Penerapan model problem based learning pada materi konflik sosial untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas Xl IPS 1 di SMA Negeri 2 Lumajang / Elvyn Bahterawati
Main Author: | Elvyn |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63482/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranProblemBasedLearningBerpikirKritis.Penelitianinididasarkanadanyapermasalahandikelasdimanadalampandangansiswaadakecenderunganbahwasosiologitidakperludipelajarikarenasemuanyaberkaitandenganpengalamansehari-hari.Selainitusiswajugaberanggapanbahwabelajarsosiologihanyamenekankanpadakemampuanhafalansajatidakterlalumenuntutkemamuanberpikirlogisdanselamainiprosespembelajarandikelastidakmenarikbagisiswa.Karenaituperludilakukantindakanyangmenekankanpemberianpengalamanbelajarsecaralangsungdengankatalainmetodepembelajarandenganteacher-centeredharusdiubahmenjadistudent-centered.Tujuannyaagarsiswamampuberpikirkritissertalebihpekamenghadapimasalahyangterjadidalamkehidupansehari-harimelaluipenerapanmodelProblemBasedLearning(PBL).DalamKTSPditekankanbahwapembelajaransosiologidisekolahharusmampumengarahkansiswauntukberpikirdanditerapkansecarainkuiriilmiah(scientificinquiry).Adapunpermasalahanyangdirumuskandalampenelitianiniadalah(1)apakahpenerapanmodelPBLdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa(2)bagaimanapenerapanmodelPBLdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadan(3)bagaimanaresponsiswaterhadappenerapanmodelPBLdalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS1diSMANegeri2LumajangPenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklusdanmasing-masingsiklusterdiridaritigakalipertemuan.tiapsiklusdilaksanakandengantahapanperencanaantindakanobservasidanrefleksi.PelaksanaannpenelitianinidimulaibulanSeptembersampaidenganDesember2012.SubjekyangditelitiadalahsiswakelasXIIPS1diSMANegeri2Lumajangyangberjumlah31siswaterdiridari18siswalaki-lakidan13siswaperempuan.Pengumpulandatayangdilakukandalampenelitianinimenggunakaninstrumenyangdiperolehmelalui(1)testulis(2)observasidan(3)kuesioner.HasilpenelitiantindakaninimenunjukkanbahwapenerapanPBLdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS1diSMANegeri2LumajangpadasaatkeseluruhantahapandalamPBLdapatdilaksanakandenganbaikolehgurudansiswa.KeterlaksanaanPBLpadasiklusIadalah7333%danhasiltesessayberpikirkritissiswadenganlevelkognitifC2C3danC4saatpratindakanadalah737678danmeningkatdiakhirsiklusmenjadi807684.SementaraitupadasiklusIIketerlaksanaanPBLmencapai933%.DalampenelitiantindakaniniuntukmengukurkemampuanberpikirsiswakelasXIIPS1dilakukanmelaluitesesaiberpikirkritisdanpengamatan.Hasiltesesaimenunjukkanpeningkatandari5siswa(161%)dengankategorisangatkritisdisiklusImenjadi16siswa(516%)disiklusII.HasiltesesaiberpikirkritisdenganlevelkognitifC2C3C4danC5padapratindakanadalah71797384meningkatdiakhirsiklusIImenjadi79828486.PeningkatankemampuanberpikirsiswadapatdilihatpadapeningkatannilaitespadalevelkognitifC4karenaberdasarkantaksonomiBloomindikatorberpikirkritisdapatdiukurdengantesyangmengarahpadalevelkognitifC4sehinggadapatdikatakanbahwakemampuanberpikirsiswakelasXIIPS1diSMANegeri2Lumajangmengalamipeningkatan.Padasaatobservasijumlahskorrata-ratapadasiklusIadalah205dengankategoribaikmeningkatmenjadi234(sangatbaik)padasiklusII.Halinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatankemampuanberpikirsiswaselamaprosespembelajaransebesar29.Berdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilaksanakanmakadapatdiberikansaranyaitu(1)bagigurubidangstudisosiologidisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaraninipadamateridengankarakteristikyangberhubunganlangsungdenganlingkungannyatasehinggasiswaleihmudahmenerimanya(2)ModelPBLbisaditerapkanpadabeberapamateriyangadasemester1kelasXIprogramIPSmisalnyapadalevelkognitifdasarmendeskripsikanbentuk-bentukstruktursosialdalamfenomenakehidupandanmenganalisishubunganantarastruktursosialdenganmobilitassosial(3)Pemberianmasalahpadapenelitianinimenggunakanartikeldangambar-gambarsiswadimintauntukmembawaartikelsendiridanmembacanyadiluarjampelajaranuntukmenghematwaktusehinggadiharapkanpenelitilainyanginginmenggunakanpembelajaranyangsamahendaknyamenampilkanmasalahdaripengamatansecaralangsungdenganpenugasandiluarjampelajarandan(4)Pembentukankelompokyangheterogenberdasarkanjeniskelamindankemampuansebaiknyadilakukanpadatahapawaltindakan.Pembentukankelompokolehgurudiawalpembelajarandapatmelibatkansiswadalamprosespemecahanmasalahdariawalsehinggasiswadapatberbagitugasdengananggotakelompoklaindalamprosesmembangunkemampuanberpikirmereka.