajaranMALdisekolahdasar.Datapengembangandianalisisuntukmembuktikantingkatefektivitasdanefisiensiprogrampembelajaranyangdikembangkan.TeknikanalisisdatayangdigunakanmenggunakanujibinomialjasaSPSSversi130denganmenghitungprosentasenya.BerdasarkanseluruhprosespengembangandapatdisimpulkanbahwaMALcukupefektifdanefisienuntukmengembangkanprogrampembelajaransainskelas5sekolahdasar.Haliniterbuktidapatmenghematjumlahjampelajaransebesar4945%daritotaljumlahjampelajarannormalyangdisediakanuntukmempelajaribidangstudisainskelas5sekolahdasar.Demikianhalnyaprestasibelajaryangdicapaisiswarata-rataadalah7516.ImplementasiMALjugadapatmeningkatkanmotivasibelajardankemandirian(self-regulation)belajarsiswa.Haliniterbuktitingkatpencapaianmotivasibelajarsiswaadalah8801%dantingkatkemandirian(self-regulation)belajarsiswamencapai866%.Catatandankomentarpembimbingdisertasiahlidesainpembelajaranahliisibidangstudisainspraktisipembelajaransainsdigunakansebagaidasardalammelakukanrevisiprodukdanmengkajiulangtampilanmodelyangditawarkan.Catatandankomentarterutamatentangdipilihnyabukusumberbegitusaja(Widododkk.2004yangdigunakansebagailampiranbahanpembelajaran)menuaikritikyangtajamkarenayangseharusnyadilakukanpengembangadalahbenar-benarmemadukanMALdenganisibahanpembelajaran.Namunkekurangantersebuttelahdiselesaikandenganmenyusunrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)yangmencerminkanimplementasipembelajaransainskelas5sekolahdasar.Temuandiatasjugadikuatkanadanyadatapendukungyangterdiridaritanggapansubyektentangprinsip-prinsipMALmencapai8993%dantanggapansubyekpengembangantentangteknik-teknikbelajardanpembelajaranyangmencapai8791%.Prosespelaksanaanpembelajaranmelaluiujicobalapangansudahberjalanbaik.Halinidibuktikandaridatatentangpelaksanaansimulasi(sebagaipersiapanujicobalapangan)danpelaksanaanpembelajaran(realteaching)olehsubyekpengembangan.Skorangkettanggapansubyektentangpelaksanaansimulasimengajarmencapai8289%danskorangkettanggapansubyekpengembangantentangpelaksanaanpembelajaranmencapai8469%.Keunggulanprodukpengembanganiniadalah(1)meletakkankonsepsidanimplementasimodelpembelajaranMALsesuaikonsepsidasaryangdikembangkansejumlahahliselamainiyangkenyataannyaberbedadengankonsepkelasakselerasiyanghanyadiperuntukkanpadasiswayangmemilikikemampuanbelajarlebihtinggidibandingkandengansiswayanglaindan(2)implementasiMALyangdilaksanakandenganmengintegrasikanprinsip-prinsipdanteknik-teknikbelajardanpembelajaranmerupakanbentukinovasipembelajarandisekolah.iiABSTRACTAtrup2008.TheDevelopmentofInstructionalProgramBasedonAcceleratedLearningModel(ALM)forSainsInstructionattheFifthGradeofElementarySchool.ADisertationUnpublishedInstructionalTechnologyofDepartementPostgraduateProgramStateUniversityofMalang.AnAdvisor(I)Prof.Dr.IWayanArdhanaM.A.(II)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengMPd.(III)Prof.Dr.HM.Dimyati.KeywordsDevelopmentInstructionalProgramAcceleratedLearningModelandSainsInstruction.Effortstoincreaseinstructionalqualityhavebeendonebyteachersinschoolaimtoachievehighprestigeasinstructionaleffectandmanykindsofbehaviorvalidityattitudeandvalueincludesmotivationandself-regulationasnurturanteffect.Inlastthreeyearsthemostsignificantachievementeffortisshiftingschoolcurriculumandincreasingofteachersprofessionalism.TheapplicationofKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)aimtochangeteachersmindsetnottoacceptripethingthatdirectlycontinuedintoinstructionalactivity.Butteachersareexpectedtohaveabilityandcreativityindevelopinginstructiontogainedtheinstructionalaccumulativeeffects.Instructionalapproacheswhichonlyunderlineofgivingconceptwithoutgivingmeaningfulunderstandingtostudentsachievementshouldhavebeenleft.ApplicationofAcceleratedLearningModels(ALM)isnotonlyabletoadaptthewindofchangeandfastdevelopingofscienceandtechnologybutalsobeabletoachieveaccumulativeeffectsuchasachievementofhighprestigegainedinshorttimemotivationachievementandself-regulationlearning.ThisdevelopmentaimtoimplementALMinsainsinstructionprogramatthefifthgradeofelementaryschoolachievehighprestigeinshorttimeasinstructionaleffectincreasingoflearningmotivationandselfregulationasnurturanteffect.TheinstructionalprosedurisbasedonamodificationbyRoseandNicholl(1997)wellknownasacronymMASTER(MMotivatingyourmindAAcquiringthefacts/informationSSearchingoutthemeaningTTriggeringthememoryEExhibitingwhatyouknowandRReflectingonhowyouvelearned).Thisdevelopmentapproachiscategorizedasresearchanddevelopment(RandD)ofBorgandGall(1983)thathasbeenadaptedtheyare(1)decidewhatkindofinstructionalmodelimplementedassainsinstructionatthefifthgradeofelementaryschool(2)implementsainsinstructionprogrambasedonALMand(3)produceinstructionalprogramthatimplementedthroughtryout.Twokindsofdataanalyzedinthisdevelopmentaremaindataandsupportingdata.Themaindatacollectedfromthecomparisonbetweenthenumbersofrealclassmeetingtoachieveinstructionalmaterialwithnormaltimeavailableoninstructionalscienceforthefifthgradeofelementaryschoolanditseffecttostudentsmotivationandself-regulation.ThesupportingdataaimtoknowtheimportantofapplyingALMatelementaryschool.Thedevelopmentdataanalyzedtoproveeffectivenessandiefficiencyofinstructionalprogramasdevelopmentproduct.TechniqueofanalysisusesBinomialtestfromSPSSversion13.0forcalculatesthepercentage.BasedonallofdevelopmentprocessfoundthatALMiseffectiveandefficientenoughtodevelopsainsinstructionprogramforthefifthgradeofelementaryschool.Itcanreducethenumbersofclassmeetinguntil4945%fromthenormaltimeavailabletolearnsainsatthefifthgradeofelementaryschool.Theprestigeoflearningachievedbystudentsisaverage7516.TheimplementationofALMalsohasaninfluenceonlearningmotivationandself-regulation.Itcanprovethattheachievementlevelofstudentslearningmotivationis8801%andtheachievementlevelofstudentslearningself-regulationis866%.Notesandcommentsfromthedissertationadvisorinstructionaldesignexpertinstructionalexpertandsainsinstructionprofessionalareusedasthebaseforproductrevisionandrestudythedisplaymodeloffered.Notesandcommentsespeciallyaboutdirectlychoosingofreferencebook(Widododkk.2004usedasinstructionalmaterialsuplement)getahardcriticbecausedevelopershouldreallyintegrateALMwithinstructionalmaterial.ButtheweaknesshassolvedbycreatePlanandImplementingInstruction(RPP)whichtheapplicationofALMisappearinsainsinstructionatthefifthgradeofelementaryschool.TheresultalsostrengthenwithsupportingdatalikesubjectsresponseaboutprinciplesofALMget8993%andsubjectsresponseaboutthedevelopmentoflearningandinstructiontechniquesget8791%.Theinstructionalprocessthroughtryoutwelldone.Itisprovedbydatadescribingsimulationprocess(asatryoutpreparation)andinstructionalprocess(realteaching)bythesubjects.Thescoreofquestionnaireaboutsubjectsresponsetosimulationprocessget8289%andthescoreofquestionnaireaboutsubjectsresponsetoinstructionalprocessget8469%.Theadvantagesofdevelopmentproductare(1)tryingtoputconceptandimplementationofALMisinstructionalmodelbasedonbasicconcepthavebeendevelopedsomeexpertssofarthatdifferentfromaccelerationclassconceptmadeforhigherlearningcompetenceofstudents(2)thedifferencewithteachersinstructionalplansofarisintegratingprinciplesandlearningandinstructiontechniquestoinstructionalprocesssoitcanbeeasyimplicatedaskindofschoolinstructionalinnovation.Relatedtothisdevelopmentproductitcanbesuggestedasfollow(1)ALMshouldapplyinelementaryschoolsinstruction(2)teachersshouldincreasestudentslearningmotivationtoreachhighprestigeinlearningand(3)teachershouldcreatestudentsself-regulationinlearning.