Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika dan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dan menyelesaikan soal cerita bagi siswa kelas I SLTP / Tri Dyah Prastiti

Main Author: Tri, Dyah Prastiti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/63536/
Daftar Isi:
  • Berdasarkanhasilwawancaradengangurupadatanggal26Februari2008danpengamatankelasdiSMPDharmaWanitaUnibrawpadatanggal29Februari2008diketahuibahwaprestasibelajarsiswakelasVIII-Alebihrendahdibandingkandengankelasyanglain.Halinidisebabkankarenagurumasihmenggunakanmetodeceramah.Metodeinimembentuksiswamenjadipasif.PadasaatProsesBelajarMengajar(PBM)siswakurangmemperhatikanpenjelasangurumerekalebihtertarikuntukberbicaradengantemansebangkudanbermainhandphone.Berdasarkanpermasalahaninipenelitimelakukanupayaperbaikandenganmenerapkansuatupembelajaranyangtelahdisepakatibersamadenganguruyaitupembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamu.Modelpembelajarantersebutmelibatkansiswasecaraaktifdalamkegiatanbelajar.Pokokpikirandaripembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamuadalahmemberikesempatankepadakelompokuntukmembagikanhasildaninformasidengankelompoklain.Tujuandaripenelitianiniadalah1)mendiskripsikanbagaimanakahpenerapanpembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamudalammeningkatkanprosesbelajarmatematikasiswakelasVIII-ASMPDharmaWanitaUnibrawtahunajaran2007/20082)mendiskripsikanbagaimanakahpeningkatanprestasibelajarmatematikasiswakelasVIII-ASMPDharmaWanitaUnibrawtahunajaran2007/2008setelahditerapkannyapembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamumodelduatinggalduatamu.Penelitianinimengunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklus.Setiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanobservasianalisisdanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-ASMPDharmaWanitaUnibraw.Sedangkanpengumpuldatayangdigunakanadalahlembarobservasitescatatanlapanganangketdanhasilwawancara.Analisisdatadilakukansetiapkalitindakandalamsatusiklusberakhir.Hasildaripenelitianiniadalah1)penerapanpembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamudapatmeningkatkanprosesbelajarmatematikapadasiswakelasVIII-ASMPDharmaWanitaUnibrawtahunajaran2007/2008.Halinidapatdilihatdaripersentaseketercapaianaktivitassiswaselamaprosespembelajaranberlangsungyangterlihatdariadanyapeningkatanpadaunsur-unsurketerampilankooperatifyaituinteraksitatapmukatanggungjawabindividusalingketergantunganpositifketerampilankomunikasiantarindividudankelompokdanevaluasiproseskelompok.UnsurinteraksitatapmukamengalamipeningkatanpadatingkatBsebesar34.38%peningkatanunsurtanggungjawabunsursalingketergantunganpositifketerampilankomunikasiantarindividudankelompokdanevaluasiproseskelompokpadatingkatBmasing-masingsebesar34.37%28.13%40.62%dan31.25%2)prestasibelajarmatematikasiswakelasVIII-ASMPDharmaWanitaUnibrawtahunajaran2007/2008meningkatsetelahditerapkannyapembelajarankooperatifmodelduatinggalduatamu.Halinidapatdilihatdarirata-rataskortessiklusImeningkatsebesar0.62jikadibandingkandenganrata-rataskorawal.Rata-rataskortessiklusIImeningkatsebesar0.94jikadibandingkandenganrata-rataskortessiklusI.Rata-rataskortessiklusIIjugamengalamipeningkatansebesar1.56jikadibandingkandenganrata-rataskorawal.