Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal daerah Polewali Mandar subtema Keunikan daerah Tempat Tinggalku / Syarifuddin

Main Author: Syarifuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/63319/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSyarifuddin.2018.PengembanganBahanAjarTematikBerbasisKearifanLokalDaerahPolewaliMandarSubtemaKeunikanDaerahTempatTInggalku.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SulthoniM.Pd.(2)Dr.IMadeSuardanaS.Pd.M.Pd.KataKunciPembelajarantematikbahanajarkearifanlokalKearifanlokaldaerahPolewaliMandardimuatdalamsubtemakeunikandaerahtempattinggalkudirancangsebagaiprodukbukutematikberupabukusiswa.hasilobservasidanwawancaradilapanganmenunjukkanbahwabahanajaryangdigunakandisekolahmerupakanterbitanpemerintahyangbelummengakomodirlingkungansekitarsiswasehinggabelumkontekstual.Hasilwawancaradengangurumengatakanbahwadisekolahbelumtersediabukuajaryangbisamenunjangdaerahtempattinggalsiswasertamengarahkansiswauntukmengenalkearifanlokaldaerahnya.Olehnyadiperlukanpengembanganbukuajartematikyangrelevandengankondisidankaraktersiswa.Penelitianydanpengembanganyinibertujuanuntukmenghasilkanbukuajartematikberbasiskontekstualyangvalidmenarikdanefektif.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembangandenganmenggunakanmodelADDIEterdiridari5tahapanyangterdiridarilimatahapanyaknimenganalisis(Analyze)merancang(Design)mengembangkan(Develop)menerapkan(Implement)danmengevaluasi(Evaluate).ProdukdalampenelitianiniberupabukutematikkearifanlokalPolewaliMandar.Validatorahlipeneltianiniadalahahlikebahasaandanahlidesainteknologipembelajaran.Subjekyujicobaypenelitiandanpengembanganini(1)gurukelasyIVSDN017Manding(2)siswakelasIVSDN017Manding.HasilanalisispengembanganbahanajartematikkearifanlokalPolewaliMandarpadavalidasimaterisebesar9411%dengankriteriasangatvalidanalisisdesain81%dengankriteriavaliddananalisisahlibahasasebesar85%dengankriteriasangatvalid.Ketigaaspektersebutmenghasilkanpersentase857%dengankriteriasangatvalid.Padaaspekkemenarikanmenghasilkanpersentase95%dengankriteriasangatmenarik.Padaobeservasipembelajaranselama6pembelajarandiperolehpersentasesebesar925%artinyaselamamengikutikegiatanpembelajarandenganmenggunakanbukutematikkearifanlokalpesertadidiktergolongsangataktif.Nilairata-ratasaatmelakukanpretestsebelummenggunakanbahanajarsebesar6733.Nilairata-rataposttessetelahmenggunakanbahanajarsebesar88.5.Selisihantaranilaipretestdannilaiposttesterjadipeningkatanhasilbelajarsebesar2117.ArtinyaHasilbelajarsiswadalamujicobaprodukmengalamipeningkatan.DengandemikianpenggunaanprodukbahanajarkearifanlokalPolewaliMandarmemilikikriteriasangatefektifyangdibuktikandarihasilpretestdanposttest.Ketuntasandari24orangsiswapadahasiltesbelajardiperolehpersentasesebesar9166%.JadidapatdisimpulkanbahwaprodukbahanajarkearifanlokalPolewaliMandardapatmendukungpembelajarandikelasIVsekolahdasar.