Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik tema selalu berhemat energi subtema energi alternatif untuk kelas IV sekolah dasar / Ade Yama Wahyu Nur Prasetya
Main Author: | Prasetya, Ade Yama Wahyu Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63362/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKPrasetyaAdeYamaWahyuNur.2018.PengembanganMultimediaInteraktifpadaPembelajaranTematikTemaSelaluBerhematEnergiSubtemaEnergiAlternatifuntukKelasIVSekolahDasar.TesisProgramStudiS2PendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.DediKuswandiM.Pd.(2)Prof.Dr.SadunAkbarM.Pd.KataKunciPengembanganMultimediaInteraktifPembelajaranTematikBerdasarkanhasilwawancaradiSDN1BlimbingMalangdiperolehdataawalbahwa(1)kedalamanmateriyangterdapatpadasumberbelajarmasihbelummendalam(2)SaranaTIKmasihbelumdioptimalkansebagaimediadansumberbelajar(3)Pembelajarancenderungteachercenteredsehinggagurumendominasidalampembelajaran(4)Siswaantusiasketikaditunjukkangambardanvideo.DaridataawaltersebutmakaperlumengoptimalkanpemanfaatanTIKsebagaisumberbelajardanmemanfaatkanTIKsebagaimediauntukmengaktifkansiswa.MultimediainteraktifmampumengoptimalkanpemanfaatanTIKsebagaisumberbelajardanmediayangmampumengaktifkansiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmultimediainteraktifyanglayakdanmengetahuikeefektifanprodukyangdikembangkan.ModelpengembanganyangdigunkanadalahmodelpengembanganLeeOwenyangmeliputi(1)Analisis(2)Desain(3)Pengembangan(4)Implementasi(5)Evaluasi.Kelayakanmultimediainteraktifmeliputivaliditaskepraktisandankemenarikan.Validitasdiperolehmelaluivalidasiahlimateridanahlimediadenganinstrumentlembarvalidasi.Kepraktisandiperolehdarisiswadanguru.Datakepraktisandarisiswadiperolehmelaluiujicobaindividuujicobakelompokdanujicobalapangandenganinstrumenangket.Datakepraktisandarigurudiperolehketikaujicobalapangandenganinstrumenangket.Datakemenarikandarisiswadiperolehmelaluiujicobaindividuujicobakelompokdanujicobalapangandenganinstrumenangket.Datakeefektifandiperolehdarihasilujitberpasangandenganinstrumensoalpretestdanposttest.Datakeefektifandiperolehpadaujicobalapangan.SubjekpenelitianpadaujicobaindividudankelompokadalahsampeldarisiswakelasIVASDN1BlimbingMalang.Subjekpenelitainpadaujicobalapanganadalahgurudan32siswakelasIVBSDN1BlimbingMalang.Kevalidanprodukyangdihasilkanpadapenelitianinimemperolehskorrata-rata8087%dengankriteriasangatvalid.Kepraktisanmemperolehskorrata-rata90%dengankriteriasangatpraktis.Kemenarikanmemperolehskorrata-rata8925%dengankriteriasangatmenarik.Keefektifanprodukberdasarkanujitberpasangandiperolehthitung(-6692)kurangdarittabel(-2039)danp(0000)kurangdarialfa(0005)sehinggaterdapatperbedaanyangsignifikannilaipretestsebelummenggunakanmultimediainteraktifdengannilaiposttestsetelahmenggunakanmultimediainteraktif.