Pengembangan bahan ajar berdasarkan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan sungai pada materi Bangun datar siswa kelas IV SD / Herti Prastitasari
Main Author: | Prastitasari, Herti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63299/ |
Daftar Isi:
- xviiiRINGKASANPrastitasariHerti.2018.PengembanganBahanAjarBerdasarkanPendekatanKontekstualBerbasisLingkunganSungaipadaMateriBangunDataruntukSiswaKelasIVSD.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Abd.QoharM.T(II)Prof.Dr.CholisSadijahM.PdM.A.KataKuncibahanajarbangundatarpendekatankontekstualbasislingkungansungaiBahanajarinidikembangkanberdasarkanpadapermasalahanantaralain(1)hasiltesyangdilakukankepadasiswakelasVyangsudahmendapatkanmateribangundatarmenunjukkanhasilbelajarsiswarendah(2)hasilwawancaramenunjukkangurujarangsekalimengaitkanpembelajarandenganlingkungansekitarsiswadan(3)bahanajaryangdigunakansudahtersentuhpendekatankontekstualnamuncontoh-contohyangdigunakanbelumberdasarkanlingkungansekitarsiswayaknilingkungansungaikarenasiswaSDNegeriTelukDalam1Banjarmasinrata-rataberdomisilidilingkungansungai.BerdasarkanpermasalahantersebutdikembangkanlahbahanajardenganmenggunakanpendekatankontekstualberbasislingkungansungaipadamateribangundatarkelasIVSDyangvalidpraktisdanefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinimenggunakanmodelPlomp.Denganlangkah-langkah(1)penelitianawal(preliminaryresearch)mengidentifikasimasalahkarakteristikpembelajaranmatematikadisekolahmengkajiberbagaiteoridanliteraturdanmenentukanbahanajaryangsesuai(2)tahapprototipe(prototypingphase)pengorganisasianmateriyangtelahditentukanberdasarkankajiankurikulum2013revisidanmengembangkanbahanajardaninstrumendan(3)tahappenilaian(assesmentphase)instrumendanvalidasibahanajarmemperolehhasilkevalidanberdasarkanujiahlimateridandesaindanujicobaprodukcalonpenggunamendapatkandatakepraktisanberdasarkanpenilaiangurudansiswaberupaangketrespondankeefektifanbahanajarberupaaktivitassiswayangberjumlah25siswadanhasilbelajarsiswaselama6pembelajaran.Hasilujiahliterhadapbukugurudanbukusiswamenunjukkanpenilaianyangberkategorivalid.Hasilujiahlimateriterhadapbukugurudansiswamemperolehkriteriakevalidanvalidsehinggatidakperludilakukanrevisi.Hasilujiahlidesainterhadapbukugurudansiswamemperolehtotalrata-ratakevalidan3validsehinggatidakperludilakukanrevisi.Hasilujicobakepadacalonpenggunamenunjukkanbahwabukugurudanbukusiswadiresponpositif.Hasilujikeefektifanberdasarkanrata-ratahasilobservasikeaktifanbelajarsiswasaatpembelajaran12345dan6memperolehkriteriakeefektifanefektifyangartinyasiswaaktifsaatpembelajaranyangdilaksanakan.Danberdasarkanhasilbelajarselama6pembelajaranmenunjukkanbahwadenganmenggunakanbahanajarbangundatarlingkungansungaidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.