Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan pembelajaran siswa kelas IV A SDN Ketawanggede Kota Malang / Nurul Hendra Wahyudi

Main Author: Wahyudi, Nurul Hendra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/6339/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWahyudiNurulH.2015.PenerapanModelProblemBasedLearningUntukMeningkatkanPembelajaranSiswaKelasIVASDNKetawanggedeKotaMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HeruAgusTriWidjajaM.Pd(II)Dra.SriEstuWinahyuM.Pd.KataKunciProblemBasedLearning(PBL)AktivitasHasilBelajar.ProblemBasedLearning(PBL)merupakansuatumodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdanketerampilanpemecahanmasalah.BerdasarkanhasilobservasipembelajaranyangdilakukandikelasIVsiswahanyabertanyaataumenjawabpertanyaanapabiladitunjukolehguru.Partisipasisiswabelumterlihatsecaraspesifik.Siswabelumterbiasamengungkapkanpertanyaansarankritikdanpendapatyangmerekapunyaselamapembelajaran.HasilbelajarsiswamasihberadadibawahKKMyaitu70.UntukmemecahkanpermasalahantersebutmakaperludiadakanperbaikanpembelajarandenganpenerapanmodelPBL.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanpembelajaransiswakelasIVASDNKetawanggedemelaluipenerapanmodelPBL.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalam2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIVASDNKetawanggedeyangberjumlah27siswayangterdiridari14siswalaki-lakidan13siswaperempuan.DatadalampenelitianiniberupahasilobservasikemampuanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaripengambilandataberupahasiltestulisakhirsiklusterhadapsiswapadasiklusIdansiklusII.HasilpenelitiansetelahditerapkanPBLpadaTemaMakanankuSehatBergizisubtemaKebiasaanMakankumenunjukkanadanyadampakyangbaikterhadapaktivitasdanpeningkatanhasilbelajarsiswa.Indikasiadanyadampakyangbaikterhadapaktivitassiswaadalahadanyakenaikanrata-rataskoraktivitasbelajarsiswadarisiklusIkesiklusII.Rata-rataskorkomponenaktivitassiswapadasiklusIsebesar78%meningkat86%padasiklusII.Untukhasilbelajarsiswaditunjukkansiswaditunjukkandengandenganpeningkatanrata-rataskorhasilbelajarsiswadarisiklusI383%meningkat815%padasiklusII.DengandemikiandapatdisimpulkanpenerapanmodelPBLdapatmeningkatkanpembelajarandanhasilbelajarsiswakhususnyapadamateritemaMakanankuSehatBergizisubtemaKebiasaanMakanku.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagiguruuntukmenerapkanmodelPBLdidalampembelajarandikelasagardapatmeningkatkanpembelajarandanhasilbelajar.