Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin / Siti Hartati
Main Author: | Hartati, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63226/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHartatiSiti.2017.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)BerbantuanMediaManipulatifuntukMeningkatkanHasilBelajarKelilingdanLuasBangunDatarSiswaKelasIVSDIslamSabilalMuhtadinBanjarmasin.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.RuminiatiM.Si.(2)Dr.LiaYuliatiM.Pd.Katakunciproblembasedlearning(PBL)mediamanipulatifhasilbelajarkelilingdanluasbangundatarPermasalahanyangmenjadikendaladiSDIslamSabilalMuhtadinadalahsiswakesulitanmenguasaikonsepMatematikakhususnyakompetensidasarbangundatarkarenadalammateriiniterdiridarirumusdanrangkaianmateripermasalahnsehari-hariyangmestidikuasaianakhalinidibuktikandengankegiatanobservasipelaksanaanpembelajarandidalamkelasyangmembuktikanbahawanampaksiswakurangdilibatkandalampembelajaranprosespembelajaranjugabelumdifokuskanuntukpemecahanmasalahmelaluiberbagaisolusidengandidukungsuasanayangmenyenangkan.PenerapanProblemBasedLearning(PBL)berbantuanmediamanipulatifmempermudahsiswamenyelesaikanmasalahdengansuasanayangmenyenangkandalampembelajaranmatematikakhususnyakelilingdanluasbangundatar.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanmodelPBLberbantuanmediamanipulatifyangmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimenerapkanjenistindakankelasdenganrancanganpenelitianmodelsiklusyaitutindakandilakukansecaraberulangdanberkelanjutanuntukmemperbaikiataupunmeningkatkankualitaassuatupembelajaran.Artinyasebuahprosessemakinlamadiharapkansemakinmeningkatperubahanataupencapaianhasilnya.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIVDSDIslamSabilalMuhtadinBanjarmasindenganjumlahsiswa31orang.Datadiuraikandandisajikandengansistematisdenganbentukyangmenarikmenggunakannarasidengandilengkapitabeldangambar.Informasidaritemuanpenelitianinisekaligusjugamemudahkankegiatanmenyimpulkandanmerefleksi.TemuanyangdidapatdaripenelitianmenunjukkanbahwaobservasiketerlaksanaanpembelajarandenganmodelPBLdapatdilaksanakandengankriteriasangatbaikpadasiswakelasIVSDIslamSabilalMuhtadin.PembelajaranPBLberbantuanmediamanipulatifjugamampumeningkatkanhasilbelajarkelilingdanluasbangundatarpadasiswakelasIVSDIslamSabilalMuhtadinBanjarmasin.PersentasetuntasbelajarklasikalpadaSiklusIyaitu6129%skortersebutbelumdikatakantuntaskarenanilainyamasihdibawahindicatorminimalketuntasanbelajarklasikalyaitu80%.PadaSiklusIImencapai8709%.NampakadanyapeningkatanpersentaseketuntasanbelajarklasikaldariSiklusIkeSiklusIIsebesar258%