Penanaman kebiasaan membaca bagi siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Blitar / Febrianita Putri Solihah
Main Author: | Solihah, Febrianita Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63132/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSolihahFebrianitaPutri.2017.PenanamanKebiasaanMembacaBagiSiswaSekolahDasarMuhammadiyahKotaBlitar.Tesis.JurusanPendidikanDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AnangSantosoM.Pd(II)Dr.AlifMudionoM.Pd.Katakuncipenanamankebiasaanmembacasekolahdasar.Penanamankebiasaanmembacadisekolahdasareratkaitannyadenganpengembanganliterasipadadirisiswasejakdini.Sekolahmemilikiperanuntukmenciptakanprogrampenanamankebiasaanmembacaagarpengembangantersebutdapatterlaksana.PenelitianinidilaksanakanuntukmenelitipenerapanprogrampembiasaandiSDMuhammadiyahhKotaBlitar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikanperencanaanpenanamankebiasaanmembaca(2)mendeskripsikanpelaksananpenanamankebiasaanmembacadan(3)mendeskripsikanevaluasipenanamankebiasaanmembaca.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatif.Penelitihadirdilokasipenelitiandengantidakmemberikanperlakuanapapunterhadapsubjekpenelitian.Datayangdigunakandalampenelitianiniadalahkata-katatindakansumbertertulisataudokumen.Databerasaldarisumberdataberupacatatanobservasitranskripwawancaradandokumen.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradanstudidokumentasi.Analisisdatadilakukandenganreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Temuanpenelitiandicekkeabsahannyadengantriangulasikecukupanreferensialpeningkatanketekunandanpenggunaanbahanreferensi.Hasilpenelitianterdiridari3halsesuaidengantujuanpenelitian.Pertamaperencanaanpenanamankebiasaanmembacaberpusatpadarencanayangdisusunolehkepalasekolah.DokumenperencanaanopeningclassberupajadwalopeningclassdanpembiasaanmembacapadahariRabuberupapembagiantugasgurupendamping/gurupiket.WalikelassebagaipenanggungjawabprogramopeningclassdangurupiketsebagaipenanggungjawabprogrampembiasaanmembacapadahariRabutidakdibebankanperencanaandandiberikankebebasanuntukmengembangkankegiatanprogramsesuaidengankemampuandankreativitasguru.ProgramopeningclassdanpembiasaanmembacapadahariRabumerupakanprogramwajibyangdilakukanolehsiswadanbukanprogramyangditawarkankepadawalimuridmakasosialisaitentangprogramhanyadiberikankepadasiswa.2)Persiapanpelaksanaanpenanamankebiasaanmembacaberupaopeningclassmenggunakansarana/prasaranalaindilakukanolehgurukelas4.Siswakelas3dan4diikutkandalampersiapankegiatan.Pemilihanbukubacaandilakukangurukelas1sedangkanpemilihanbukubacaanuntuksiswakelas3dan4dilakukanolehsiswa.PersiapanpelaksanaanpenanamankebiasaanmembacaberupamembacapadahariRabumenggunakansarana/prasaranalainberupakarpetpengerassuarakardusbukudangerobakbuku.persiapankegiatandilakukanolehsatpam.Siswabebasmemilihbukubacaan.PenerapanprogramopeningclassdanpembiasaanmembacapadahariRabupadatahappersiapandigunakansarana/prasaranlaindilaksanakandenganmenggunakanbeberapametode.Openingclassdikelas1menggunakanmetodemembacanyaringtanpadiikutitugasdikelas3menggunakanmetodemandiridandiikutitugasmenulisdicatatanmembacadandikelas4menggunakanmetodemembacamandiridandiikutitugasmerangkumdanbercerita.Pembiasaanmembacamembacapadaharirabudilaksanakansiswadenganmetodemandiriberpasanagandanterbimbingsedangkangurudenganmembacanyaringdanmandiri.Penguatandiberikandeganmemberikankritikanpadasiswa.Untukmenunjangpenerapanprogrampembiasaanmembacadiciptakanlingkunganpembiasaanmembacaberupaperpustakaansekolahdanperpustakaankelas.3)Evaluasipenanamankebiasaanmembacadilaksanakanpadarapatbulanandanevaluasiberupaevaluasilisanberkaitantentangkeberhasilanmaupunkendalayangdihadapidalampenerapandanmotivasidarikepalasekolah.Darihasildiatasdisarankankepadakepalasekolahuntukmensosialisasikanprogramtersebutkepadawalikelasdanmemberikantugasadministrasidariperencanaanmaupunlaporanpenerapanprogramsehinggaketikamelakukanevaluasiterdapatlandasanyangdapatdigunakanuntukpengembanganprogramselanjutnya.SelainitusekolahakanmemilikibuktitertulisberkaitandenganadanyaprogramopeningclassdanpembiasaanmembacapadahariRabudiSDMuhammadiyahKotaBlitar.Bagiwalikelasdangurupikethendaknyajugamenyusunrencanapelaksanaankegiatanprogramsecaratertuliswalaupundarikepalasekolahtidakmemberikanbeban/tugasuntukmembuatnya.Perencanaandapatdisusunsepertiapayangtelahdilaksanakanolehkepalasekolahyaituberupajadwalopeningclassuntukmasing-masingkelasdanjadwalpembiasaanmembacapadahariRabu.Denganbegitudapatlebihtergambarkansecarajelaskegiatandalamprogramyangdilaksanakanolehwalikelasdangurupiket.PenerapanprogramopeningclassdanpembiasaanmembacapadahariRabumasihakanterusditerapkanolehkarenaitubagipenelitiselanjutnyadapatmenggunakanhasilinisebagaidasaruntukmengembangkandesainperencanaandanevaluasitertulisyangdapatmembantukepalasekolahatauguruSDMuhammadiyahdalamhaladministrasi.Dapatjugadigunakandalampengembanganasessmendariprogramtersebutkarenabelumadaalatpenilaianyangdapatmenilaiprogramtersebut.Selainitudapatdijadikansebagaibahanrujukanuntukmelakukanpenelitianeksperimententangpengaruhprogramtersebutterhadapketerampilanmembacayangdimilikisiswa.