Penerapan pembelajaran kooperatif model snowball throwing dalam peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Madyopuro 6 Malang / Agus Mulyadi
Main Author: | Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63416/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajarankooperatifSnowballThrowingaktivitasbelajarhasilbelajarPembelajaranIPAyangterjadidikelasIVSDNMadyopuro6terlihatmasihrendah.Halinidipengaruhiolehkepasifansiswakebosanansiswadalammenerimapalajaransehinggadapatmenyebabkanrendahnyaakivitasdanhasilbelajarsiswa.Metodeceramahdanpemberiantugassajadipandangmasihbelumefektifdalammengembangkanprosesberfikirsiswa.Selamainicaramengajargurumasihmenggunakanmetodekonvensionalyaitupembelajaranberpusatpadaguru.Akibatnyasuasanabelajarterlihatkakuterpusatsatuarahdankurangmemberikesempatanbagipesertadidikuntuklebihaktifdalampembelajaran.Sehubungandenganhalinisalahsatupendekatanpembelajaranyangkinimendapatresponadalahpembelajarankooperatif.denganmodelsnowballThrowing.Penelitianinibertujuanuntuk(1)UntukmenjelaskanpeningkatanaktivitasbelajarIPAtentangGayamelaluipembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingpadasiswakelasIVSDNMadyopuro6MalangTahunajaran2009-2010.(2)menjelaskanpeningkatanhasilbelajarIPAtentangGayamelaluipembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingpadasiswakelasIVSDNMadyopuro6MalangTahun2009-2010.PenelitiandilakukanmelaluipenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadasiswakelasIVSDNMadyopuro6MalangTahun2009-2010.Datapenelitiandiperolehdarihasilpengamatanaktivitasbelajarsiswaaktivitasmengajarguruteshasilbelajarsiswahasilwawancaradengansiswadanangket.Materiyangdisampaikanpadapenelitianiniterdiridari2siklusdenganempattahapyaituperencanaan(plan)pelaksanaantindakan(action)pengamatan(observation)danrefleksi(reflection).BerdasarkanhasilpenelitiantentangpeningkatanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswapadamaterigayadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingmenunjukkanadanya(a)Terjadipeningkatanpersentasekeberhasilanaktivitasbelajarsiswayaitudari7200%padatindakansiklusImenjadi8375%padatindakansiklusII(b)Terjadipeningkatanpersentasekeberhasilanaktivitasmengajarguruyaitudari8461%padatindakansiklusImenjadi9230%padatindakansiklusII(c)Nilairata-ratahasiltesbelajarsiswameningkatdari644padatindakansiklusImenjadi736padatindakansiklusIIdan756padatesakhirtindakan.Siswamenunjukkanresponyangcukupbaik.Responyangdimaksudadalah(a)Siswamenjadilebihantusiasatausemangatmengikutikegiatanpembelajaran(b)DenganmelakukanpembelajaranpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingprosespembelajaranmenjadilebihmenarikdanmenyenangkan(c)Denganbelajarberkelompokdapatterjadikegiatandiskusiyangbermanfaatterjadiinteraksisosialinteraksiberpikirantarsiswaantarasiswadenganguru.WalaupunpelaksanaanpembelajaranpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingtelahdilaksanakandenganbaikadabeberapakendalayangdihadapiantaralain(a)keefektifanwaktudalammelaksanakandiskusimasihbelumbegitumaksimaladanyasiswayangkurangbisamembaurdengankelompokyanghiterogensehinggakerjasamadalamkelompokkurangbisaberjalandenganbaiksehingga(b)Belumterbiasanyasiswadengankegiatandiskusidanbelajarkelompokmenyebabkankegiatandiskusikurangberjalanefektif.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanhal-halsebagaiberikut(1)PenerapanpembelajarankooperatifmodelSnowballThrowingutamanyasaatdiskusikelompokperluditerapkanpadapembelajaranlainuntukmengoptimalkankemampuansiswadalampemecahanmasalahditiap-tiapmatapelajaran.(2)Penelitianiniperludikembangkanlagisehinggadapatmemberikaninovasilebihbanyakdandalampenelitianselanjutnyaperlumemperhatikankelemahan-kelemahandalampenelitiansebelumnyaagarpembelajaranmenjadilebihefektif.