Pengaruh strategi process-oriented guided-inquiry learning berkonteks socioscientific issues terhadap pemahaman hakikat sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada topik pncemaran lingkungan dan pemanasan global / Eka Dian Handayani

Main Author: Handayani, Eka Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/63145/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHandayaniEkaDian.2017.PengaruhStrategiProcess-OrientedGuided-InquiryLearningBerkonteksSocioscientificIssuesterhadapPemahamanHakikatSainsdanKemampuanBerpikirKritisSiswaSMPpadaTopikPencemaranLingkungandanPemanasanGlobal.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPAPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.SriRahayuM.Ed.Ph.D.(II)Dr.LiaYuliatiM.Pd.KataKunciPOGILSSIhakikatsainsberpikirkritis.Pendidikansainsbertujuanmengembangkanliterasisains.Komponenpentingdalamliterasisainsadalahpemahamanhakikatsainsdankemampuanberpikirkritis.PadasaatinipembelajaranIPAdiIndonesiabelumdiarahkanpadapembelajarandengankontekssocioscientificissues(SSI).KonteksSSIyaitumasalah-masalahsosialberhubungandengansainsyangterjadidimasyarakat.PenggunaankonteksSSIdapatmenjadijalanuntukmengeksplorasihakikatsainsdanmenghubungkansiswadenganliterasisains.Process-OrientedGuided-InquiryLearning(POGIL)merupakanstrategipembelajaranyangberorientasiprosesdanberpusatpadasiswadalamsebuahkelompokbelajaraktifdancocokuntukdikaitkandengankonteksSSI.TujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranPOGILberkonteksSSIterhadappemahamanhakikatsainsdankemampuanberpikirkritissiswaSMPpadatopikpencemaranlingkungandanpemanasanglobal.Penelitianinimenggunakanquasyexperimentaldesigndenganpretest-posttestcontrolgroupdesign.Subjekpenelitianyaitu93siswakelasVIISMPNegeri3Malangyangterbagidalam3kelaspenelitianyaitukelaseksperimen1yangdibelajarkandenganPOGILberkonteksSSIkelaseksperimen2denganPOGILdankelaskontroldenganpembelajarankonvensional.InstrumenpenelitianyangdigunakanyaituinstrumenperlakuanyangmeliputisilabusRPPdanLKStopikpencemaranlingkungandanpemanasanglobalyangtelahdivalidasiisiolehahli.Instrumenpengukuranmeliputitespemahamanhakikatsainssebanyak14soalpilihanganda(r0709)danteskemampuanberpikirkritisberupa10soalesai(r0823).Analisisdatapenelitianmenggunakanmultivariateanalysisofcovariance(MANCOVA)padatarafsignifikansi95%(945005).HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanpadapemahamanhakikatsainsdankemampuanberpikirkritissiswaantarakelasyangdibelajarkandenganPOGILberkonteksSSIdengankelasyangdibelajarkandenganPOGILmaupunkelaskonvensional.StrategiPOGILberkonteksSSIjugamemberikanpengaruhyangsignifikanterhadappemahamanhakikatsainsdankemampuanberpikirkritissiswa.Kebermaknaanperbedaanjugadilihatdarihasilujieffectsizeterhadaptiapkelompokaspekdanindikatoryangdiukurdengankriteriabesarsedangdankecil.BerdasarkankelebihandankendaladalampenelitianinipenulismenyarankankepadaguruuntukmenggunakanSSIsebagaikontekspembelajaransehinggasiswamemilikipemahamanyanglebihbaiktentanghakikatsainsdanmelatihkemampuanberpikirkritissiswadanpenelitilaindapatmengembangkanbahanajaryangberkaitandengankonteksSSI.