Penerapan model pembelajaran kooperatif quiz-quiz trade dan inside-outside circle untuk meningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pandanwangi 2 Malang / Merinta Diah Purwaningrum

Main Author: Purwaningrum, Merinta Diah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/63175/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPurwaningrumMerintaDiah.2017.PenerapanModelPembelajaranKooperatifQuiz-QuizTradedanInside-OutsideCircleuntukMeningkatkanKeterampilanSosialdanHasilBelajarSiswaKelasIVSDNPandanwangi2Malang.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.Ed.M.Si.(2)Dr.SriUntariM.Si.KataKunciPembelajaranKooperatifQuiz-QuizTradeInside-OutsideCircleKeterampilanSosialHasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasistudipendahuluandikelasIVSDNPandanwangi2MalangditemukanbeberapapermasalahanutamadalampembelajaranmuatanpelajaranIPSyaitu(1)pembelajaranmasihdidominasiolehguru(2)keterampilansosialsiswarendah(3)hasilbelajarsiswapadamuatanpelajaranIPSrendah.SalahsatucarayangdipandangsebagaialternatifuntukmengatasipermasalahantersebutyaitudenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatifQuiz-QuizTradedanInside-OutsideCircle.Modelpembelajarantersebutmemberikankesempatankepadasiswauntuksalingberbagiilmupengetahuanmengembangkanketerampilanberpikirsertamengembangkansikapsalingbekerjasamadenganteman.PembelajaranlebihterpusatpadasiswasehinggadapatsehinggameningkatkanketerampilansosialsiswadanhasilbelajarmuatanpelajaranIPSsecaramaksimal.Tujuandaripenelitianiniyaitu1)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajarankooperatifQuiz-quizTradedanInside-OutsideCircle2)meningkatkanketerampilansosialsiswamelaluimodelpembelajarankooperatifQuiz-quizTradedanInside-OutsideCircle3)meningkatkanhasilbelajarsiswamelaluimodelpembelajarankooperatifQuiz-quizTradedanInside-OutsideCircle.PenelitianinidilaksanakandiSDNPandanwangi2MalangdengansubjekpenelitiansiswakelasIVyangberjumlah32siswa.PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelasyangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatamenggunakanmetodeobservasiwawancarapengisisanangketdanteshasilbelajaraspekkognitif.Teknisanalisisdatadalampenelitianiniterdiridari1)reduksidata2)penyajiandata3)penyimpulanhasilanalisis.Hasildaripenelitianyaitu(1)PenerapanmodelpembelajarankooperatifQuiz-quizTradedanInside-OutsideCircleyangdilakukanolehgurudansiswaterlaksanadengansangatbaik(2)PenerapanmodelpembelajarankooperatifQuiz-quizTradedanInside-OutsideCircledapatmeningkatkanketerampilansosialsiswakelasIVSDNPandanwangi2Malang.Persentasenilairata-rataobservasiketerampilansosialsiswapadasiklusImencapai74%danmeningkatsecarasignifikanpadasiklusIIsebesar8383%.Persentasenilairata-rataangketketerampilansosialsiswapadasiklusImencapai775%danmeningkatsecarasignifikanpadasiklusIIsebesar8682%(3)PenerapanmodelpembelajarankooperatifQuiz-quizTradedanInside-OutsideCircledapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVSDNPandanwangi2Malang.PersentaseketuntasanklasikalpadasiklusImencapai5625%danmeningkatsecarasignifikanpadasiklusIIsebesar9375%.Berdasarkanhasilpenelitianyangdiperolehmakapenelitimemberikanbeberapasaranyaitu(1)GuruSekolahDasardapatmenerapkanmodelpembelajarankooperatifQuiz-quizTradedanInside-OutsideCircledalammeningkatkankualitasprosespembelajaranketerampilansosialsiswadanhasilbelajarmuatanpelajaranIPS.Pemilihanmodelpembelajaranseyogyanyadisesuaikandengantingkatperkembangansiswamateripembelajaranjumlahsiswakondisiruangkelaspengaturantempatduduksertaalokasiwaktu(2)GuruseyogyanyalebihcermatdalammenentukanpasanganataukelompokdalampelaksanaanmodelpembelajarankooperatifQuiz-QuizTradedanInside-OutsideCircleagarsiswadapatberinteraksiatauberdiskusidengansiswayangberbeda-bedadalamsetiappertemuan/kegiatanpembelajaran(3)Guruseyogyanyamembimbingsiswauntuktertibdalammelaksanakankegiatanpembelajaranketikabelajardiluarkelasagarterciptasuasanabermainsambilbelajar(4)Guruseyogyanyalebihcermatdalammengontroldanmembimbingsiswayangkurangbersungguh-sungguhdalammelaksanakankegiatanpembelajaran.