Hubungan antara motivasi belajar, self regulated learning, pola asuh orang tua, dan iklim sekolah dengan hasil belajar siswa SMP Negeri se-kota Yogyakarta / Said Alhadi
Main Author: | Alhadi, Said |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63518/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAlhadiSaid.2016.HubunganantaraPolaAsuhOrangTuaMotivasiBelajarSelf-RegulatedLearningdanIklimSekolahdenganHasilBelajarSiswaSMPNegeriSe-KotaYogyakarta.DisertasiProgramStudiBimbingandanKonseling.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Promotor(I)Prof.Dr.H.BambangWiyonoM.Pd.(II)Dr.TriyonoM.Pd.(III)Prof.Dr.Hj.NurHidayahM.Pd.Katakuncipolaasuhorangtuamotivasibelajarself-regulatedlearningiklimsekolahdanhasilbelajarPendidikanyangbermutumerupakandambaanpemerintahsebagaiupayauntukmendukungterciptanyamanusiayangberkualitas.Halinimenuntutadanyapembenahandanpenyempurnaankinerjadibidangpendidikanmisalnyakebijakanpemerintahmengenaistandarkelulusansiswasetiaptahunnya.PemerintahmelaluiBadanStandarNasional(BSNP)telahmengeluarkanPermendikbudNo144Tahun2014berkenaankriteriakelulusanUjianNasional.Standarisasikelulusaniniseakanmenjadimasalahyangsangatmenakutkanbagisiswamaupunguruyangtidakmemilikikesiapanrasapercayadiriterhadapkemampuanmereka.Untukmengatasiadanyaketakutankemampuanhasilbelajardiperlukankesiapandariorangtuasiswasekolahdanlingkungan.Olehkarenaituperludiketahuihubunganyangintegralantarapolaasuhorangtuamotivasisiswadalambelajarself-regulatedlearningdaniklimsekolahterhadaphasilbelajaryangdiraiholehsiswa.Penelitianinidirancanguntukmengetahuibesarsumbanganpolaasuhorangtuamotivasibelajarself-regulatedlearningterhadaphasilbelajarsiswasertahubunganantarapolaasuhorangtuamotivasibelajarself-regulatedlearningdaniklimsekolahdenganhasilbelajar.Jenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahcorrelationaldesign.Variabelbebasdalampenelitianiniyaitupolaasuhorangtuamotivasibelajarself-regulatedlearningdaniklimsekolah.Sedangkanvariabelterikatnyayaituhasilbelajar.PopulasipenelitianseluruhsiswadiSMPNegeriSe-KotaYogyakartadenganjumlah10.831siswa.Sampelpenelitianyangdiambiladalahclustersamplingyangberjumlah515yangdibagiantarakelasVIIdanVIII.Metodepengumpulandatayangdigunakanadalahskalapolaasuhorangtuaskalamotivasibelajarskalaself-regulatedlearningdanskalaiklimsekolahsertahasilbelajarsiswa.AnalisisdatadalampenelitianinimenggunakananalisisregresigandadenganbantuanaplikasiSPSSversi16.00.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadahubunganyangsignifikanantarapolaasuhorangtuamotivasisiswadalambelajarself-regulatedlearningsertaiklimsekolahdenganhasilbelajar.Hasilkorelasivariabelpolasuhorangtuasebesar0509variabelmotivasibelajarsebesar0258variabelself-regulatedlearningsebesar0186danvariabeliklimsekolahsebesar0237dengansignifikasisikeseluruhanvariabelterikatadalah0000(Sig.F