Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SMP / Asni Wati

Main Author: Wati, Asni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/63133/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAsniWati.2017.PengaruhPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanJurnalBelajarterhadapKemampuanBerpikirKritisdanPenguasaanKonsepIPASiswaSMP.TesisProgramStudiPendidikanDasarKonsentrasiIPAPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D(II)Dr.SutopoM.Si.KataKunciInkuiriTerbimbingJurnalBelajarberpikirkritisPenguasaanKonsepKemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepmerupakankompetensiyangperludimilikiolehsiswadalampembelajaranIPA.InkuiriterbimbingmenjadisolusiyangefektifuntukpembelajaranIPAdisekolahkarenapembelajaraninkuiriterbimbingmelibatkansiswasecaraaktifdalamsetiapprosespembelajaran.Penerapanpembelajaraninkuiriterbimbingmengalamikesulitandalammengontrolkegiatandankeberhasilansiswadalamprosespembelajaran.Jurnalbelajarmerupakansalahsatustrategipembelajaranyangmampumengontrolkegiatandankeberhasilansiswadalambelajar.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengujiperbedaankemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepIPAsiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardengansiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbing.Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitianeksperimensemudenganrancanganpretest-posttestcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIbeberapaSMPdiKecamatanKepenuhanKabupatenRokanHulutahunpelajaran2016/2017.SampelpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPIslamKepenuhandimanasiswakelasVIIAsebagaikelaskontroldansiswakelasVIIBsebagaikelaseksperimen.Sampeldiambildenganteknikclusterrandomsampling.Datadianalisismenggunakanujiankovasetelahdilakukanujinormalitasdanujihomogenitas.HasilujiankovakemampuanberpikirkritisdiperolehFhitungsebesar11882denganp0001lebihkecildari945005.Disimpulkanbahwaadaperbedaankemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardengansiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbing.TidakadaperbedaanpenguasaankonsepIPAsiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardengansiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbing.HaliniterlihatdarihasilujiankovapenguasaankonsepIPAsiswayangdiketahuiFhitung1294denganp0261yanglebihbesardari945005.PembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanjurnalbelajardiharapkandapatditerapkandalampembelajaranIPAkarenapembelajaraninidapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.Penerapanpenulisanjurnalbelajarsebaiknyamemperhatikanhalberikutkemampuanawalsiswamembimbingsiswadalammenulisjurnalbelajardanmengembalikanjurnalbelajarkepadasiswasetelahdinilai.