Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN Kejawan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso / Weldy Nugroho Detagory
Main Author: | Detagory, Weldy Nugroho |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63233/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANDetagoryWeldyNugroho.2017.PenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbingberbantuanMindMappinguntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifdanHasilBelajarSiswaKelasVpadaPembelajaranIPAdiSDNKejawanKecamatanGrujuganKabupatenBondowoso.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.FattahHanurawanM.Si.M.Ed.(II)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.KataKunciinkuiriterbimbingmindmappingberpikirkreatifhasilbelajar.Kemampuanberpikirkreatifmerupakankemampuanuntukmenemukankemungkinanbanyakjawabanterhadapsuatumasalah.Kemampuanberpikirkreatifmerupakansalahsatufaktoryangdapatmempengaruhihasilbelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradikelasVSDNKejawanGrujuganBondowosoprosespembelajaranbelummelibatkankemampuanberpikirkreatifsiswapembelajaranterfokuspadagurumengakibatkankejenuhandanhasilbelajarsiswarendah.Permasalahantersebutdapatdiatasidenganpenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmapping.Modelpembelajaraninkuiriterbimbingmelibatkaninteraksisiswadenganberbagaisumberdalammemperolehpengetahuanuntukmemecahkanpermasalahansedangkanmindmappingmembantusiswauntukmencatatsecarakreatifefektifdanmenariksehinggainformasidapatdiringkassecarateraturmudahdiingatdanmenyenangkan.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmappingdalammeningkatkankemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarsiswakelasVpadapembelajaranIPAdiSDNKejawanGrujuganBondowoso.JenispenelitianiniadalahPTKyangterdiridariempattahapyaitutahapperencanaanpelaksanaantindakandanobservasisertarefleksi.Penelitiandilaksanakandalamduasiklusdimanasetiapsiklusterdiridariempatpertemuan.SubjekpenelitianiniyaitusiswakelasVSDNKejawanGrujuganBondowosotahunpelajaran2016/2017yangberjumlah24siswa.Pengumpulandatamenggunakanobservasiteswawancaradandokumen.Berdasarkanhasilobservasipelaksanaanpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmappingtelahterlaksanadenganbaikdankondusif.Hasilobservasiketerlaksanaanpembelajaranolehgurumencapai7895%dengankriteriabaikpadasiklusIdanmengalamipeningkatanpadasiklusIImenjadi90%dengankriteriasangatbaik.HasilobservasiketerlaksanaanpembelajaranolehsiswajugamengalamipeningkatanpadasiklusImencapai7456%dengankriteriabaikmenjadi8583%dengankriteriasangatbaikpadasiklusII.HasilteskemampuanberpikirkreatifsiswamenunjukkanadanyapeningkatansiklusIterdapat50%siswayangberadadiataskriteriacukupkreatifdansecaraklasikalkemampuanberpikirkreatifsiswatergolongkedalamkriteriacukupkreatifsiklusIImenjadi7917%siswayangberadadiatascukupkreatifdansecaraklasikalkemampuanberpikirkreatifsiswatergolongkedalamkriteriakreatif.Hasiltesbelajarsiswajugamengalamipeningkatanketuntasanbelajarsiswasecaraklasikalpadapratindakansebesar375%menjadi5833%padasiklusIdanmeningkatkembalimenjadi7917%padasiklusII.Selainituberdasarkanhasilwawancaramenunjukkanbahwapembelajaraninkuiriberbantuanmindmappingdapatmembantusiswadalambelajarsiswalebihmudahdalammengingatdanmemahamimaterisertapembelajaranmenjadimenyenangkan.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmappingmeningkatkankemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPA.Saranyangdapatdiajukanyaitu1)gurudapatmenerapkanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmappingsebagaisalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarsiswa2)sekolahhendaknyamensosialisasikanpenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmindmappinguntukmenambahreferensiguruterhadapmodel-modelpembelajaran3)penelitilaindiharapkandapatmenjadikanpenelitianinisebagaiacuanmaupunsebagaisumberinformasidalampelaksanaanpenelitiansejenis.