Pengaruh model siklus belajar 7E berkonteks socioscientific issues pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap pemahaman hakikat sains, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa SMP / Swisstyn Rianita
Main Author: | Rianita, Swisstyn |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63294/ |
Daftar Isi:
- iiRINGKASANRianitaSwisstyn.2018.PengaruhModelSiklusBelajar7EBerkonteksSocioscientificIssuesPadaMateriZatAditifdanZatAdiktifTerhadapPemahamanHakikatSainsKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaSMP.TesisJurusanPendidikanDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.EryTriDjatmikaRWWM.A.M.Si.(2)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.Katakuncisiklusbelajar7EsocioscientificissuespemahamanhakikatsainskemampuanberpikirkritishasilbelajarkognitifZataditifdanzatadiktifmerupakanmateriyangpenggunaannyaberkaitanlangsungdengankehidupansehari-harisehinggadalamprosespembelajarannyasiswaperlumemahamikonsepsertakemampuanuntukmemberikansolusidanmengambilkeputusanterhadappermasalahandanisu-isusosialyangterkaitdenganpenggunaanzataditifdanzatadiktif.ProsespembelajaranIPAdisekolahperlumemperhatikankarakteristikIPAsupayatujuandaripembelajaranIPAdapattercapai.TujuandaripembelajaranIPAdapattercapaijikadalamimplementasinyaprosespembelajaranterwadahidalamsebuahmodelpembelajaranyangdapatmendorongsiswauntukmemahamihakikatsainsdankemampuanberpikirkritisyangpadaakhirnyadapatmeningkatkanhasilbelajarkognitif.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitianeksperimensemu(quasiexperimentaldesign)dengannonequivalent(pretestandposttest)controlgroupdesign.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasVIIIdiSMPNegeri1Turenyangberjumlah339siswa.SampelpenelitianadalahsiswakelasVIII-Asebagaikelasdenganmodelsiklusbelajar7EberkonteksSSIkelasVIII-Csebagaikelasdenganmodelsiklusbelajar7EdankelasVIII-Bsebagaikelasdenganmodelpembelajarankonvensional.Pemilihansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsamplingyangdiperkuatdenganujikesetaraanmelaluiujianovasatujalur.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniadalahdatapemahamanhakikatsainsdatakemampuanberpikirkritisdandatahasilbelajarkognitif.Instrumenyangdigunakanterdiridariinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.InstrumenperlakuanberupasilabusRPPdanbahanajarberupaLKSpadamaterizataditifdanzatadiktif.Instrumenpengukuranberupalembarobservasiangketdantes.Lembarobservasidigunakanuntukmengetahuiketerlaksanaansetiaptahapandalamprosespembelajaran.Angketyangdigunakanberupaangkettertutupyangberisi20butirpernyataantentangaspek-aspekhakikatsains.Bentuktesyangdigunakanadalahtesessay(uraian)yangmengintegrasikankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifdenganjumlah10butirsoal.Datahasilpenelitiandianalisisdenganujiprasyaratanalisis(ujinormalitasdanujihomogenitas)padahasilpre-testdanpost-tesvariabelterikatujihipotesis(ujianakovasatujalur)danujilanjutBNT.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaran(siklusbelajar7EberkonteksSSIsiklusbelajar7Edankonvensional)berpengaruhterhadappemahamanhakikatsainskemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitif.Siswayangdibelajarkanmenggunakanmodelsiklusbelajar7EberkonteksSSImemilikipemahamanhakikatsainskemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifyangsecarasignifikanlebihtinggidarisiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelsiklusbelajar7Edanmodelpembelajarankonvensional.iiiBerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadagurubidangstudiIPAuntukmencobamenerapkanmodelsiklusbelajar7EberkonteksSSIdalampembelajaranuntukmeningkatkanpemahamanhakikatsainskemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitif.Kepadalembagapendidikanatauinstansiterkaithendaknyadapatmensosialisasikanpenggunaanmodelsiklusbelajar7EberkonteksSSIdisekolahkarenaterbuktidapatmeningkatkanpemahamanhakikatsainskemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa.DankepadapenelitiyangberminatmelakukanpenelitianyangberkaitandenganSSIsebaiknyakonteksSSIditambah.JikamemungkinkansebaiknyakonteksSSIdiberikanpadasetiappertemuanagarsiswaterbiasamelakukankegiatandiskusidandebatsehinggapemahamanhakikatsainsdankemampuanberpikirkritissiswamenjadilebihterasah.