Pengembangan media boneka tangan berbasis kearifan lokal subtema Bersyukur Atas Keberagaman pada siswa kelas IV SDN 1 Karangharjo Kabupaten Banyuwangi / Ayu Intan Permatasari

Main Author: Permatasari, Ayu Intan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/63359/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPermatasariAyuIntan.2018.PengembanganMediaBonekaTanganBerbasisKearifanLokalSubtemaBersyukurAtasKeberagamanPadaSiswaKelasIVSDN1KarangharjoKabupatenBanyuwangi.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SudarmiatinM.Si(2)Dr.AlifMudionoM.Pd.KataKuncipengembanganmediabonekatangankearifanlokalbersyukurataskeberagaman.Guruharusmemahamitentangpentingnyamengembangkanmediadalamprosespembelajaran.Faktadisekolahbanyakguruyangmasihbelummenyadaritentangpentingnyamengembangkanmediadalamprosespembelajaran.Berdasarkanhasilobservasi80%siswamerasabosandankurangtermotivasipadasaatpembelajarandanhasilwawancarakepadagurukelasIVSDN1KarangharjoKabupatenBanyuwangigurumasihkesulitanuntukmengembangkanmedia.TujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukmediabonekatanganberbasiskearifanlokalsubtemaBersyukuratasKeberagamanuntuksiswakelasIVSDN1KarangharjoKabupatenBanyuwangiyanglayak(validmenarikmenyenangkanpraktisdanefektif)berdasarkananalisiskebutuhansekolah.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganADDIE(Bransh2009)yangmemilikilimalangkahdalampengembangannyayaitu(1)Analisis(Analysize)(2)desain(design)(3)pengembangan(development)(4)implementasi(Implementation)(5)evaluasi(evaluation).ProdukpengembangandiujicobakankepadapenggunayaituseoranggurukelasIVAkelaseksprimensejumlah24siswakelasIVAdankelaskontrolsejumlah24siswakelasIVBSDN1KarangharjoKabupatenBanyuwangi.Hasilvalidasiahlimateri8933%danhasilvalidasiahlimedia8666%.Hasilujicobakelompokkecil9644%.Hasilujicobakelaseksperimen9783%.Hasilpenilaianguru9333%dengankriteriasangatlayakdandapatdipergunakantanpaperbaikan.Padaujicobalapanganjugadilakukanteshasilbelajarsiswaberupapretestdanposttest.Hasilujityangdilakukanpadakelompokposttestkelaseksperimendanpretestkelaseksperimendimanadiperolehnilaisignifikansisebesar0000005yangberartibahwaHaditerimadanHoditolakmakaadaperbedaanantaranilaipretestdanposttestpadakelaseksperimen.Berdasarkanhasilujityangdilakukanpadakelompokposttestkelaskontroldanpretestkelaskontroldimanadiperolehnilaisignifikansisebesar0000005yangberartibahwaHaditerimadanHoditolakmakaadaperbedaanantaranilaipretestdanposttestpadakelaskontrol.Berdasarkanhasilujityangdilakukanpadakelaseksperimendankelaskontroldenganmenggunakantarafsignifikansi5%atau005diperolehhasilthitungttabelyakni52251680dannilaiprobabilitas(signifikansitwotailed)sebesar0000