Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media model luas daerah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngadiluwih Kediri materi penjumlahan dan pengurangan pecahan / Ni'mah Hermawati

Main Author: Hermawati, Ni'mah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/63212/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHermawatiNimah.2017.PenerapanPembelajaranKooperatiftipeSTADBerbantuanMediaModelLuasDaerahuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasIVSDMuhammadiyah1NgadiluwihKediriMateriPenjumlahandanPenguranganPecahan.Tesis.JurusanPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EdyBambangIrawanM.Pd.(II)Dr.Abd.QoharM.T.KeywordsmediamodelluasdaerahSTADpenjumlahandanpenguranganpecahanBerdasarkanhasilobservasipadatanggal1Maret2014dikelasIVSDMuhammadiyah1Ngadiluwihkediridiperolehinformasibahwanilairata-ratauntukmaterioperasipecahanmasihdibawahKKM(KriteriaKelulusanMinimum).Modelluasdaerahdiharapkandapatmeningkatkanpemahamansiswaterkaitmateripenjumlahandanpenguranganpecahan.Modelluasdaerahbukanlahsuatumodelpembelajarannamunlebihkepadalangkah-langkahdalammenyelesaikanoperasipecahan.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmediamodelluasdaerahyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDMuhammadiyah1NgadiluwihKedirimateripenjumlahandanpengurangan.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK).Prosedurdalampenelitianinimemilikiempattahapanyaituperencanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasIVSDMuhammadiyah1NgadiluwihKedirisebayak23siswa.Datayangdikumpulkanberupahasilobservasidanhasiltesuntukmengukurhasilbelajar.PenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADdalampenelitianinidilakukandenganlangkah-langkahsebagaiberikutpenyajianmateripembentukankelompokdiskusikelompokpresentasikuisdanpenghargaan.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatiftipeSTADberbantuanmediamodelluasdaerahdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDMuhammadiyah1NgadiluwihKedirimateripenjumlahandanpengurangan.HasilpenilaianpadasiklusIdansiklusIImenunjukkanpeningkatanketuntasanklasikalyaitu(1)persentasepenggunaanmodelluasdaerahpadasiklusIsebesar8315%meningkatmenjadi9402%padasiklusII(2)persentasehasiltesakhirpadasiklusIsebesar6087%menjadi8696%padasiklusII.ABSTRACTHermawatiNimah.2017.TheImplementationsofSTADCooperativeLearningAssistanceAreaModelMediatoImproveTheLearningOutcomesofAdditionandSubtractionFractionMaterialFourthGradeofSDMuhammadiyah1NgadiluwihKediri.Thesis.DepartementofBasicEducationMajoringGraduateStateUniversityofMalang.Advisors(I)Dr.EdyBambangIrawanM.Pd.(II)Dr.Abd.QoharM.T.KeywordstheareamodelSTADlearningoutcomesadditionandsubtractionfractionBaseontheobservationsonMarch12014inclassIVSDMuhammadiyah1Ngadiluwihkediriobtainedinformationthattheaveragevalueforthefractionaloperatingmaterialisstillbelowofminimumcompletenesscriteria.Theareamodelmediaisexpectedtoimprovestudentlearningoutcomesrelatedtoadditionandsubtractionfractionmaterial.Theareamodelmediaismoremediatostepsincompletingtheoperationfraction.ThegoalofthisresearchistodescribeoftheimplementationcooperativeleaningSTADassistancetheareamodelmediatoimprovethelearningoutcomesofadditionandsubtractionfractionmaterialfourthgradeofSDMuhammadiyah1NgadiluwihKediri.ThestudyusesClassroomActionResearch(CAR).Theresearchcontaoinsfourstepsi.e.planactionobservationandreflection.Thesubjectofthestudyare23fourthgradesofSDMuhammadiyah1NgadiluwihKediri.Thecollecteddataofobservationresultandthelearningoutcomesintestresult.TheImplementationsofSTADCooperativeLearningofthisresearchisdonewiththefollowingstepsmaterialpresentationgroupformationgroupdiscussionsclasspresentationsquizzesandawards.BasedontheseresultscanbeconcludedthattheimplementationsofstadcooperativelearningassistanceareamodelmediacouldimprovethelearningoutcomesofadditionandsubtractionfractionmaterialfourthgradeofSDMuhammadiyah1NgadiluwihKediri.TheresultofresearchoncycleIandcycleIIwhichhasincreasedinclassiccompletionthepercentageoffinaltestresultscycleof6087%to8696%incycleII.