Penerapan pembelajaran kooperatif model snowball throwing dalam peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Madyopuro 6 Malang / Agus Mulyadi

Main Author: Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/63416/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajarankooperatifSnowballThrowingaktivitasbelajarhasilbelajarPembelajaranIPAyangterjadidikelasIVSDNMadyopuro6terlihatmasihrendah.Halinidipengaruhiolehkepasifansiswakebosanansiswadalammenerimapalajaransehinggadapatmenyebabkanrendahnyaakivitasdanhasilbelajarsiswa.Metodeceramahdanpemberiantugassajadipandangmasihbelumefektifdalammengembangkanprosesberfikirsiswa.Selamainicaramengajargurumasihmenggunakanmetodekonvensionalyaitupembelajaranberpusatpadaguru.Akibatnyasuasanabelajarterlihatkakuterpusatsatuarahdankurangmemberikesempatanbagipesertadidikuntuklebihaktifdalampembelajaran.Sehubungandenganhalinisalahsatupendekatanpembelajaranyangkinimendapatresponadalahpembelajarankooperatif.denganmodelsnowballThrowing.Penelitianinibertujuanuntuk(1)UntukmenjelaskanpeningkatanaktivitasbelajarIPAtentangGayamelaluipembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingpadasiswakelasIVSDNMadyopuro6MalangTahunajaran2009-2010.(2)menjelaskanpeningkatanhasilbelajarIPAtentangGayamelaluipembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingpadasiswakelasIVSDNMadyopuro6MalangTahun2009-2010.PenelitiandilakukanmelaluipenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadasiswakelasIVSDNMadyopuro6MalangTahun2009-2010.Datapenelitiandiperolehdarihasilpengamatanaktivitasbelajarsiswaaktivitasmengajarguruteshasilbelajarsiswahasilwawancaradengansiswadanangket.Materiyangdisampaikanpadapenelitianiniterdiridari2siklusdenganempattahapyaituperencanaan(plan)pelaksanaantindakan(action)pengamatan(observation)danrefleksi(reflection).BerdasarkanhasilpenelitiantentangpeningkatanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswapadamaterigayadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingmenunjukkanadanya(a)Terjadipeningkatanpersentasekeberhasilanaktivitasbelajarsiswayaitudari7200%padatindakansiklusImenjadi8375%padatindakansiklusII(b)Terjadipeningkatanpersentasekeberhasilanaktivitasmengajarguruyaitudari8461%padatindakansiklusImenjadi9230%padatindakansiklusII(c)Nilairata-ratahasiltesbelajarsiswameningkatdari644padatindakansiklusImenjadi736padatindakansiklusIIdan756padatesakhirtindakan.Siswamenunjukkanresponyangcukupbaik.Responyangdimaksudadalah(a)Siswamenjadilebihantusiasatausemangatmengikutikegiatanpembelajaran(b)DenganmelakukanpembelajaranpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingprosespembelajaranmenjadilebihmenarikdanmenyenangkan(c)Denganbelajarberkelompokdapatterjadikegiatandiskusiyangbermanfaatterjadiinteraksisosialinteraksiberpikirantarsiswaantarasiswadenganguru.WalaupunpelaksanaanpembelajaranpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingtelahdilaksanakandenganbaikadabeberapakendalayangdihadapiantaralain(a)keefektifanwaktudalammelaksanakandiskusimasihbelumbegitumaksimaladanyasiswayangkurangbisamembaurdengankelompokyanghiterogensehinggakerjasamadalamkelompokkurangbisaberjalandenganbaiksehingga(b)Belumterbiasanyasiswadengankegiatandiskusidanbelajarkelompokmenyebabkankegiatandiskusikurangberjalanefektif.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanhal-halsebagaiberikut(1)PenerapanpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingutamanyasaatdiskusikelompokperluditerapkanpadapembelajaranlainuntukmengoptimalkankemampuansiswadalampemecahanmasalahditiap-tiapmatapelajaran.(2)Penelitianiniperludikembangkanlagisehinggadapatmemberikaninovasilebihbanyakdandalampenelitianselanjutnyaperlumemperhatikankelemahan-kelemahandalampenelitiansebelumnyaagarpembelajaranmenjadilebihefektif.