Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar (studi pada SMP 17 Kota Serang) / Yayan Inriyani
Main Author: | Inriyani, Yayan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63091/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKInriyaniYayan20017.PengaruhkegiatanekstrakurikulerterhadapPrestasiBelajarIPSmelaluiMotivasi.Tesis.JurusanPendidikanDasarProgramStudiPendidikanDasarIPSPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)ProfDrWahyoediME.M.Pd(2)ProfDrSudarmiatinM.Si.KataKunciKegiatanEkstrakurikulerPrestasiBelajarMotivasi.KegiatanekstrakurikulermemilikikontribusiyangsangatpentingterhadapduniapendidikankarenakegiatanekstrakurikulerhaliniditujukanagarsiswadapatmengembangkankepribadianbakatsertakemampuannyadiberbagaibidangdiluarjamakademiksertamemberikanmotivasikepadasiswauntukmemperolehprestasibelajaryangoptimalkhususnyaprestasibelajarpadamatapelajaranIPS.MatapelajaranIPSdiSMP17KotaSerangmerupakansalahsatumatapelajaranyangmempunyainilairendah.Padatahun2015nilairata-ratanilaiIPSadalah70%darinilaiKKMyangditetapkansebesar75%.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengkajipengaruh(1)kegiatanekstrakurikulerterhadapprestasibelajarIPS(2)Kegiatanekstrakurikulerterhadapmotivasibelajar(3)MotivasibelajarterhadapprestasibelajarIPS(4)kegiatanekstrakurikulerterhadapprestasibelajarIPSmelaluimotivasibelajar.Jenispenelitianiniyaituexpostfactodenganpopulasisebanyak288siswadansampelyangdigunakansebanyak167siswapadakelasVIIdiSMP17KotaSerangdenganmenggunakanproportionalrandomsampling.Teknikpengumpulandatamenggunakanangketdenganmodelskalalikertlimaalternatifjawaban.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisjalurataupathanalisysdenganbantuanprogramSPSSversi20.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa1)terdapatpengaruhlangsungpositifsignifikankegiatanekstrakurkulerterhadapprestasibelajarsiswa2)terdapatpengaruhlangsungpositifsignifikankegiatanekstrakurikulerterhadapmotivasibelajarsiswa3)terdapatpengaruhlangsungpositifsignifikanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarIPSsiswa4)terdapatpengaruhtidaklangsungantarakegiatanekstrakurikulerterhadapprestasibelajarIPSmelaluimotivasibelajar.Berdasarkankesimpulandarikajiandiatasterdapatsaran(1)Kepadasekolahagarmengupayakandanmenindaklanjutiagenda-agendakegiatanekstrakurikulerapayangakandilakukandanmelaluikebijakan-kebijakannyadiharapkanmampumenciptakansuasanabelajaryangkondusifbagisiswadalamrangkapencapaianprestasibelajarsiswaitusendiri(2)Kepadaguruselainsebagaiguruitusendiridansebagaipembinaekstrakurikulerdiharapkanmampumenggalidanmeningkatkanmotivasibelajarsiswauntukmencapaiprestasibelajaryangmaksimal(3)Kepadasiswadiharapkanmampumenggalidanmemanfaatkankegiatanekstrakurikuleruntukmeningkatkanmotivasibelajarnyasendirisehinggamendapatkanprestasibelajaryangmaksimaldisekolah.(5)Bagipenelitipenelitianinidiharapkanmemperluascakupanpopulasiyangakandigunakandalampenelitianserupa.