Pengaruh pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar / Miftachus Sururoh
Main Author: | Sururoh, Miftachus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63353/ |
Daftar Isi:
- SururohMiftachus.2018.PengaruhModelPembelajaranThinkPairShare(TPS)terhadapPemahamanKonsepditinjaudariMotivasiBelajarSiswaKelasIVSekolahDasarTesis.ProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.PunajiSetyosariM.PdM.Ed(II)Dr.SubanjiM.SiKataKuncithinkpairsharepemahamankonsepmotivasibelajar.Pemahamankonsepadalahkemampuanmengertidenganbaikakaninformasiataupengetahuanyangditerimasertamampumenjabarkandanmengutarakankembalikonsepyangsudahdipelajaridenganbahasanyasendiri.Pemahamankonsepmerupakankemampuandasaryangharustertanamdenganbaikpadasiswa.Siswaakanmampuberfikirtingkattinggiapabilasiswamemilikipemahamankonsepyangbaikmengenaimateripembelajaran.Kenyataandilapangankemampuaniniseringkalimasihbelumterasahdenganbaik.Halituterlihatdarihasilulanganhariansiswayangberkaitandengansoalpemahamankonsep.Jawabansiswabanyakyangkurangtepat.Haltersebutterjadikarenapemahamankonsepsiswakurangbaiksehinggasiswamudahlupaakanmateriyangsudahdipelajari.Permasalahantersebutdapatdiatasidengancaramenggunakanpembelajaranthinkpairshare.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranthinkpairshareterhadapkemampuanpemahamankonsepsiswasekolahdasar.DesainyangdigunakanyaituNonequivalentControlgroupDesain.PenelitianinidilakukandiSDNKalirejo5KabupatenLawang.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahtekniksimplerandomsamplingyangterdiridariduakelasyaitukelaseksperimendengan28siswadankelaskontroldengan28siswa.MenggunakanujiAnovaduajalur.Instrumenyangdigunakanpadakeduakelompoksubjekpenelitianterdiridaripretes-postespemahamankonsepdanangketmotivasibelajar.Instrumenpretes-postesterdiridari25butirsoalvalid(5soalsulit13soalsedang7soalmudah)dengantingkatreliabilitas0739.Instrumenangketterdiridari35butirpernyataandengan4pilihanjawaban(SSsangatsesuaiSsesuaiTstidaksesuaiSTSsangattidaksesuai)dengantingkatreliabilitas0752.Hasiltersebutdiperolehberdasarkanhasilujicobainstrumenpada19siswadiSDNTegalweru-Batu.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)adaperbedaanpemahamankonsepyangsignifikanantarasiswayangbelajarmelaluipembelajaranthinkpairsharedengansiswayangbelajarmelaluipembelajarankerjakelompok2)adaperbedaanpemahamankonsepyangsignifikanantarasiswayangmotivasinyatinggidengansiswayangmotivasinyarendah3)adainteraksiantaramodelpembelajarandanmotivasibelajarterhadappemahamankonsepsiswakelasIVSDNKalirejo5Lawang.