Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbantuan media CD interaktif pada siswa kelas V di SD Anak Saleh / Ayu Vidya Rakhmawati

Main Author: Rakhmawati, Ayu Vidya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/63372/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKRakhmawatiAyuVidya.2018.PeningkatanKeterampilanMenulisNarasimelaluiModelPembelajaranSAVI(SomaticAuditoryVisualIntelectual)berbantuanMediaCDInteraktifpadaSiswaKelasVdiSDAnakSalehKotaMalang.TesisProgramStudiMagisterPendidikanDasarFakultasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SupriyonoKoeshandayantoM.Pd.M.A.(II)Dr.MuhanaGipayanaM.Pd.KataKunciKeterampilanMenulisNarasiModelPembelajaranSAVIMediaCDInteraktif.Keterampilanmenulisnarasimampumembantupesertadidikdalammeningkatkandanmemunculkanbakatyangadapadapesertadidik.Keterampilanmenulisnarasidapatmembantusiswauntukmengungkapkanpikiranperasaaninformasidanimajinasiyangmerekamilikimelaluisebuahtulisan.Namunhaltersebuttidaksejalandenganyangdiharapkanyaitukesulitandalammenulisnarasiyangdialamiolehsebagiansiswa.Berdasarkanhasilobservasipadatanggal27Maret2018ditemukanbahwaketerampilansiswadalammenulisnarasibelummunculdanterlihatsebagianbesarsiswamemilikinilaidibawahKKMyaitu70.Keterampilanmenulispadasiswayangbelummunculdisebabkanolehbeberapafaktorsepertisiswatidakmengetahuiapayanghendakditulishanyamenulisjuduldanhasilnyasiswatidakdapatmenyusunkalimatdenganbaikterdapatpulasiswayangmasihmenuliskatadenganejaanyangsalah.Haltersebutdisebabkanolehguruyangseringmenggunakanmetodekonvensionalceramahdanpemberiancontohsertatidakmenggunakanmediapembelajaransehinggadalamhalinigurumembutuhkantemansejawatuntukmengatasipermasalahanyangmunculpadapembelajaranmenulisnarasi.TujuandaripenelitianiniyaitumembantugurudalammeningkatkanketerampilanmenulissiswadiSDAnakSalehKotaMalangdenganmengkolaborasikanantaramodelpembelajaranSAVI(SomaticAuditoryVisualIntelectual)danmediaCDinteraktifPenelitiantindakankelasmerupakanjenispenelitianyangdigunakanpadapenelitianini.Penelitianinijugamengkolaborasikandengangurukelas.Subjekpenelitiantindakaniniyaitusiswakelas5SDAnakSalehKotaMalangyangberjumlah28siswa.Metodepenelitianinidilakukandalamduasiklusyangterdiridaribeberapatahapmeliputiplanningdoingobservationandreflection.Padapenelitianinidatadianalisismenggunakandeskriptifkualitatifuntukmendeskripsikanhasilpengamatandilapangandanmenggunakandeskripsikuantitatifuntukmenilaihasilmenulisnarasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranSAVI(SomaticAuditoryVisualIntelectual)dapatmeningkatkanketerampilanmenulisnarasisiswakelasVSDAnakSalehKotaMalang.HaltersebutterlihatdarisiklusIterdapat43%yangtuntasmemenuhinilaiKKMyaitu70sedangkanpadasiklusIIterdapat89%yangtuntasmemenuhinilaiKKMyaitu70sehinggadarisiklusIkesiklusIImengalamikenaikanpersentasesebanyak46%.DenganpenerapanmodelpembelajaranSAVIinijugadapatmembantusiswadalammeningkatkanketerampilanmenulisnarasiyangdidalamnyaterdapatunsurtematokohaluriisudutpandanglatardanamanatyangdiperolehmelaluikegiatansomaticaudiovisualdanintelektual.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakanmodelpembelajaranSAVIberbantuanmediaCDinteraktifdapatmembuathasilmenulisnarasisiswakelasVSDAnakSalehKotaMalangmengalamipeningkatan.Siswabelajarmenulisnarasidenganbeberapaunsuryangadadidalamceritanarasisepertitematokohalurlatarsudutpandangdanamanat.Siswamempelajariunsur-unsurdidalamceritanarasitersebutmelaluikegiatanpadalangkah-langkahpembelajaranmelaluikegiatansomaticaudiovisualdanintelektual.DalamprosespembelajarannyasiswadibantudenganmenggunakanmediaCDinteraktifyangmendukungkegiatan-kegiatantersebutsehinggasiswasecaraaktifdanmandiridalammencariinformasisiswamampumemahamimaterimenulisnarasidansituasibelajarjugameningkat.BerdasarkanhasilpenelitiandenganpenerapanmodelpembelajaranSAVIberbantuanmediaCDInteraktifinidapatdigunakansebagaiacuanolehguruuntukmembantumenyampaikanpembelajaranbahasaIndonesiapadamaterimenulisceritanarasi.Sebagaiacuanyangdapatdigunakanolehsiswauntukmengetahuisejauhmanaketerampilanmenulisyangdimilikimasing-masingsiswa.Bagipenelitiselanjutnyadapatdijadikanreferensiuntukpenelitianpengembanganpenelitianketerampilanmenulislainnyadansebagaireferensipenelitianyangakandatangsehinggadapatmemberikanpengetahuandanmenjadisumberrujukanuntukpenelitianyanglainnya.