Sikap guru kelas terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi di Sekolah dasar Wilayah Kabupaten Banyuwangi / Auliya Ghulam Maulidina
Main Author: | Maulidina, Auliya Ghulam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63295/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKGhulamMaulidinaAuliya.2018.SikapGuruKelasTerhadapPelaksanaanPendidikanInklusidiSekolahDasarWilayahKabupatenBanyuwangi.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasar.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dra.Hj.UtamiWidiatiM.A.Ph.D(2)Dr.AlifMudionoM.PdKataKuncipendidikaninklusisikapgurukelasPenelitianinibertujuanuntukmengetahuisikapgurukelasterhadappelaksanaanpendidikaninklusiditinjaudarikonsepdansistempelaksanaanpendidikaninklusidisekolahdasarwilayahKabupatenBanyuwangi.PenelitianinidilakukanpadalimaSDNegeriinklusidiwilayahKabupatenBanyuwangipada2kecamatanyangberbedauntukkecamatanGentengada2SDyangdipilihsebagailokasipenelitianyaituSDN2KembiritandanSDN5GentenguntukkecamatanSempuSDyangdigunakansebagaitempatpenelitianadalahSDN2SempuSDN3TemuasridanSDN1Temuguruh.JenispenelitianiniadalahdeskriptifsurveikarenapenelitiinginmenjelaskankecenderungansikapguruSekolahDasarinklusidiwilayahKabupatenBanyuwangiterhadappelaksanaanpendidikaninklusikhususnyapadakonseppendidikaninklusidankomponenpelaksanaanpendidikaninklusi.AngketdigunakanuntukmecariinformasikecenderungansikapgurukelasterhadappelaksanaanpendidikaninklusidiSDNegeriwilayahKabupatenBanyuwangi.Respondenyangdigunakanadalah47gurukelasdi5SekolahDasarpada2kecamatanwilayahKabupatenBanyuwangi.Sebelumdiujicobakaninstrumenpenelitianyangberupaangketdiujivaliditasdanreabilitasnya.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratasikapguruterhadapkomponendansystempelaksanaanpendidikaninklusidarikuisionerpenelitianmenunjukkanbahwasebanyak348%respondenmengatakansangatsetuju503%respondenmengatakansetuju3%respondenmengatakantidaksetujudan007%respondenmengatakansangattidaksetujudalampengisisanangket.Darirata-ratakeseluruhandatasebanyak86%mengatakansetujuterhadapkonseppelaksanaanpendidikaninklusidantermasukdalamkriteriasangatbaik.Rata-ratasikapguruterhadapkomponendansistempelaksanaanpendidikaninklusidarikuisionerpenelitianmenunjukkanbahwasebanyak348%respondenmengatakansangatsetuju503%respondenmengatakansetuju3%respondenmengatakantidaksetujudan007%respondenmengatakansangattidaksetujudalampengisisanangket.Dariakumulasidatakeseluruhanrata-ratasebanyak82%respondensetujuterhadapkomponensistempelaksanaanpendidikaninklusihalinitermasukdalamkriteriasangatbaik.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwagurutelahbersikapbaikataupositifterhadappelaksanaanpendidikaninklusidilihatdarisikapguruterhadapkonseppendidikaninklusigurusudahbersikapbaikdenganmengajarsemuasiswadanmemperlakukansemuasamatermasukanakberkebutuhankhusus.