Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas IV SD Negeri Pahlawan Kota Tasikmalaya / Pity Asriani
Main Author: | Asriani, Pity |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63075/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAsrianiPity.2017.PengembanganBahanAjarBerbasisPendidikanKarakteruntukSiswaKelasIVSDNegeriPahlawanKotaTasikmalaya.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.CholisSadijahM.PdM.APembimbing(II)Prof.Dr.SadunAkbarM.Pd.KataKuncipengembanganbahanajarpendidikankarakterKegiatanpembelajaranbermuatanpendidikankaraktermerupakansuatukegiatanpembelajaranyangmenjadikanpesertadidiktidakhanyamenguasaikompetensi(materi)yangditargetkantapijugamenjadikanpesertadidikmengenalmenyadaridanmenginternalisasikannilai-nilaidalamkehidupansehari-hari.Penyelenggaraanpendidikankarakterperludilakukansecaraserentakantarapengembanganpengetahuantentangmoralbaikdanburukperasaanmoraldantindakanmoral.Dalamkegiatanpembelajaranbermuatanpendidikankarakterdibutuhkanbahanajaryangdapatmembantusiswauntukmengetahuinilai-nilaimenyadaripentingnyanilai-nilaidanmenginternalisasikannilai-nilaisebagaiupayadalampenyelenggaraanpendidikankarakter.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanbahanajarberbasispendidikankarakteryangvalidpraktisdanefektifuntuksiswaKelasIVSD.Modelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodel4D(Thiagarajandkk.1974).Modelinidipilihkarenatahapannyasistematisdansesuaiuntukmengembangkanbahanajarcetak.Model4-Diniterdiriatastahappendefinisian(define)perancangan(design)pengembangan(develop)danpenyebaran(disseminate).Jenisdatayangdigunakanyaitudatakualitatifdankuantitatif.Datadianalisiskemudianhasilnyadicocokkandengankriteriakevalidankepraktisandankeefektifanbahanajarberbasispendidikankarakter.Hasilujikevalidanprodukdaripenilaianahlimediaahlibahasadanahlidesaindiperolehskorrata-rata8559%untukBukuSiwadan8246%untukBukuGuruyangmenunjukkankriteriasangatvaliduntukBukuSiswadancukupvaliduntukBukuGuru.Hasilujikepraktisanprodukdiperolehdarihasilobservasiketerlaksanaan(9028%)dariangketresponguru(9149%)danresponsiswa(8667%)yangmenunjukkankriteriasangatpraktis.Hasilujikeefektifanprodukdilihatdaripenilaiankarakteryangdilakukanselamakegiatanpembelajaranpadasaatujicobalapangan.Nilaikaraktersiswadiperolehskorrata-rata346menunjukkankriteriasangatefektif.BerdasarkanhasiltersebutbahanajarberbasispendidikankarakteruntuksiswaKelasIVSDinitelahmemenuhipersyaratanuntukdigunakandalampembelajarankarenatelahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifmenurutpenilaianparaahlimateriahlibahasaahlidesaingurudansiswa.BahanajarberbasispendidikankarakterinidisarankanuntukdimanfaatkandalamkegiatanpembelajaranolehsemuagurudansiswakelasIVSDyangadadiwilayahKotaTasikmalayakarenamaterinyadiorientasikansesuaidengankarakteristikdankondisilingkunganwilayahtersebut.Sebagaitindaklanjutdapatdikembangkanbahanajarserupadengankonsepmateriyanglaindanpengembangankarakteryangberbeda.