Perbedaaan penggunaan media gambar terhadap minat dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Blabak I Kabupaten Kediri tahun 2016/2017 / Jumadi
Main Author: | Jumadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63148/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKJumadi2017.PerbedaanPenggunaanMediaGambarTerhadapMinatDanHasilBelajarIPSPadaSiswaKelasVSDNegeriBlabakIKabupatenKediri.Tesis.JurusanPendidikandasarprogramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.AlifMudionoM.Pd.(II)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd.KatakuncigambarminatbelajarsiswahasilbelajarkelasVIPS.Mediapengajaransangatdiperlukanagarpembelajarangeografitidakmonotontidakmembosankan.GambarKenampakanAlamdanBuatanmerupakansalahsatumediapembelajaranyangdapatdigunakanuntukmempermudahsiswamemahamipelajarangeografi.PermasalahanyangakandiungkapdalampenelitianiniadalahbagaimanaPerbedaanPengaruhPenggunaanMediaGambarTerhadapMinatdanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranIPSGeografidiSDBlabakKabupatenKediri.Penelitianinibertujuanuntukmenginvestigasiperbedaanyangsignifikanpadamintabelajardanhasilbelajarsiswaantarasiswayangdiajardenganmenggunakangambardanmerekayangdiajardenganmetodekonvensional.UntukmendapatkansemuahaltersebutQuasi-eksperimendipakaiuntukmendesignpenelitianini.Subjekyangditelitidaripenelitianiniadalah36siswakelasVSDNBlabak1Kediri.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniterdiridari20soaltesdan20pernyataanangket.Darihasilanalisadatamenunjukkanbahwasiswayangdiajarmenggunakangambarmendapatkanhasilbelajarlebihbaikjikadibandingkandengandiajardenganmetodekonvensional.Halinididukungdengannilaitdarianalisisdatayaitu4.537ditarafsignifikansi.000(two-tailed).Disisilainsiswayangdiajardenganmenggunakangambarjugamemilikiminatbelajaryangtinggi.Halinidibuktikandengannilaitdarianalisisdatayaitu2.313ditarafsignifikansi.024(one-tailed).HasilyangdiperolehdaripenelitianinimengindikasikanpentingnyamediagambardalambelajarIPS.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwattesdapatmenolakhipotesisnollkarenanilaip(signifikansi)nyaadaditarafsignifikansi1%sehinggahipotesisnull(Ho)yangmenyatakanbahwatidakadaperbedaanyangsignifikanantarapenggunaanmediagambarterhadaphasilbelajarIPSditolakdanhipotesisalternatif(Ha)diterima.UntukgurudisarankanmenggunakanmediagambardalammengajarIPSkarenamediagambarterbuktidapatmeningkatkanminatbelajardanhasilbelajarsiswa.ABSTRACTJumadi2017.TheInfluenceofPictureMediaonInterestandLearningResultofIPSinGradeVElementarySchoolStudentBlabakIKediriRegency.Thesis.DepartmentofPrimaryEducationPostgraduateProgramofStateUniversityofMalangAdvisors(I)Dr.AlifMudionoM.Pd.(II)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd.KeywordsdrawinginterestinstudentlearninglearningoutcomesclassVIPS.Teachingmediaisneededsothatlearninggeographyisnotmonotonousnotboring.ImagesofNaturalandArtificialAppearanceisoneofthelearningmediathatcanbeusedtofacilitatestudentstounderstandthelessonofgeography.TheproblemsthatwillberevealedinthisresearchishowtheDifferencesoftheUseofImageMediaonInterestandStudentLearningOutcomesintheSubjectofSocialGeographyIPSinSDNBlabak1Kediri.Theaimofthisresearchwastoinvestigatethesignificantdifferencesinthedemandforlearningandstudentlearningoutcomesbetweenstudentswhoaretaughtbyusingdrawingsandthosetaughtbyconventionalmethods.TogetallofthesethingsQuasi-experimentwasusedtodesignthisresearch.Subjectsofthisstudywere36studentsofgradeVSDNBlabak1Kediri.Theinstrumentsusedinthisstudyconsistedof20questionsand20itemsofquestionnaire.Fromtheresultsofdataanalysisshowsthatstudentswhoaretaughtusingdrawingsgetbetterlearningoutcomeswhencomparedwithstudentswhoaretaughtbyusingconventionalmethods.Thisissupportedbythetvalueofthedataanalysisof4537atthelevelofsignificanceof(two-tailed).Ontheotherhandstudentswhoaretaughtusingpicturesalsohavehighlearninginterest.Thisisprovedbythetvalueofthedataanalysisthatis2.313atthelevelofsignificance.024(one-tailed).TheresultsobtainedfromthisstudyindicatetheimportanceofimagemediainIPSlearning.Thusitcanbeconcludedthatttestcanrejectthenollhypothesisbecausethepvalue(significance)isatthelevelofsignificanceof1%sothehypothesisnull(Ho)statingthatthereisnosignificantdifferencebetweentheuseofimagemediaonIPSlearningresultsrejectedandalternativehypothesis(Ha)beaccepted.ForteachersareadvisedtousetheimagemediainteachingIPSbecausethemediaimagesprovedtoincreaseinterestinlearningandstudentlearningoutcomes.