Pengaruh model pembelajaran carousel feedback terhadap hasil belajar dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada muatan IPA kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima / Nurul Julaifah
Main Author: | Julaifah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63356/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKJulaifahNurul.2018.PengaruhModelPembelajaranCarouselFeedbackTerhadapHasilBelajardanHigherOrderThinkingSkills(HOTS)SiswaPadaMuatanIPAKelasIVSDN2SuntuKotaBima.TesisPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(2)Prof.Dr.EryTriDjatmikaR.W.WMA.M.Si.KataKunciModelPembelajaranCarouselFeedbackIPAHasilBelajarHigherOrderThinkingSkills(HOTS).IlmuPengetahuanAlammempunyaibanyakkonsepyangbersifatabstrakyangumumnyasulitdipahamiolehsiswa.IPAtidakhanyamemilikikonsepyangrumittetapijugamembutuhkanketerampilandalamhalpraktikum.MateriyangdianggapsulitolehsiswasalahsatunyamateriGaya.MaterigayabersifatkonseptualyangmemerlukanHigherOrderThinkingSkills(HOTS)untukmemahaminya.HigherOrderThinkingSkills(HOTS)akandicapaimelaluipenerapanmodelpembelajaranCarouselFeedback.TahapumpanbalikpadasintaksmodelpembelajaranCarouselFeedbackdapatdidukungolehkemampuanlogikadalammengeluarkanide.OlehsebabitupenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajardanHigherOrderThinkingSkills(HOTS)siswapadamuatanIPA.Rancanganyangdigunakanadalahrancanganeksperimensemu(quasieksperimentaldesign).PopulasipenelitianadalahsiswakelasIVdiSDN2SuntuKotaBima.AdapunsampelyangdiambilyaitukelasIVasebagaikelaseksperimendanIVbsebagaikelaskontrol.KelaseksperimendibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranCarouselFeedbacksedangkankelaskontroldibelajarkandenganmenggunakanpendekatansaintifik.InstrumenpengukurandalampenelitianiniterdiridarilembarobservasisoalteshasilbelajardanHigherOrderThinkingSkills(HOTS)yangtelahdivalidasidengantingkatvaliditasmasing-masingsebesar9333dan967%dannilaireliabilitassebesar0609dan0707.PerbedaanhasilbelajardanHigherOrderThinkingSkills(HOTS)keduakelasdiujidenganujiMANOVA.HasilpenelitianpadamuatanIPAkhususunyapadamaterigayadikelasIVSDN2SuntuKotaBimamenunjukkanbahwa(1)TerdapatperbedaanyangsignifikanhasilbelajarkognitifantarasiswayangdibelajarkanmodelpembelajaranCarouselFeedbackdenganyangmenggunakanpendekatakansaintifik.HasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranCarouselFeedback(119909773869)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganpendekatansaintifik(1199097737595)(2)TerdapatperbedaanyangsignifikanHigherOrderThinkingSkills(HOTS)antarasiswayangdibelajarkanmodelpembelajaranCarouselFeedbackdenganyangmenggunakanpendekatakansaintifik.HOTSsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranCarouselFeedback(1199097737460)lebihtinggidaripadasiswasiswayangdibelajarkandenganpendekatansaintifik(1199097735357).