Sikap guru kelas terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi di Sekolah dasar Wilayah Kabupaten Banyuwangi / Auliya Ghulam Maulidina

Main Author: Maulidina, Auliya Ghulam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/63295/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKGhulamMaulidinaAuliya.2018.SikapGuruKelasTerhadapPelaksanaanPendidikanInklusidiSekolahDasarWilayahKabupatenBanyuwangi.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasar.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dra.Hj.UtamiWidiatiM.A.Ph.D(2)Dr.AlifMudionoM.PdKataKuncipendidikaninklusisikapgurukelasPenelitianinibertujuanuntukmengetahuisikapgurukelasterhadappelaksanaanpendidikaninklusiditinjaudarikonsepdansistempelaksanaanpendidikaninklusidisekolahdasarwilayahKabupatenBanyuwangi.PenelitianinidilakukanpadalimaSDNegeriinklusidiwilayahKabupatenBanyuwangipada2kecamatanyangberbedauntukkecamatanGentengada2SDyangdipilihsebagailokasipenelitianyaituSDN2KembiritandanSDN5GentenguntukkecamatanSempuSDyangdigunakansebagaitempatpenelitianadalahSDN2SempuSDN3TemuasridanSDN1Temuguruh.JenispenelitianiniadalahdeskriptifsurveikarenapenelitiinginmenjelaskankecenderungansikapguruSekolahDasarinklusidiwilayahKabupatenBanyuwangiterhadappelaksanaanpendidikaninklusikhususnyapadakonseppendidikaninklusidankomponenpelaksanaanpendidikaninklusi.AngketdigunakanuntukmecariinformasikecenderungansikapgurukelasterhadappelaksanaanpendidikaninklusidiSDNegeriwilayahKabupatenBanyuwangi.Respondenyangdigunakanadalah47gurukelasdi5SekolahDasarpada2kecamatanwilayahKabupatenBanyuwangi.Sebelumdiujicobakaninstrumenpenelitianyangberupaangketdiujivaliditasdanreabilitasnya.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratasikapguruterhadapkomponendansystempelaksanaanpendidikaninklusidarikuisionerpenelitianmenunjukkanbahwasebanyak348%respondenmengatakansangatsetuju503%respondenmengatakansetuju3%respondenmengatakantidaksetujudan007%respondenmengatakansangattidaksetujudalampengisisanangket.Darirata-ratakeseluruhandatasebanyak86%mengatakansetujuterhadapkonseppelaksanaanpendidikaninklusidantermasukdalamkriteriasangatbaik.Rata-ratasikapguruterhadapkomponendansistempelaksanaanpendidikaninklusidarikuisionerpenelitianmenunjukkanbahwasebanyak348%respondenmengatakansangatsetuju503%respondenmengatakansetuju3%respondenmengatakantidaksetujudan007%respondenmengatakansangattidaksetujudalampengisisanangket.Dariakumulasidatakeseluruhanrata-ratasebanyak82%respondensetujuterhadapkomponensistempelaksanaanpendidikaninklusihalinitermasukdalamkriteriasangatbaik.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwagurutelahbersikapbaikataupositifterhadappelaksanaanpendidikaninklusidilihatdarisikapguruterhadapkonseppendidikaninklusigurusudahbersikapbaikdenganmengajarsemuasiswadanmemperlakukansemuasamatermasukanakberkebutuhankhusus.