Analisis kesalahan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bilangan bulat dan scaffoldingnya / Wulida Arina Najwa

Main Author: Najwa, Wulida Arina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/63366/
Daftar Isi:
  • xiiRINGKASANNajwaWulidaArina.2018.AnalisisKesalahanSiswaSekolahDasardalamMenyelesaikanSoalPemecahanMasalahBilanganBulatdanScaffoldingnya.TesisProgramStudiPendidikanDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusiswoM.Si(II)Dr.AbdurRahmanAsariM.PdM.A.KataKunciAnalisiskesalahanpemecahanmasalahbilanganbulatscaffoldingKesalahandalammenyelesaikansoalpemecahanmasalahmasihbanyakterjaditerutamapadasiswasekolahdasar.Analisiskesalahanmerupakansuatukegiatanyangdapatdilakukanuntukmengidentifikasijeniskesalahanpenyebabkesalahanmiskonsepnsisiswadalammenyelesaikanmasalahbilanganbulat.Hasilanalisisyangdiperolehdapatdijadikanbahanuntukmemberikantindaklanjutpadasiswayangbersangkutansepertiscaffolding.Scaffoldingmerupakansuatubantuanterkontrolyangberfungsiuntukmembantusiswamemperbaikikesalahannya.Tujuanpenelitianiniadalah(1)Mendeskripsikananalisiskesalahansiswadalammenyelesaikansoalpemecahanmasalahbilanganbulat(2)Mendeskripsikanpelaksanaanscaffoldingyangdilakukanuntukmembantusiswamenyadaridanmemperbaikikesalahannyadalammenyelesaikansoalpemecahanmasalahbilanganbulat.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifdenganpendekatankualitatif.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitiitusendiri.SedangkaninstrumenpendukungberupasoaltesI(sebelumdiberiscaffolding)soaltesII(setelahdiberiscaffolding)pedomanwawancaradanpedomanscaffolding.PenelitianinimenggunakanscaffoldingmenurutAnghilerilevelkeduayaitureviewingdanrestructuring.SubjekyangdigunakanpadapenelitianiniadalahduasiswakelasIVSekolahDasarIslamTerpaduInsanMulia.HasilpenelitianmenunjukkansemuasubjekhampirmengalamisemuakategorikesalahanmenurutNewmanyaitukesalahanmembacakesalahanmemahamikesalahantransformasikesalahanketerampilanprosesdankesalahanpenulisanjawaban.PenelitianinijugamenunjukanbahwascaffoldingberdasarkanAnghilerilevelkeduaberupareviewingdanrestructuringdapatmembantusiswamenyadaridanmemperbaikikesalahansiswadalammenyelesaikansoalpemecahanmasalahbilanganbulat.Scaffoldingberupareviewingyaitumerekamsubjekyangsedangmembacasehinggabisadiperdengarkankembalihasilbacaannyamemintasiswamemperhatikaninformasipadasoaldanmengajukanpertanyaanpancinganagarsiswadapatmenyadarikesalahannya.Kemudianscaffoldingberuparestructuringyaitumemperdengarkanbacaanyangbenarmemberikaninformasiterkaitkata-katapadamasalahyangbelumdipahamiolehsiswadanmengajukanpertanyaanpancinganagarsiswadapatmemperbaikikesalahannya.