Pengembangan model pembelajaran berbasis masalah dengan pola kolaborasi / Mustaji

Main Author: Mustaji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/63544/
Daftar Isi:
  • AbstrakBerdasarkanhasilobservasiprosesdanhasilpembelajaranmatakuliahMasalahSosialbelumdilakukansecaraoptimal.Sebabbelumoptimalnyaprosespembelajaranitukarena(1)pembelajarkurangmampumenyelenggarakanprosespembelajaranyangsesuaidengantuntutanperkembangandibidangteknologipembelajaran(2)pembelajarkelirudalammemandangprosespembelajaran(3)prosespembelajaranbersifatinformatifbelumdiarahkankeprosesaktifpebelajaruntukmembangunsendiripengetahuannyadan(4)prosespembelajaranberpusatpadapembelajarbelumdiarahkankepembelajaranyangberpusatpadapebelajar.Sedangkanindikasibelumoptimalnyahasilbelajaritutampakpadahal-halberikut(1)pebelajarkurangmampumemecahkanmasalahberdasarkankonsepilmiah(2)pebelajarkurangmemilikiketerampilanberkolaborasi(teamwork)danmengolahinformasisecaraaktifuntukpemecahanmasalah(3)pebelajarkurangmempelajaribagaimanabelajaryangefektifuntukmemecahkanmasalah(4)pebelajarkurangmemilikikinerjaterus-menerusdengantidakdibatasipadatargettertentu(5)pebelajarkurangmemilikipengetahuanterintegrasiantardisiplinilmuuntukpemecahanmasalah(6)pebelajarkurangmenggunakanteknologisebagaibagianintegraldanproseskerjauntukpemecahanmasalahdan(7)pebelajarkurangmemilikisikappositifpembelajaranUntukmengoptimalkanprosesdanhasilpembelajaranperludilakukanpengembanganmodelpembelajaran.Prosespengembanganituterdiridari5tahap.Pertamatahapidentifikasiyangterdiridari(1)pengkajianteoritismelaluistudipustaka(2)pengkajianempirismelaluiobservasidikelasdan(3)penulisankondisinyata.Keduatahapdesainyangterdiridari(1)pengidentifikasiankemampuanawalpebelajar(2)perumusantujuanpembelajarandan(3)pelaksanaanstudikelayakan.Ketigatahappengembanganprodukberupa(1)modelPembelajaranBerbasisMasalahdenganPolaKolaborasi(ModelPBMPK)dan(2)perangkatPBMPKyangterdiridarisilabusdanrencanapelaksanaanpembelajaranbahanpembelajaranlembartugasdanlembarpenilaianpembelajaran.Keempattahapujicobayangterdiridariujiahlikelompokdanlapangan.Kelimatahapdiseminasiyangmencakup(1)penulisanlaporandanpenyajiandiseminardan(2)penulisanartikeldijurnal.Pengembanganiniberhentipadatahaplimapoinsatuyaknipenulisanlaporan.BerdasarkanhasilujicobaatasModeldanPerangkatPBMPKkepadaahlibidangstudiahlipembelajaranpembelajardanpebelajarmenunjukkanhasilyanglayak.Halinibisadilihatdarirata-ratapemenuhan75%dariindikator-indikatorkelayakanpenggunnaanModeldanPerangkatPBMPK.HasilujicobalapanganatasModeldanPerangkatPBMPKmenunjukkanhasilnilaiyangpositif.Halinibisadilihatdarihasiltessubyektifyangtermasukkategoribaikmencapai82.3%hasilkinerjayangtermasukkategorisangatbaikmencapai57.65%hasilportofolioyangtermasukkategoribaikmencapai9529%hasilkerjaproyekyangtermasukkategoribaikmencapai58.82%hasilsikapataspembelajaranyangtermasukkategoripositifmencapai7765%danhasilkerjakolaborasiyangtermasukkategoribaikmencapai8471%.Sementaraituhasilbelajardengankategoricukupkurangbaiksangatpositifragu-ragunegatifdansangatnegatifmaksimalmencapaihanyamencapai2265%.Angka-angkainimenunjukkanbahwaModeldanPerangkatPBMPKlebihdari55%termasukkedalamkategoribaiksangatbaikdanpositif.IniberartiModeldanPerangkatPBMPKyangdikembangkanlayakdigunakan.Hasil-hasilujicobasepertidisebutkandiatasberdampakpositifpadapenciptaanlingkunganpembelajaran.PenggunaanModeldanPerangkatPBMPKterbuktidapatmenciptakan(1)prosespembelajaranbersifatinteraktifdanberorientasipadapebelajar(2)pebelajarbekerja/belajarsecarakolaboratifdanmengolahinformasisecaraaktif(3)pebelajarmempelajaribagaimanabelajaryangefektif(4)pebelajarmemilikikinerjaterus-menerusdansetiaptargetyangtercapaiterus-menerusditingkatkan(5)pebelajarmemilikipengetahuanterintegrasiantardisiplinilmuuntukpemecahanmasalahyangkompleks(6)pebelajarmenggunakanteknologisebagaibagianintegraldariproseskerja/belajardan(7)pebelajarmelakukankegiatancurahpendapatberdebatdanmemberikanpenjelasankepadateman.