Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Toraja kelas IV SD tema Indahnya Kebersamaan / Priska Efriani L. Ero

Main Author: Ero, Priska Efriani L.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/63281/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEroLEPriska.2018.PengembanganBahanAjarTematikBerbasisKearifanLokalTorajaKelasIVSDTemaIndahnyaKebersamaan.Tesis.JurusanPendidikanDasarProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarrmiM.Pd.(2)Dr.YuniAstutiS.HM.Pd.KataKunciKearifanlokalTorajaBahanAjar.BudayadankearifanlokalmerupakansalahsatumateriyangdiintegrasikandalampembelajarantematiktemaIndahnyaKebersamaansubtemaKeberagamanBudayaBangsakukelasIVSD.AkantetapibudayadankearifanlokalyangterdapatdalambahanajarnasionalbersifatkurangkontekstualdandekatdenganlingkungansiswaSDN03RantepaokabupatenTorajaUtara.PembelajaranmenjadipasifolehkarenaketerbatasanliteraturtentangbudayadankearifanlokalToraja.TujuanpenelitiandanpengembanganiniialahuntukmenghasilkanbahanajartematikberbasiskearifanlokalTorajayangvalidmenarikpraktisdanefektifuntukdigunakandalampembelajaran.Langkah-langkahpenelitianiniterdiritigatahapyaitutahapmenganalisispermasalahanpebelajardankurikulum.Tahapkeduadilakukandenganmemilihbentukinstrumentpeniliaandanmenyusunrancanganawal.Sedangantahappengembabahanajardalamkelompokkecildankelompokbesaruntukmenilaisisikemenaarikankepraktisandankeefektivitasanproduk/bahanajar.Keempatangkahtersebutsesuaidenganrancanganpenelitiandanpengembangan4-D.Namunpadapenelitiandanpengembanganinitahapdisseminateataupenyebarantidakdigunakankarenaketerbatasanwaktupenelitian.Instrumentyangdigunakandalampenelitianiniterdiridariangketvalidasiahliangketkemenarikanangketkepraktisanlembarobservasidantes.HasilpenelitiandanpengembanganmenunjukkankevalidanbahanajartematikberbasiskearifanlokalTorajadenganskortotalvalidasisebanyak85%.Persentasi85%tergolongsangatvaliddandapatdigunakan.Begitupundenganhasilujikelompokkecilterhadapkemenarikandankepraktisanbahanajardarirespongurudansiswa.HasilujikelompokkecilmenunjukkanbahwabahanajartematikberbasiskearifanlokalTorajasangatmenarikdanpraktis.Tesyangdiberikandiawal(pretest)dandiakhirpembelajaran(posttest)menunjukkanperubahansebelumdansetelahmenggunakanbahanajartematikberbasiskearifanlokalToraja.Rata-ratanilaiPretestyaitu32.6.Angkatersebutbelummencapaikriteriaketunasanminimumyaitu70.Hasilposttestmenunjukkannilai83hinggaangkatersebutmencapainilaiKKMSDN3RantepaoTorajaUtara.MeningkatnyahasilbelajarsiswakelasIVSDN3RantepaoTorajaUtaramembuktikanbahwabahanajaryangdikembangandalampenelitianinimemiikibanyakmanfaat.Bahanajarmembantugurudalammembuatpembelajarankontekstualdanbermaknasehinggaprestasibelajarsiswameningkat.Olehkarenaitupenelitianpengembangan(RD)perludiperbanyakolehparapenelitiynglain.