Keefektifan konseling Rational Emotive Behavior (REB) untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian siswa di SMPN 150 Jakarta / Rahmiwati Marsinun

Main Author: Marsinun, Rahmiwati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/63513/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMarsinunRahmiwati.2015.KeefektifanKonselingRationalEmotiveBehavior(REB)UntukMengurangiKecemasanMenghadapiUjianSiswaSMP.DisertasiProgramStudiBimbingandanKonselingPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.MarthenPaliM.Psi.(II)Dr.M.RamliM.A.(III)Dr.H.TriyonoM.Pd.Katakuncikonselingkelompokrationalemotivebehavior(REB)kecemasanmenghadapiujiansiswaSMP.KecemasanmenghadapiujianmerupakansalahsatumasalahyangdialamibanyaksiswaSekolahMenengahPertama(SMP).Kecemasansepertipisaubermataduadisatusisimemacudirilebihgiatbelajarsedangkandisisilainkecemasandapatmengganggukegiatanbelajar.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuikeefektifankonselingkelompokRationalEmotiveBehavior(REB)untukmengurangikecemasanmenghadapiujiansiswaSMPN150Jakarta.Rancanganpenelitianiniqausieksperimendenganrancanganpre-testpost-testcontrolgroupdesign.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIISMPN150JakartayangmemilikiskorSKMUtinggiberjumlah16orangkemudiandibagimenjadiduakelompok.KelompokpertamadisebutkelompokeksperimenterdiriatasdelapanorangsiswadiberikankonselingkelompokREB.SedangkankelompokkeduamerupakankelompokkontrolyangterdiridaridelapanorangsiswadiberikankonselingkelompokbiasadigunakanguruBK.DatadikumpulkandenganinstrumenSkalaKecemasanMenghadapiUjian(SKMU)yangdikembangkanpenelitiyangtelahdiujidenganvaliditaskonstrukdiperolehKMO05danloadingfactor04.Dari48itemterpakaireliabilitasmasing-masingkonstrukberkisar0615-0852.DatadianalisisdengantwoindependentSampleTestMannWhitneyU.HasilpenelitianmenunjukanbahwaKonselingREBefektifmengurangikecemasanmenghadapiujiansiswaSMPN150.TerdapatperbedaanpengurangankecemasansiswayangdiberikonselingkelompokREBdengansiswayangdiberikonselingkelompokbiasa(asusualcounseling).PerlakuankonselingREBefektifmengurangikecemasanpadaaspekfisikdanmotivasi.BerdasarkanhasilpenelitiandiajukansaranagarguruBKdiSMPmeningkatkankemampuanmenyelenggarakankonselingkelompokREBuntukmengurangikecemasansiswamenghadapiujian.PenelitilainyangberminatdengankonselingREBdisarankanmenerapkankonselingkelompokdenganREBdengandurasiwaktuyanglebihlama.PenelitiselanjutnyajugadapatmengambilpendekatankonselingselainREBdenganmemperluascakupanjenjangsekolahberikutnyasepertiSMASMKbahkanSD.