Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SMP / Asni Wati
Main Author: | Wati, Asni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63133/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAsniWati.2017.PengaruhPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanJurnalBelajarterhadapKemampuanBerpikirKritisdanPenguasaanKonsepIPASiswaSMP.TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPAPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D(II)Dr.SutopoM.Si.KataKunciInkuiriTerbimbingJurnalBelajarberpikirkritisPenguasaanKonsepKemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepmerupakankompetensiyangperludimilikiolehsiswadalampembelajaranIPA.InkuiriterbimbingmenjadisolusiyangefektifuntukpembelajaranIPAdisekolahkarenapembelajaraninkuiriterbimbingmelibatkansiswasecaraaktifdalamsetiapprosespembelajaran.Penerapanpembelajaraninkuiriterbimbingmengalamikesulitandalammengontrolkegiatandankeberhasilansiswadalamprosespembelajaran.Jurnalbelajarmerupakansalahsatustrategipembelajaranyangmampumengontrolkegiatandankeberhasilansiswadalambelajar.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengujiperbedaankemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepIPAsiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardengansiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbing.Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitianeksperimensemudenganrancanganpretest-posttestcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIbeberapaSMPdiKecamatanKepenuhanKabupatenRokanHulutahunpelajaran2016/2017.SampelpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPIslamKepenuhandimanasiswakelasVIIAsebagaikelaskontroldansiswakelasVIIBsebagaikelaseksperimen.Sampeldiambildenganteknikclusterrandomsampling.Datadianalisismenggunakanujiankovasetelahdilakukanujinormalitasdanujihomogenitas.HasilujiankovakemampuanberpikirkritisdiperolehFhitungsebesar11882denganp0001lebihkecildari945005.Disimpulkanbahwaadaperbedaankemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardengansiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbing.TidakadaperbedaanpenguasaankonsepIPAsiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardengansiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbing.HaliniterlihatdarihasilujiankovapenguasaankonsepIPAsiswayangdiketahuiFhitung1294denganp0261yanglebihbesardari945005.PembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardiharapkandapatditerapkandalampembelajaranIPAkarenapembelajaraninidapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.Penerapanpenulisanjurnalbelajarsebaiknyamemperhatikanhalberikutkemampuanawalsiswamembimbingsiswadalammenulisjurnalbelajardanmengembalikanjurnalbelajarkepadasiswasetelahdinilai.