Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singkawang / Nurhayani
Main Author: | Nurhayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63087/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurhayani.2017.PengaruhPemanfaatanPerpustakaanTerhadapPrestasiBelajarIPSMelaluiMotivasiBelajarpadaSiswaKelasVIIISMPNegeri4Singkawang.Tesis.JurusanPendidikanDasarKonsentrasiIPSPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SudarmiatinM.Si.(II)Dr.SunaryantoM.Ed.KatakunciperpustakaanmotivasiprestasibelajarIPSPerpustakaanmerupakansalahsatusumberbelajaryangsangatpentingdalamprosespembelajarankarenamemilikiberagamsumberinformasidanilmupengetahuanterutamadalampembelajaranIPSyangselalumengalamiperubahan.TersedianyafasilitasyanglengkapdiperpustakaandapatmembantusiswauntukmeningkatkanmotivasibelajardanprestasibelajarIPS.IlmuPengetahuanSosial(IPS)merupakanbagiandarikurikulumyangjugaberperanpentingdalammeningkatkanprestasibelajarbertanggungjawabpenuhuntukmembantusiswadalammengembangkankemampuansiswadalampengetahuanketerampilansikapdalambermasyarakat.NamundemikianmasihterjadipenurunanprestasibelajarIPSdanmotivasisiswayangrendahkarenakurangsiswakurangmemanfaatkanperpustakaanuntukmenambahwawasandanilmupengetahuan.PenelitianinimengamatitentangpemanfaatanperpustakaanterhadapprestasibelajarIPSmelaluimotivasibelajar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuipengaruhlangsungpemanfaatanperpustakaanterhadapmotivasibelajar(2)mengetahuipengaruhlangsungpemanfaatanperpustakaanterhadapprestasibelajarIPS(3)mengetahuipengaruhlangsungmotivasibelajarterhadapprestasibelajarIPS(4)mengetahuipengaruhtidaklangsungpemanfaatanperpustakaanterhadapprestasibelajarIPSmelaluimotivasibelajar.Jenispenelitaniniadalahkuantitaifexpostfacto.PopulasiadalahsiswaKelasVIIISMPNegeri4Singkawangsebanyak255orangdanSampelyangdigunakansebanyak156orangyangdiambildenganmenggunakantekniksimplerandomsampling.Pengambilandatadilakukandenganmengumpulkanangketsebagaiinstrumenvariabelpemanfaatanperpustakaandanmotivasibelajarsedangkanprestasibelajarsiswadidapatdarinilairaportsiswasemesterganjiltahun2016/2017.Hasildariangketdianalisismenggunakananalisisjalur(pathanalysis)denganbantuanprogramkomputerSPSSforwindowversi20.Hasilanalisismenunjukkanbahwa1)terdapatpengaruhlangsungpemanfaatanperpustakaanterhadapmotivasibelajaryangpositifdansignifikan2)terdapatpengaruhlangsungpemanfaatanperpustakaanterhadapprestasibelajarIPSyangpositifdansignifikan3)terdapatpengaruhlangsungmotivasibelajarterhadapprestasibelajarIPSyangpositifdansignifikan4)terdapatpengaruhtidaklangsungpemanfaatanperpustakaanterhadapprestasibelajarIPSmelaluimotivasibelajar.Berdasarkankesimpulandarikajiandiatasdapatdikemukakanbeberapasaranantaralain1)sekolahharuslebihmeningkatkanfasilitasperpustakaanyanglebihlengkapdanmemadaisepertitersedianyainternetbahanpustakayangsesuaidanrelevandengankurikulumyangdigunakan2)guruberkolaborasidenganpetugasperpustakaanuntukdapatmenuntunsiswamenjadikanperpustakaansebagaipusatinformasigurudansumberbelajardenganmeningkatkankemampuanliterasisiswaagarkemampuansiswadalammemahamiisibukulebihterasahsehinggawawasansiswalebihberkembang3)gurudanpetugasperpustakaansecaraterusmenerusmempromosikanisibahanpustakadankelengkapanfasilitasyangadadiperpustakaanagarsiswalebihmengenalperpustakaan4)doronganterutamadariguruharuslebihditingkatkanpadasaatprosesbelajarmengajarberlangsunguntukmenarikmotivasidaridalamdirisiswa(instrinsik)karenamotivasiintrinsiksangatdominanpengaruhnyaterhadapprestasisiswa.