Pengaruh model pembelajaran inside outside circle & pair check secara terpadu terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo / Dewi Nuraeni
Main Author: | Nuraeni, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63080/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNuraeniDewi.2017.PengaruhModelPembelajaranInside-OutsideCirclePairChecksecaraTerpaduterhadapAktivitasdanHasilBelajarSiswaKelasVSDMuhammadiyahWonorejoKecamatanPolokartoKabupatenSukoharjo.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarGuruKelasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si.(II)Prof.Dr.SadunAkbarM.Pd.Katakuncimodelpembelajaraninside-outsidecirclepaircheckaktivitasbelajarhasilbelajarModelpembelajaranInside-OutsideCircle(IOC)danPair-Check(PC)secaraterpadumempunyaibeberapakelebihan.Pertamasiswadapatsalingberbagiinformasi.Keduasiswadilatihuntukbekerjasamadanberkomunikasi.KetigatidakadaspesifikasimateripelajarandalammenggunakanmodelIOCPC.BerdasarkanpenelitianterdahulukeduamodelinidapatdipadukandenganmodellainsepertiThinkPairShare(TPS)NumberHeadTogether(NHT)MindMapping(MM)danQuiz-QuizTrade(QQT).ModelIOCdipadukandenganMMataupunQQTterbuktimampumeningkatanhasilbelajarsiswa.SedangkanhasilpenelitianIrawati(2015)menunjukkanbahwaprestasibelajarsiswayangmenggunakanmodelPClebihbaikdaripadamodelTPSdanPBL.PenelitianinibertujuanmengujipengaruhmodelpembelajaranModelpembelajaranInside-OutsideCircle(IOC)danPair-Check(PC)secaraterpaduterhadapaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVdiSDMuhammadiyahWonorejoKecamatanPolokartoKabupatenSukoharjotahunpelajaran2016/2017.Rancanganpenelitianadalahnonequivalentcontrolgroupdesign.Teknikpengambilansampeldilakukandenganpurposivesampling.InstrumenyangdigunakanadalahsilabusRPPdenganmodelIOCdanPCsecaraterpaduRPPpembelajarankonvensionallembarkerjasiswateskognitifhasilbelajarberupasoaltesisian.TeknikyangdigunakanuntukmenganalisisdataadalahUjiT-test.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanawalkeduakelassama.Halinidibuktikandenganhasilujihomogenitasdengannilaisignifikansi0166yanglebihbesardari005(p005).Datanilaiaktivitasbelajaryangdiujisecarastatistikmenggunakanujitdiperolehnilaisignifikansi(p-level)sebesar0000berartinilaiSig.(2-tailed)lebihkecildari005yaitu0000005.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranIOCdanPCsecaraterpaduberpengaruhterhadapaktivitasbelajarsiswa.Datahasilbelajaryangdiujimenggunakanujitdiperolehnilainilaisignifikansi(p-level)sebesar0001berartinilaiSig.(2-tailed)lebihkecildari005yaitu0001005.HalinimenunjukkanbahwamodelIOCdanPCsecaraterpaduberpengaruhsecarasignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelasV.BerdasarkanuraiandatatersebutdapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranIOCdanPCsecaraterpadulebihbaikdaripadapembelajarankonvensional.SarandalampenelitianiniadalahpertamabagigurudapatmenerapkanmodelIOCPCsecaraterpaduuntukmemaksimalkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadenganmempelajarilangkahyangtepat.KeduabagisekolahdiharapkanmendukungkemajuangurudenganmenyediakansaranadanprasaanyangmemadaiterutamadalampembelajaranIPA.Ketigabagipenelitidapatmelakukanpenelitiandenganmodelyangberbedapadamateriyangsama.tentunyadengancatatanperbaikanpadainstrumentLKS.